24 wisata populer Sleman, Desa Penari punya lokasi syuting KKN - WisataHits
Yogyakarta

24 wisata populer Sleman, Desa Penari punya lokasi syuting KKN

KOMPAS.com – Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki daftar tempat wisata populer yang menawarkan beragam atraksi, mulai dari alam hingga budaya.

Jarak menuju Tugu Yogyakarta Kabupaten Sleman tidak terlalu jauh, sehingga beberapa tempat wisata di kawasan ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan mobil.

Baca juga:

Mengikuti Kompas.com merangkum pilihan tempat wisata populer di Kabupaten Sleman.

Daftar Tempat Wisata Populer di Sleman Yogyakarta

1. Tebing Breksi

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOC.  Shutterstock Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOC. Shutterstock

Tebing Breksi yang terletak di Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY ini berjarak sekitar 18 kilometer (km) dari Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar setengah jam.

Berkunjung dari pagi hingga sore hari, wisatawan bisa melihat perbukitan yang mengelilingi tebing Breksi. Di malam hari, lampu membuat Tebing Breksi semakin unik.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Jogja Terbaru, buka dari subuh hingga senja

2. Candi Ijo

Candi Ijo di Sleman, YogyakartaTribun Jogja / Klenteng Hamim Thohari Ijo di Sleman Yogyakarta

Candi Ijo dikatakan sebagai salah satu candi tertinggi di Indonesia karena dibangun di atas bukit kurang lebih 425 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Candi ini terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY dan dapat ditempuh dengan mobil sekitar 40 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Salah satu kegiatan di pura ini adalah hunting foto sore hari. Biaya masuk Candi Ijo mulai dari Rp 5.000 per orang.

Baca Juga: Alternatif Candi Borobudur, Inilah 10 Wisata Candi di Yogyakarta dengan Harga Terjangkau

3. Bukit Obelix

Senja di Obelix Hills.Instagram @obelixhills Twilight di Obelix Hills.

Obelix Hills menyajikan beragam Pekerjaan Foto, makanan, dan aktivitas di tebing. Lokasinya berada di Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY, dan memakan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam dari pusat kota Yogyakarta.

Harga tiket Obelix Hills mulai dari Rp 20.000 per orang di hari kerja dan Rp 20.000 per orang di akhir pekan dan hari libur. Harga tersebut belum termasuk makanan dan wahana.

Obelix Hills buka dari Senin hingga Jumat mulai pukul 10:00 hingga 21:00 WIB dan Sabtu hingga Minggu serta hari libur nasional mulai pukul 07:00 hingga 21:00 WIB.

Baca Juga: Harga Tiket dan Jam Buka Obelix Hills Yogyakarta Buka Lebih Awal

4. Candi Ratu Boko

Ratu Boko atau Situs Ratu Boko bisa dikunjungi di Jalan Raya Piyungan-Prambanan Nomor 2, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan, hanya sekitar tiga kilometer arah selatan candi.

Tempat Ratu Boko terkenal sebagai salah satu tempat menikmati panorama sunset karena terhubung dengan gerbang utama.

Dilaporkan oleh Kompas.comMinggu (6/5/2022), harga tiket masuk Candi Ratu Boko mulai dari Rp 40.000 per orang untuk wisatawan lokal dewasa, Rp 20.000 untuk wisatawan lokal usia 3-10 tahun dan Rp 20.000 per rombongan untuk wisatawan lokal rombongan pelajar. dan siswa.

Baca Juga: 4 Tips Traveling ke Ratu Boko Yogyakarta, Jangan Cuma Terbangkan Drone

5. Candi Sambisari

Candi Sambisari saat musim kemarau dengan rumput kering.Kompas.com/Anggara Wikan Candi Prasetya Sambisari saat musim kemarau dengan rumput kering.

Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Candi Hindu Siwa ini diyakini dibangun pada awal abad ke-9 oleh Rakai Garung, raja Mataram Hindu dari dinasti Syailendra.

