10 Teknik Optimasi Mesin Pencari Lokal Untuk Bisnis Anda - WisataHits
Jawa Barat

10 Teknik Optimasi Mesin Pencari Lokal Untuk Bisnis Anda

SEO lokal adalah strategi yang dapat menjadikan bisnis Anda sebagai primadona dan bintang di daerah Anda. Strategi ini sangat cocok bagi Anda yang sudah memiliki toko fisik yang bisa dikunjungi konsumen.

Tidak harus kantor atau toko, rumah Anda juga bisa dijadikan sebagai alamat. SEO lokal juga merupakan strategi optimasi yang cukup menarik, karena 78% orang yang mencari melalui toko SEO lokal secara offline. Cara optimasi SEO lokal adalah sebagai berikut.

Lengkapi profil Google Bisnisku

Pada prinsipnya, SEO lokal dapat dilakukan di berbagai platform mesin pencari. Namun, di Indonesia, 96,84% pengguna internet masih menggunakan platform mesin pencari. Sedangkan mesin pencari lainnya hanya memiliki pangsa pasar kurang dari 2%. Oleh karena itu, disarankan untuk mulai menerapkan SEO Lokal dengan optimasi Google Bisnisku.

Mari kenalan dulu dengan Google Snack Pack. Ini adalah fitur Google yang muncul ketika pengguna mencari pencarian lokal.

Jika Anda ingin bisnis Anda muncul di kotak snack box, Anda harus mendaftar dan memverifikasi bisnis Anda dengan Google Bisnisku. Di Google Bisnisku, ada beberapa informasi yang perlu Anda lengkapi agar lebih mudah ditemukan di pencarian lokal, yaitu lokasi, nomor telepon, kategori, atribut, jam operasional, dan foto.

penelitian kata kunci

Penggunaan kata kunci memiliki dampak besar pada cara pengguna menelusuri bisnis Anda. Penggunaan kata kunci atau kata kunci yang tepat membawa perusahaan Anda ke peringkat teratas di mesin pencari. Untuk mengetahui kata kunci mana yang berpotensi menarik banyak calon pelanggan, Anda bisa menggunakan alat SEO seperti Google Trends dan Google Keyword Planner.

Buat konten lokal

Jika pasar Anda lokal, Anda juga harus memberikan informasi regional atau lokal. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis kedai kopi di Bandung, Anda dapat menjelajahi konten lokal di sekitar Bandung, mis. B. peristiwa yang sedang berlangsung, wisata menarik, fakta unik dan sebagainya.

Anda dapat mengetahui tren apa yang sedang Anda ikuti di komunitas di sekitar Anda. Kuncinya adalah konten harus relevan dengan kebutuhan pengguna agar bisnis Anda mudah ditemukan.

Optimasi SEO Onpage

Tujuan dari optimasi SEO onpage adalah untuk memudahkan mesin pencari mengidentifikasi, serta untuk mengevaluasi konteks konten dan relevansi situs web untuk kata kunci. SEO Onpage tidak selalu tentang judul yang menarik atau umpan klik.

Anda juga dapat mengoptimalkan SEO on-page dengan menggunakan heading dan subheading di konten Anda. Dengan Alat Webmaster Google Anda dapat menganalisis dan memastikan bahwa situs web Anda diindeks dengan benar oleh Google.

analisis kompetitif

Menganalisis pesaing akan membantu Anda mengembangkan rencana atau strategi. Anda dapat melakukan ini dengan mengunjungi situs web pesaing dan melihat sumber dan kata kunci yang mereka gunakan.

Anda bisa menganalisa konten yang mereka buat, apa saja kelebihan dan kekurangannya. Nantinya, ini adalah strategi yang cukup ampuh untuk mengungguli persaingan.

Tingkatkan kinerja tautan

Tautan eksternal (backlink) yang merujuk ke situs web Anda adalah penting. Semakin banyak tautan ke situs Anda dari situs web lain, semakin banyak Skor Otoritas Domain yang Anda kumpulkan.

Ini sangat bagus karena menunjukkan relevansi konten yang baik kepada pengguna, sehingga berpotensi untuk dimasukkan dalam hasil pencarian teratas. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tautan internal untuk meningkatkan otoritas halaman karena pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di situs.

Tidur siang yang konsisten

NAP terdiri dari nama, alamat dan nomor telepon. Sepintas langkah ini sangat sederhana, namun akan sangat berpengaruh dalam memenangkan algoritma Google.

Jadi terapkan NAP ini secara konsisten di berbagai platform bisnis Anda, mulai dari Google Mu Business atau Google Bisnisku, situs web hingga media sosial.

Perhatikan ulasan konsumen

Review atau ulasan erat kaitannya dengan SEO Lokal. Bagi banyak dari kita, ketika mencari informasi, kita pasti melihat ulasan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dan memberikan visibilitas tentang bagaimana bisnis berinteraksi dengan pelanggan. Jumlah dan variasi review merupakan dua indikator penting yang menunjukkan kredibilitas suatu perusahaan.

Pastikan situs webnya ramah seluler

Orang yang mencari sesuatu menggunakan SEO Lokal di perangkat mereka sebagian besar melakukannya menggunakan perangkat seluler atau seluler.

Jika situs Anda tidak ramah seluler Akan ada calon pelanggan yang pernah melihat website Anda namun kecewa karena kesulitan mencari informasi dengan perangkat mobile mereka.

Lakukan pemeriksaan kinerja

SEO pada dasarnya adalah strategi yang berkelanjutan, jadi pemeriksaan rutin diperlukan untuk memastikan bahwa pengoptimalan telah berjalan seperti yang diharapkan.

Untuk audit, Anda dapat menggunakan alat bantu Google Analytics. Anda dapat menilai keakuratan informasi Google Bisnisku, peringkat situs web, dan kinerja tautan yang Anda gunakan.

Source: dailysocial.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button