Pantan Terong, nikmati panorama alam Aceh tengah dari ketinggian - WisataHits
wisatahits

Pantan Terong, nikmati panorama alam Aceh tengah dari ketinggian

Pantan Terong, nikmati panorama alam Aceh tengah dari ketinggian
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.25–18.00 WIB, Alamat: Takengon, Ulu Nuih, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah, Aceh; Kasus: Verifikasi lokasi

Keindahan Aceh tengah yang menyuguhkan pemandangan alam memang tidak ada duanya. Selain pantai dan pulau dengan keindahannya, ada juga objek wisata berupa perbukitan yaitu Pantan Terong. Dari atas bukit, Anda bisa melihat keindahan Danau Laut Tawar dengan air yang jernih nyaris tanpa riak ombak. Selain itu, kota Takengon juga terlihat jelas seperti lukisan alam yang indah.

Lokasinya yang berada di ketinggian 1.830 meter di atas permukaan membuat cuacanya dingin dan sejuk. Suasana seperti itu tentu jarang ditemui di perkotaan. Belum lagi pepohonan rindang di sekitar lokasi yang tidak hanya berfungsi sebagai penghasil oksigen tetapi juga sebagai tempat berteduh yang nyaman. Bagi warga sekitar, bukit yang menawarkan keindahan pesona alam ini menjadi kebanggaan sekaligus tempat wisata keluarga yang menyenangkan.

Pantan Terong masih termasuk dalam kawasan Dataran Tinggi Gayo dengan keindahan alamnya. Untuk memudahkan pengunjung menikmati sajian alam yang ada di lokasi, sebuah bangunan menyerupai balkon raksasa. Di sinilah semua pengunjung menikmati panorama alam yang indah dari atas bukit. Untuk keamanan dan kenyamanan tambahan, semua sisi balkon dibangun dengan pagar. Jadi tidak perlu khawatir jatuh dari ketinggian.

Daya tarik pantan terong

Daya Tarik Pantan Terong AcehKredit gambar: Google Maps Safwan Abdullah

Setiap han yang berbau pariwisata pasti memiliki daya tarik. Sedikit atau banyak pengunjung juga bergantung pada apa yang ditawarkan tempat itu. Mungkin Anda bertanya-tanya rekreasi apa yang menarik di atas ketinggian. Mungkin Anda masih belum yakin dengan apa yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi bukit keren ini. Oleh karena itu, harap perhatikan baik-baik daya tarik Pantan Terong yang mungkin tidak Anda temukan di tempat lain.

1. Keindahan Pantan Terong

Satu hal yang pasti dan menarik banyak wisatawan adalah ingin menikmati keindahannya. Bukan hanya keindahan bukit yang menjadi daya tarik wisata, tapi juga secara keseluruhan. Selama perjalanan, selama ini Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah khas perbukitan. Berbagai pepohonan hijau rindang selalu menyapa Anda di setiap langkah.

Keberadaan tebing, lembah dan jurang seakan terabaikan dengan pesona alam yang mengelilinginya. Di kanan kiri jalan terdapat perkebunan kopi lokal yang indah dari kejauhan. Di sisi lain, hutan pinus yang lebat bagaikan payung yang memberkati dan menemani perjalanan Anda menuju tempat tersebut. Jalannya berkelok-kelok dan terkadang sedikit terjal, tentunya terlepas dari keindahan dan pesona alam yang mengelilinginya.

2. Suasana segar dan nyaman

Suasana sejuk dan pemandangan hijau yang asri menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Pantan Terong. Kesegarannya tak lain adalah banyaknya tanaman yang mengelilingi lokasi. Tidak hanya saat bepergian, di lokasi yang prima juga nyaman digunakan untuk bersantai dan berlama-lama.

Cuaca sangat dingin karena ketinggian yang disebutkan sebelumnya. Sebaiknya bawa pakaian tebal dan jaket untuk menahan hawa dingin. Meski tidak ada shelter atau tempat khusus untuk duduk dan bersantai, tempat ini masih aman karena terawat dengan baik.

3. Tempat melihat Danau Laut Tawar dari ketinggian

Daya tarik terpenting sekaligus yang membuat Pantan Terong selalu ramai pengunjung adalah karena merupakan tempat yang paling cocok untuk menikmati panorama alam dari atas. Panorama yang dimaksud adalah danau Laut Tawar yang megah dari atas bukit. Dari kejauhan, danau yang menjadi pusat irigasi persawahan ini berbentuk seperti kuali raksasa.

Namun tentu tidak demikian halnya ketika melihat pemandangan alam di sekitar danau yang tidak kalah menarik. Bukit-bukit lain juga terlihat sangat jelas, seperti gunung-gunung kecil. Selain itu, keindahan kota Takengon juga tidak ketinggalan dibandingkan dengan panorama lainnya. Terkadang kabut tebal tampak menutupi pandangan ke arah danau, yang menambah keindahan dan pesonanya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantan TerongKredit gambar: Google Maps Aulia Syarif Aziz

Bagi sebagian pengunjung yang datang ke situs Pantan Terong tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Namun, tidak demikian jika mereka yang hanya tertarik ingin berkunjung. Pastikan untuk pergi ke Takengon, Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Jaraknya sekitar 10 km dari pusat kota Takengon dan dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dengan kendaraan bermotor.

