Pantai Ide, nikmati pesona pantai air tawar yang menakjubkan di Luwu Timur - WisataHits
wisatahits

Pantai Ide, nikmati pesona pantai air tawar yang menakjubkan di Luwu Timur

Pantai Ide, nikmati pesona pantai air tawar yang menakjubkan di Luwu Timur
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Magani, Kec. Nuha, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Ide yang terletak di Kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, menjadi destinasi wisata yang menarik. Sulawesi Selatan memang cukup terkenal dengan wisata baharinya yang bervariasi. Pantai Ide merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Kota Sorowako sendiri terletak di kawasan perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut, yang membuat kota ini cukup sejuk saat Anda berjalan melewatinya nanti. Selain itu, pepohonan yang rindang di kawasan ini akan membuat suasana menjadi sangat asri, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin mengunjungi pantai.

Pantai Ide memiliki kisah yang cukup unik untuk diketahui. Berdasarkan sejarah yang ada, nama pantai indah ini awalnya terinspirasi dari warga sekitar yang menjadikan pantai tersebut di cari ide oleh warga sekitar, dan pantai ini dijadikan sebagai tempat refreshing bagi PT. Vale di sekitar Kabupaten Sorowako.

Daya Tarik Pantai Ide

Objek Wisata Pantai IdeKredit gambar: Peta Google Ratno Sardi. M

Setelah anda mengetahui bagaimana rute menuju pantai Ide yang merupakan salah satu destinasi di Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya daerah Luwu Timur ini tentunya akan memudahkan anda untuk menemukan lokasinya dengan mudah. Namun, siapa sangka dengan hal tersebut ternyata ada hal menarik yang akan Anda temukan di pantai.

1. Pesona Pantai Air Tawar

Saat Anda berkunjung ke pantai ini, salah satu hal yang akan Anda temukan sekaligus cukup unik adalah air di pantai ini yang sejuk. Inilah yang membuat pantai ini unik dan berbeda dengan pantai lain di Sulawesi. Pasalnya, air tawar ini berasal dari Danau Matano.

Adapun hal lain selain air tawar sebenarnya tidak akan Anda temukan ombak besar atau pasir putih di sekitar pantai. Meski begitu, tidak akan mengurangi keindahan pantai itu sendiri. Pemandangan sekitarnya sangat mempesona.

2. Pemandangan matahari terbenam

Apalagi yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung adalah suasana senja menjelang sore hari. Pemandangan pantai sore hari memang akan sangat sayang untuk dilewatkan. Begitu juga jika Anda datang bersama keluarga atau orang tersayang untuk melihat sunset di Pantai Ide.

Lebih bagus lagi jika Anda memanfaatkan suasana dari senja hingga matahari terbenam untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Nah, bagi kalian yang ada di luar sana, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut. Jadikan liburan Anda di Pantai Ide lebih berkesan dan tak terlupakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat rentang ideKredit Gambar: Google Maps Angler Boncosan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pantai Ide terletak di Desa Magani, Kecamatan Nuha, tepatnya di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini khususnya melalui jalan darat dari bandara Surowako dengan jarak tempuh sekitar 3,1 kilometer.

Mengenai rute yang akan Anda tempuh untuk mengunjungi Pantai Ide, jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Sorowako, Anda akan menempuh jarak sekitar 8,7 kilometer menuju pantai yang hanya membutuhkan waktu 16 menit bagi Anda yang menggunakan mobil atau motor.

Juga bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini namun masih bingung apakah harus membayar tiket masuk atau tidak. Tidak ada harga tiket yang akan dikenakan saat mengunjungi Pantai Ide. Meski pantai ini berada di area privat, Anda bisa mengunjunginya secara gratis dan tanpa biaya.

Oleh karena itu, dengan kebijakan ini, Anda akan lebih leluasa datang ke pantai ini kapan pun Anda mau. Anda bisa memanfaatkan waktu akhir pekan Anda untuk mencari ide di pantai ini dan siapa tahu, Anda akan menemukan banyak hal baru di pantai ide ini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Ide

Aktivitas Seru di Pantai IdeKredit Gambar: Google Maps hezron jepri

Membahas kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berada di Pantai Ide yang terletak di kawasan Luwu Timur, Sulawesi Selatan ini tentunya ada banyak sekali. Wisata pantai merupakan tempat dimana seseorang dapat melakukan berbagai kegiatan apapun itu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan di pantai ini.

1. Berenang

Keunikan dan keindahan pantai ini akan sulit terbayangkan jika Anda menghabiskan waktu untuk berenang. Anda akan dapat merasakan bagaimana rasanya berenang di pantai yang tidak ada ombaknya dengan air yang jernih dan bersih, yang akan membuat pengalaman berenang Anda menjadi lebih baik dan menyenangkan.

Berada di tempat wisata pantai memang menjadi hal yang sangat menarik untuk anda ketahui bagaimana menikmati suasana yang nyaman saat berada di pantai. Masalahnya, Anda tidak merasa tidak puas saat berada di sana. Jadi akan sangat penting bagi Anda untuk mengetahuinya.

Aktivitas berenang di lokasi pantai menjadi salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Dengan begitu, Anda akan lebih merasakan suasana kesegaran alami air pantai dan juga pesona alam yang selalu terjaga dengan sangat baik.

2. Jalan air

Selain itu, disarankan juga untuk mencoba berbagai atraksi air di Pantai Ide dan Anda juga dapat menikmati permainan lainnya bersama anak-anak Anda. Permainan yang dimaksud adalah bola atau pelampung yang didesain khusus untuk anak-anak, sehingga cukup aman untuk digunakan.

Bukan itu saja yang bisa Anda gunakan di wahana air. Ada juga permainan lain yang bisa Anda coba mainkan di pantai cantik ini, yaitu bebek, pisang, dan kano. Dengan begitu, Anda bisa menjajal berbagai jenis wahana tanpa bosan memainkan permainan yang sama.

3. Memancing

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memancing. Jernihnya air yang akan Anda lihat jika berada di pantai Ide akan mendukung Anda saat memancing. Ikan akan mudah dilihat di atas perairan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Ide Fasilitas PantaiKredit gambar: Google Maps Muchlas Hidayat

Bicara soal fasilitas, Anda yang ingin berlibur di Pantai Ide tidak perlu khawatir karena didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari keberadaan warung makan yang berjualan di sekitar pantai, toilet umum dan kamar mandi di pinggir pantai.

Pengelola pantai cantik ini juga telah menyediakan tempat penyewaan peralatan renang bagi pengunjung. Dengan begitu, Anda akan bisa berwisata dengan lebih nyaman dan menyenangkan di pantai ini.

Itulah ulasan bagus pantai Ide mencolok di Luwu Timur dan bisa menjadi referensi tujuan liburan Anda selanjutnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button