22.000 Kendaraan Bakal Macet Nataru 2023 di Kota Batu, Ini Titik Permasalahannya - WisataHits
Jawa Timur

22.000 Kendaraan Bakal Macet Nataru 2023 di Kota Batu, Ini Titik Permasalahannya

Kemacetan di Jl Ir Soekarno, Kecamatan Junreno, Kota Batu.  (Foto: Irsya Richa/Malang TIMES)Kemacetan di Jl Ir Soekarno, Kecamatan Junreno, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/Malang TIMES)

WAKTU JATIM – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 diharapkan banyak menarik wisatawan ke Kota Batu.

Sebelum pandemi Covid-19, Natal dan Tahun Baru, Kota Batu kerap dipadati kendaraan sehingga menyebabkan kemacetan di beberapa titik Jalan Protokol. Karena itu, Dinas Perhubungan Kota Batu diproyeksikan penuh dengan 22.000 pengendara selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

“Kami perkirakan sekitar 22.000 kendaraan akan masuk ke Kota Batu sekitar hari raya Nataru. Ini terjadi karena banyak kawasan wisata yang menjadi sasaran,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu Imam Suryono.

Menurut Imam, pengamanan Natal dan Tahun Batu 2023 tanpa macet menjadi fokus persiapan saat ini. Khususnya pemetaan titik kemacetan atau black spot di wilayah Kota Batu.

“Ada beberapa ruas jalan utama yang menjadi sumber kemacetan, maka bersama Polres Batu kami sudah memetakan lokasinya,” tambah Imam.

Pemetaan titik kemacetan atau black spot di kawasan Kota Batu meliputi kawasan Jalan Ir Soekarno, Pujon, Ngantang dan Bumiaji.

Secara terpisah, Kasatlantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati menambahkan, selain memetakan jalur blackspot, pihaknya juga memetakan kawasan rawan kemacetan dan longsor. Karena musim hujan, ada beberapa daerah rawan longsor.

“Kalau ada kemacetan parah di titik-titik yang sudah kita petakan, kita harapkan bisa flash atau menetralisirnya dengan memecah kepadatan, salah satunya dengan mengarahkan kendaraan ke jalur alternatif,” ujar Lya.

Titik rawan muncul di Pertigaan Arhanud, Pertigaan Pendem, Jalan Diponegoro, Alun-Alun Kota Batu, Pertigaan Bendo dan Jalan Trunojoyo dari arah barat.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari JatimTIMES.com. Yuk gabung grup Telegram, klik link Telegram JatimTIMES lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button