Menariknya, candi ini berada sekitar 6,5 meter di bawah tanah, sehingga tidak bisa dilihat dari jauh Kompas.comKamis (10/03/2022).

Baca juga: Sambisari, Candi Bawah Tanah di Yogyakarta

6. Temukan Riyadi

Candi Prambanan di malam hari dari Spot Riyadi, Sleman, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Candi Prasetya Prambanan di malam hari dari Spot Riyadi, Sleman, Yogyakarta.

Spot Riyadi menjadi salah satu spot yang paling populer untuk berburu momen sunrise dan sunset karena lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Dari lokasi ini Anda bisa melihat panorama lainnya antara lain candi Prambanan dan Sojiwan di sebelah utara, pemandangan Gunung Merapi-Gunung Smbing-Gunung Lawu di sebelah timur.

Spot Riyadi terletak di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Baca Juga: 4 Panorama Yang Bisa Dilihat Dari Spot Riyadi Yogyakarta

7. Candi Barong

Candi Barong, peninggalan Kerajaan Mataram kuno di Yogyakarta.BPCB DIY Candi Barong peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Yogyakarta.

Candi Barong merupakan salah satu candi peninggalan agama Hindu yang terletak di kompleks Ratu Boko. Terletak di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Saat cuaca mendukung, waktu terbaik mengunjungi Candi Barong adalah sore hari. Selain cahaya dari barat yang membuat bangunan candi terlihat unik, sunset juga akan terlihat di sisi barat.

Baca Juga: Candi Barong, Kemegahan Di Tengah Perbukitan Prambanan, Yogyakarta

8. Pabrik dan Teluk Suwatu

SUWATU oleh Mil&BayInstagram @suwatu.by.milandbay SUWATU by Mil&Bay

Jika ingin nongkrong sambil menikmati panorama Candi Prambanan dan Gunung Merapi, Suwatu Mill and Bay bisa menjadi pilihan. Lokasinya di Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Selain menyajikan makanan, Suwatu Mill and Bay juga memiliki kawasan Pasar Suwatu yang menjual berbagai jajanan pasar, serta galeri yang mengoleksi berbagai furnitur.

Baca Juga: Lebih Dari 1 Juta Wisatawan Kunjungi Sleman Saat Libur Lebaran 2022

9. Teluk Jogja (Water Boom Jogja)

Suasana Jogja Bay Waterpark Kabupaten Sleman DIY.jogjabay.id Suasana Jogja Bay Waterpark di Kabupaten Sleman DIY.

Wahana Jogja Bay yang sudah berganti nama menjadi Waterboom Jogja ini menawarkan berbagai fasilitas permainan air bertemakan bajak laut. Ada banyak wahana di Jogja Bay, seperti Volcano Coaster, Brando Boomeranggo, Ziiggy Giant Barrelkolam ombak pantai selatandan kolam arus Sungai Donte Wilder.

Waterboom Jogja terletak di Kabupaten Sleman, tepatnya di utara Stadion Maguwoharjo. Tempat rekreasi ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Baca Juga: 5 Wisata Kolam Renang Sempurna untuk Malam Tahun Baru

10. Bukit Klangon

Bendera merah putih besar berkibar di Bukit Klangon, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman.  Pengibaran bendera dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Bendera merah putih berukuran besar berkibar di Bukit Klangon, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman. Pengibaran bendera dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Bukit Klangon terletak di Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, tempat ini cocok sebagai tempat perkemahan.

Harga tiket masuk Bukit Klangon mulai dari Rp 4.000 sedangkan biaya parkir roda dua mulai dari Rp 3.000 dan harga roda empat mulai dari Rp 5.000. Jika ingin berkemah, harga mulai dari Rp 15.000 per orang.

Klangon Hill buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk wisata reguler dan 24 jam bagi yang ingin berkemah.

Baca Juga : Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Bukit Klangon Sleman Yogyakarta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button