4 tempat penyembuhan di Poncol Magetan, dari Buper sampai Waduk - WisataHits
Jawa Tengah

4 tempat penyembuhan di Poncol Magetan, dari Buper sampai Waduk

4 tempat penyembuhan di Poncol Magetan, dari Buper sampai Waduk

Magetan (beritajatim.com) – Tak hanya Telaga Sarangan, ada beberapa tempat untuk menyembuhkan atau memulihkan penat di Kecamatan Poncol, Magetan yang menjadi alternatif. Pengunjung dapat menjelajahi kawasan Kecamatan Poncol yang juga menawarkan panorama indah dan udara sejuk, seperti B. wilayah Kecamatan Plaosan dimana Danau Sarangan berada.

Berikut rangkuman dari beritajatim.com, ada empat tempat wisata yang bisa menjadi pilihan, baik berwisata bersama teman atau keluarga atau sekedar berobat saja.

Dataran Tinggi Desa Wonomulyo Genilangit
Dataran Tinggi Wonomulyo terletak di Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Poncol. Dalam wisata ini, warga yang dinaungi gunung dan dilihat dari ketinggian menawarkan pemandangan indah rumah-rumah penduduk, atau orang menyebutnya Bukit Sekudi. Di Bukit Sekudi, pengunjung dapat melihat panorama alam yang indah atau melihat secara langsung bagaimana penduduk setempat yang sebagian besar adalah petani sayur bercocok tanam di dekat Bukit Sekudi.

Manajer Highland Wonomulyo Barno mengatakan pihaknya sedang mengupdate beberapa selfie deck. Mulai dari set ayunan dengan latar belakang pegunungan hingga foto yang diambil di tepi bukit dengan latar belakang perumahan di Wonomulyo. “Kami telah memperbarui beberapa tempat. Ada tempat parkir di atas bukit, tetapi Anda hanya bisa naik kendaraan roda dua. Biaya parkirnya Rp 2.000,” kata Barno, Sabtu (9/3/2022).

Akses jalan juga mulus, meski jalannya cukup ekstrim. Kondisi kendaraan harus prima jika ingin ke Desa Wonomulyo. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari Balai Desa Genilangit. Pemandangan indah juga ada di jalan menuju dusun.

Jika Anda ingin menyaksikan matahari terbit, Bukit Sekudi adalah tempatnya. Warga Wonomulyo menyediakan homestay bagi pengunjung yang ingin menginap dan merasakan malam di bumi yang dijuluki Nepal van Magetan.

Taman Wisata Genilangit

Setelah turun di Wonomulyo, pengunjung bisa diantar ke Taman Wisata Genilangit yang tidak jauh dari Wonomulyo. Taman Wisata Genilangit menawarkan lebih banyak selfie deck dan didominasi oleh pemandangan gunung dan wisata hutan pinus.

Tiket masuknya seharga Rp 5.000 per orang, tiket parkir seharga Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Di Genilangit, pengunjung tidak hanya bisa memilih antara selfie deck yang berbeda, tetapi juga menikmati kawasan wisata seluas 2 hektar dengan menunggang kuda. Selain itu, ada juga persewaan ATV. Di Taman Wisata Genilangit juga banyak terdapat warung makan. Pengunjung tidak perlu khawatir lapar dan haus setelah berkeliling hutan pinus.

Dian Maheru Robbi, Camat Kecamatan Poncol, mengumumkan jumlah kunjungan ke Wonomulyo selama libur Lebaran 2022 mencapai ribuan. Tidak diragukan lagi, Taman Wisata Genilangit sangat menarik bagi pengunjung lokal Magetan maupun pengunjung dari luar daerah.

Waduk Gonggang di Desa Janggan, Poncol
Tidak hanya Plaosan dengan dua danau, Kabupaten Poncol juga memiliki waduk. Waduk Gonggang inilah yang populer di kalangan anak muda untuk berfoto. Waduk yang dikelola Pusat Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo ini dibangun pada tahun 2008 di Desa Janggan Poncol.

Waduk ini tidak kalah indahnya dengan Telaga Sarangan. Namun, tidak banyak penjual makanan di sekitar waduk. Di waduk ini Anda tidak hanya bisa berfoto, tapi juga memancing.

Perkemahan Alastuwo di desa Alastuwo, Poncol
Perkemahan Alastuwo memiliki suasana yang hampir mirip dengan Taman Wisata Genilangit dan lebih fokus pada lahan yang cukup luas di hutan pinus untuk berkemah. Dari berkemah biasa hingga berkemah glamor dengan tenda premium dengan bantal dan tempat tidur yang nyaman. Bahkan, ada beberapa paket yang disediakan pengelola agar pengunjung bisa memilih dan menyesuaikan budgetnya.

Pengunjung dapat membawa tenda sewaan sendiri untuk berkemah. Pengunjung bisa membayar Rp 500.000 untuk tenda kemah glamor (glamping) dan Rp 200.000 untuk tenda dome. Semuanya termasuk kantong tidur, makanan dan sebagainya. Selain itu pengelola menyiapkan paket reguler bagi yang ingin menyewa tenda, ada berbagai jenis tenda dengan kapasitas 2 sampai 10 orang. Biaya ini sudah termasuk semua fasilitas dari tempat tidur hingga sarapan.

Jika pengunjung tidak membawa bekal saat berkemah, ada dua warung makan yang menawarkan aneka jajanan dan makanan berat. “Pokoknya kalau mau camping tapi nggak mau ribet bisa pesan paket VIP glamping. Bawa saja badan, semuanya sudah tersedia,” jelas Manajer Buper Alastuwo Teguh Haryanto.

Mereka yang hanya ingin minum kopi juga akan dilayani. Ada beberapa warung yang menawarkan makanan dan minuman bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alam di sana. Jadi kapan mau ke Poncol Magetan? Jangan biarkan akhir pekan mengering tanpa kesembuhan. [fiq/suf]

Source: beritajatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button