Berburu 10 Tempat Perayaan Tahun Baru Imlek yang Meriah di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Berburu 10 Tempat Perayaan Tahun Baru Imlek yang Meriah di Indonesia

Berburu 10 Tempat Perayaan Tahun Baru Imlek yang Meriah di Indonesia

Tanpa disadari, Imlek sebentar lagi akan usai, tepatnya pada tanggal 25 Januari 2022. Pesta imlek etnis ini juga terkenal dengan kemeriahan pestanya.

Menariknya, pesta tersebut aktif tidak hanya di China, tetapi juga di beberapa daerah di Indonesia, yang tentunya bisa menjadi hiburan bagi masyarakat.

Nah dimana saja lokasinya, berikut daftarnya:

1. Pawai Tatung di Singkawang

Parade Tatung di Singkawang merupakan salah satu tempat wisata saat Imlek. Parade Tatung berlangsung 15 hari setelah Tahun Baru Imlek, tepatnya saat Cap Go Meh. Dua hari sebelum parade Tatung, juga ada parade lampion, parade layang-layang, dan prosesi barongsai.

Atraksi Tatung merupakan perpaduan antara tradisi Tionghoa dengan budaya Dayak. Dalam bahasa Hakka, tatung berarti orang yang kerasukan roh, leluhur, dewa, atau kekuatan gaib.

Sebelumnya, para Tatung harus berpuasa tiga hari sebelum acara. Hal ini agar Tatung bersih dan suci. Para pendeta akan memanggil arwah untuk menyerang tubuh Tatung agar kebal. Kemudian Tatung diarak keliling kota dari vihara. Busana Tatung mewakili kelompok Tionghoa dan Dayak.

BACA JUGA: Hot Sale! Kereta panorama melayani ribuan pelanggan

Tatung sendiri melakukan atraksi untuk menunjukkan kebal mereka, seperti: B. menempelkan kawat dari pipi kirinya ke pipi kanannya, berjalan di atas pecahan kaca dan meminum arak. Hal yang menarik dari pawai Tatung adalah Tatung tidak dilanggar sama sekali.

2. Perang Air Meranti di Riau

Perang air di Selat Panjang, Riau ini merupakan perayaan yang dilakukan puluhan tahun silam. Perang air ini disebut juga Cian Ciu. Festival Perang Air Miranti tahun ini akan diadakan pada tanggal 25 Januari 2020 bertepatan dengan Tahun Baru Imlek.

Dekorasi rumah untuk Tahun Baru Imlek

Selain adu air, acara juga dimeriahkan dengan food festival, live music, awarding ceremony dan kembang api. Perang Udara Meranti menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika Anda datang ke sini, bersiaplah untuk membawa baju ganti.

3. Tujuh Lubang Sumur di Depok

Etnis Tionghoa berduyun-duyun ke biara pada hari sebelum Tahun Baru Imlek. Pura Gayatri, Depok memiliki keunikan karena di dalamnya terdapat tujuh sumur.

Selain sembahyang, mereka akan mandi di tujuh sumur. Setiap sumur memiliki nama dan diyakini memiliki sifat yang berbeda.

Sri Ningsih ampuh untuk menyatakan jiwa raga, Sri Waras ampuh untuk sehat dan selamat, Sri Lungguh ampuh untuk mencapai status pangkat, Sri Kumaratih Kumajaya ampuh untuk mencari jodoh, Sri Rezeki ampuh untuk mencari makan, Dewi Sri Mulyasari ampuh efektif untuk pengobatan, dan Sri Ponco Warno efektif untuk menangkal bencana.

4. Pasar Imlek Semawi di Semarang

Setiap tahun baru Imlek, diadakan pasar Imlek di Semarang yang akan memeriahkan suasana perayaan Imlek. Di sini kamu akan disuguhkan berbagai pertunjukan seni asal Tiongkok, Toppers.

Makanan ringan dan kerajinan Tahun Baru Cina juga disajikan. Anda juga bisa melihat pertunjukan atraksi barongsai, Wayang Potehi, dan pertunjukan budaya Tionghoa.

Ada makanan akulturasi budaya Semarang dan Tionghoa yang patut Anda coba di Pasar Tahun Baru Imlek Semawis, seperti:

5. Grebeg Sudiro di solo

Kemeriahan Imlek di Solo adalah Grebeg Sudiro. Grebeg Sudiro merupakan akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa. Anda akan menyaksikan tokoh wayang, singa dan barongsai mengiringi kirab budaya. Pada acara Grebeg Sudiro, dibagikan ribuan kue anyaman di penghujung acara.

Tradisi barongsai

Selain itu, Anda juga bisa menikmati Bazaar Potensial, Wisata Perahu Kali Pepe, Karnaval Budaya dan Penutupan Grebeg Sudiro pada 24 Januari 2020.

Festival Jalanan Bogor ke-6

Kota hujan ini juga punya keseruan tersendiri lho, saat perayaan Imlek tepatnya di Cap Go Meh. Parade dan pertunjukan seni dari Cina dan Sunda berlangsung di Bogor.

Bogor Street Festival 2020 akan diselenggarakan pada tanggal 8 Februari 2020. Anda akan melihat parade budaya seperti barongsai, bazaar, talk show dan banyak lagi.

Pekan Budaya Tionghoa ke-7 di Yogyakarta

Perayaan Imlek di Yogyakarta akan diselenggarakan mulai tanggal 2 hingga 8 Februari 2020. Pekan Budaya Tionghoa tahun ini menampilkan acara seni, festival kuliner, dan pertunjukan oleh rumah budaya Tionghoa Ketandan, yang mengakulturasi budaya Jawa. Acara ini sudah berlangsung lama lho!

8. Kelenteng Hong Tiek Hian di Surabaya

Kelenteng Hong Tiek Hian merupakan kelenteng yang sudah ada di Surabaya sejak ratusan tahun lalu. Klenteng ini terletak di Jl. Dukuh, tidak jauh dari tempat yang sangat populer di Surabaya yaitu Jembatan Merah. Kelenteng Hong Tiek Hian dipercaya dibangun oleh pasukan Tar-Tar saat Kerajaan Majapahit berdiri.

Tahun Baru Imlek ke-9 di tengah Sungai Mus

Di Palembang, perayaan Imlek Cap Go Meh biasanya digelar di Pulau Kemaro. Pulau yang terletak di tengah Sungai Mus ini menjadi tuan rumah berbagai acara seni Imlek, antara lain barongsai, wayang Tionghoa, dan kesenian tradisional lainnya.

Setibanya di Pulau Kemaro, Anda akan disuguhi banyak lampion. FYI, Toppers, Cap Go Meh di Palembang akan dipentaskan pada hari ke-13 berbeda dengan kota-kota lain yang mementaskan Cap Go Meh pada hari ke-15.

Tahun Baru Imlek ke-10 di Medan

Banyak warga Tionghoa tinggal di Medan. Tentunya kota Medan menjadi satu dengan semaraknya perayaan Imlek. Chinese New Year Fair diadakan setiap tahun dengan berbagai atraksi mulai dari barongsai hingga pesta kembang api. Jangan khawatir dengan makanannya, banyak orang yang menjual makanan, aksesoris, pameran dan lainnya di pekan raya Imlek ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button