Karena lokasinya di atas bukit, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Dari kedua jenis kendaraan bermotor tersebut, disarankan menggunakan sepeda motor karena beberapa jalan tidak terlalu lebar. Bukannya mobil tidak boleh, hanya saja butuh konsentrasi yang tinggi saat menemukan titik yang jalannya sempit. Mengenai kondisi jalan secara keseluruhan sudah cukup baik dan diaspal dengan sempurna.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Pantan Terong AcehKredit gambar: Google Maps bun yurizali

Untuk menikmati keindahan Pantan Terong tentunya tidak gratis, anda perlu membayar biaya saat berkunjung. Namun, harga ini sangat ramah di kantong dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

Jika ini tidak berubah, saat ini setiap pengunjung yang masuk dikenakan biaya sebesar Rs 5.000. Biaya tambahan berupa tiket parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil, dengan syarat tempat parkir cukup luas dan aman.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantan Terong

Kegiatan Seru Pantan Terong AcehKredit gambar: Google Maps abdurrahman fahmi

Beberapa kegiatan sangat menarik ketika Anda tiba di lokasi. Kegiatan tersebut juga selalu dikaitkan dengan atraksi yang disebutkan di atas. Bagi yang belum pernah mengunjungi tempat tersebut, atau ojek wisata sejenis pasti bingung. Sebenarnya tidak perlu bingung karena aktivitas apapun bisa dilakukan, asalkan memiliki nilai positif, seperti yang akan kita bahas di bawah ini!

1. Menikmati keindahan perbukitan Pantan Terong

Tentunya setiap pengunjung ingin menikmati keindahan Pantan Terong sekaligus menjadi tujuan utamanya. Aspek alam yang indah berupa angin, air, tanah, dan tumbuh-tumbuhan bersatu untuk memberikan suguhan berharga bagi setiap pengunjung. Dilihat dari jauh, keindahan tata kota Aceh tengah menjadi pusat perhatian.

Belum lagi panorama unik dan menarik yang ditawarkan Danau Laut Tawar juga menarik perhatian. Jika diperhatikan dengan seksama, hampir semua pengunjung mengarah ke danau tersebut. Keindahan seakan tak pernah lepas dari bukit yang tinggi ini meski cuaca saat itu sedang tidak mendukung. Gumpalan awan tebal yang menutupi pemandangan keindahan danau justru memberikan rasa dan keindahan tersendiri. Sinar matahari membuatnya semakin eksotis dan sayang untuk dilewatkan.

2. Perhatikan matahari terbit dan terbenam

Selain menikmati keindahan dan panorama alam perbukitan asli, Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbit. Pantan Terong juga sangat memungkinkan untuk melihat sunset. Kegiatan ini mungkin terkesan pasif, namun Anda pasti akan mendapatkan pengalaman seru dan berharga. Apalagi jika tidak semua tempat memiliki panorama alam yang indah seperti ini, bahkan yang berupa perbukitan sekalipun.

Tentunya Anda harus datang pagi-pagi sekali jika ingin menyaksikan indahnya matahari terbit. Suasana dingin langsung menghangat saat sinar matahari perlahan menembus lapisan kulit. Cahayanya tidak hanya menghangatkan tubuh tetapi juga menenangkan pikiran karena keindahannya. Perlahan tapi pasti ukuran matahari dari titik fatamorgana yang awalnya besar menjadi kecil setelah terbit.

Sebaliknya, jika ingin menikmati keindahan matahari yang mundur, lebih baik datang pada sore hari. Waktunya sangat tepat, jadi Anda tidak perlu menunggu lama hingga matahari terbenam. Gradasi warna yang dihasilkan menjadi daya tarik tersendiri, dimana warna yang semula kuning cerah berubah menjadi warna yang syahdu.

3. Piknik keluarga ringan

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pantan Terong adalah piknik ringan. Dikatakan ringan karena letak balkon tidak terlalu luas sehingga kurang cocok untuk dijadikan tempat camping. Namun, Anda bisa menggelar tikar sambil duduk santai bersama keluarga. Tambahan snack dan minuman hangat tentu akan membuat suasana semakin ceria.

Perlu diketahui bahwa bukit yang menawarkan pemandangan eksotis ini memiliki dua balkon yang bisa digunakan untuk piknik santai. Jarak kedua balkon tidak terlalu jauh, cukup menaiki beberapa anak tangga untuk mengakses balkon di atasnya. Tidak ada perbedaan antara keduanya, hanya saja Anda bisa memilih yang terbaik untuk mengobrol dengan anak.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantan TerongKredit gambar: Google Maps Ihwanul Hakim

Meski hanya tempat wisata santai tanpa wahana atau permainan, Pantan Terong memiliki fasilitas yang lebih dari cukup. Terdapat mushola sebagai fasilitas umum yang dapat digunakan untuk beribadah. Tersedia juga toilet yang nyaman dan bersih bagi Anda yang ingin buang air besar. Tempat parkir mobil juga merupakan bagian dari perlengkapan wajib yang harus ada di tempat wisata.

Bagi yang ingin beristirahat sejenak setelah lelah melakukan perjalanan, silahkan bersantai di rumah panggung yang disediakan secara gratis. Bentuknya mirip dengan gazebo namun ukurannya lebih besar. Warung-warung di sekitar lokasi juga tersedia bagi Anda yang ingin makan kuliner atau sedang lapar. Minuman panas baik-baik saja saat Anda berada di ketinggian dalam cuaca dingin.

Demikian ulasan menarik mengenai salah satu tempat wisata di Aceh tengah yaitu Pantan Terong. Karena pesona alamnya yang indah, jangan lupa untuk membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen tersebut. Tentu Anda tidak ingin melewatkan momen dengan panorama alam yang indah bukan?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button