30 wisata Kuningan lengkap dari alam hingga tempat bersejarah - WisataHits
Jawa Barat

30 wisata Kuningan lengkap dari alam hingga tempat bersejarah

KOMPAS.com – Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata. Wisata di Kuningan berkisar dari kekayaan alam hingga situs sejarah.

Beberapa wisata Kuningan sempat viral di media sosial karena kecantikannya. Jika Anda sedang merencanakan liburan, cobalah mengunjungi tempat wisata di Kuningan Jawa Barat.

Baca Juga: 10 Wisata Alam di Kuningan Jawa Barat Banyak yang Masih Asli

Wisata Kuningan, Jawa Barat

Berikut wisata Kuningan Jawa Barat dimulai dengan destinasi wisata alam dan diakhiri dengan situs sejarah seperti yang dirangkum oleh Kompas.com.

1. Danau Cicerem

Telaga Cicerem menjadi viral di media sosial karena keindahannya. Tak heran, danau ini memiliki air berwarna biru dan dikelilingi pepohonan hijau.

Selain itu, pengunjung dapat mengamati berbagai spesies ikan di tepi danau. Satu dari Pekerjaan Foto paling populer adalah ayunan di tengah danau.

Lokasi Danau Cicerem berada di Kaduela, Pasawahan, Kuningan.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Cirebon dan Kuningan, Ada Telaga Undian

Danau Cicerem, KuninganDermaga. Danau Cicerem, Kuningan

2. Taman rekreasi gunung

Taman Rekreasi Gunung merupakan taman wisata air yang cocok sebagai tempat berlibur bagi anak-anak.

Karena tempat wisata ini menawarkan seluncuran air bebas kaporit sehingga aman untuk anak-anak. Air yang ada di wahana Taman Rekreasi Gunung berasal dari pegunungan karena berada di kawasan Gunung Keling

Lokasinya di Komplek Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kuningan.

Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai via Kuningan Dibuka Kembali, Kuota Dibatasi 25 Persen

3. Hutan

Tempat wisata ini cocok bagi pecinta tantangan. Karena Woodland menawarkan fasilitas outbond yang seru seperti dikutip Kompas.com (11/2/2022).

Daya tarik Woodland adalah jalur kayu yang membentang di tengah hutan lebat. Jalanannya sangat estetis, sehingga cocok untuk Pekerjaan foto Instagramable.

Lokasinya berada di Jalan Ragasakti No. 130, Setianegara, Cilimus, Kuningan.

Baca Juga: Cara Menunda Pendakian Gunung Ciremai via Kuningan

4. Taman Wisata Alam Linggarjati

Tempat wisata ini menampilkan pemandangan alam Kuningan yang indah.

Selain itu, Taman Wisata Alam Linggarjati dilengkapi dengan sejumlah fasilitas antara lain kolam renang dan area keluarberkuda dan lain-lain.

Lokasinya di Linggasan, Cilimus, Kuningan. Tempat ini cocok untuk wisata keluarga.

Taman Wisata Alam Linggarjati, KuninganWikimedia Commons Taman Wisata Alam Linggarjati, Kuningan

5.Ipuan

Ipukan adalah salah satu tempat perkemahan di Kabupaten Kuningan. mulai Kompas.com (26/12/2017), bumi perkemahan ini menyuguhkan panorama Gunung Ciremai dan Kota Kuningan

Tak heran, Ipukan menjadi salah satu spot paling populer untuk menyaksikan matahari terbit di Kuningan. Administrasi menyediakan tempat perkemahan bagi mereka yang membutuhkan.

6. Pondok Pinus Palutungan

Alternatif tempat wisata Kuningan lainnya adalah Pondok Pinus Palutungan. Pengunjung yang datang bisa menikmati beragam Pekerjaan foto Instagramable.

Misalnya rumah warna-warni, gerbang yang didesain seperti di film fantasi, hingga rumah dengan balon yang terinspirasi dari film animasi Disney UP.

Baca Juga: Kuningan Kembangkan Wisata Alam dan Kesenian Daerah

7. Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)

Taman Nasional Gunung Ciremai merupakan cagar alam di Jawa Barat. Meluncurkan situs Balai TNGCGunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat, dengan puncak tertinggi di 3078 mdpl.

Tempat ini sangat cocok bagi pecinta alam yang ingin menikmati keindahan Gunung Ciremai. Selama perjalanan, pendaki akan menjumpai hutan yang indah, air terjun, kawah serta kekayaan flora dan fauna.

Tim Taman Nasional Gunung Ciremai mendokumentasikan proses perjalanan di jalur pendakian baru Trisaksi Sadarehe, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (25/8/2022).MUHAMAD SYAHRI ROMDHON/BTNGC Tim Dokumentasi Taman Nasional Gunung Ciremai mendokumentasikan proses perjalanan di jalur pendakian baru Trisaksi Sadarehe, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (25/8/2022).

8. Air Terjun Sidomba

Air Terjun Sidomba merupakan salah satu air terjun yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

Air terjun ini memiliki ketinggian tiga meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Lokasi air terjun dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti toilet, rumah makan, saung, dll.

Situs ini terletak di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

9. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan merupakan bagian dari kawasan HGU eks PT Perkebunan Yunawati, seperti dilansir dari website Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Situs ini terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Daya tarik Kebun Raya Kuningan adalah lokasinya yang bersebelahan dengan TNGC sehingga memiliki lanskap perbukitan yang indah.

Selain itu, persawahan di sekitarnya menambah daya tarik Kebun Raya Kuningan sebagai objek wisata.

10. Taman Cisantana

Taman Cisantana dulunya merupakan area penambangan batu. Kini tebing bekas tambang tersebut disulap menjadi backdrop foto yang cantik Instagramable dan unik.

Aneka pohon dan bunga menambah daya tarik Taman Cisantana. Tak heran jika Taman Cisantana menjadi salah satu tempat wisata di Dataran Tinggi Kuningan yang menjadi tujuan para wisatawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button