Tempat wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi menawarkan panorama yang indah - WisataHits
Jawa Timur

Tempat wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi menawarkan panorama yang indah

Tempat wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi menawarkan panorama yang indah

Merdeka.com – Kebumen adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di utara, Kabupaten Wonosobo dan Purworejo di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Cilacap dan Banyumas di barat.

Untuk tempat wisata, Kebumen sama sekali tidak kalah dengan daerah lain. Tempat wisata di Kebumen ini memiliki banyak destinasi dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Mulai dari wisata pantai, air terjun, perbukitan hingga goa bisa Anda rasakan di Kebumen.

Artikel media Taboola

Jangan lewatkan keindahan dan keseruan menjelajahi tempat wisata di Kebumen selama berada di sana. Jika belum tahu harus mulai dari mana, berikut beberapa tempat wisata di Kebumen yang kami kutip dari situs liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Pantai Surumanis

Tempat wisata di Kebumen

hot.liputan6.com

Tempat wisata di Kebumen yang pertama adalah pantai Surumanis. Sarana wisata Kebumen ini terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah dan berbatasan dengan Desa Srati Kecamatan Ayah. Jika Anda menyukai petualangan yang menantang, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke Pantai Surumanis.

Medan untuk menuju pantai ini memang cukup ekstrim dan juga penuh tantangan. Jalurnya sempit dengan tanah licin berlumpur. Karena itulah, pantai ini jarang dikunjungi wisatawan. Jadi Anda bisa menikmati pantai ini layaknya pantai pribadi.

Pantai Menganti

Tempat wisata di Kebumen yang kedua adalah Pantai Menganti. Pantai ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai ini berada di kawasan perbukitan dengan tebing karst dan memiliki pasir putih yang menawan. Ombak tersebut biasanya digunakan untuk kegiatan selancar.

Daya tarik wisata ini terletak pada pasirnya yang putih dan warna laut yang biru dengan perbukitan yang hijau serta tebing yang menjulang tinggi. Pantai ini juga memiliki tebing besar di bagian barat yang disebut Tebing Bidadari.

Di musim hujan, Anda bisa melihat keindahan tebing-tebing ini dengan panorama empat air terjun yang mengalir dari ketinggian lebih dari 30 meter.

3 dari 4 halaman

Pantai Suwuk

Tempat wisata di Kebumen

hot.liputan6.com

Tempat wisata di Kebumen yang ketiga adalah Pantai Suwuk. Pantai ini terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Tempat wisata ini cukup mudah dijangkau, sehingga tak heran ramai dikunjungi wisatawan.

Di tempat ini Anda akan disuguhi pemandangan pegunungan di sisi barat dengan tiga bukit yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan pantai Karangbolong. Pantai ini juga memiliki gurun hitam yang luas ditemani tanaman pandan, udang cemara dan rerumputan.

Tidak hanya itu, tempat ini juga memiliki fasilitas lengkap dan wahana lainnya seperti mini zoo dan mini water boom.

Taman Petualangan Brujul

Tempat wisata di Kebumen yang keempat adalah Adventure Park Brujul. Dipenuhi pepohonan dan bebatuan, tempat ini cocok bagi Anda yang berjiwa petualang dan suka berbaur dengan alam. Tempat wisata kebumen ini juga Instagramable sehingga sangat cocok untuk mengisi media sosial Anda.

Untuk memasuki objek wisata yang terletak di Desa Peniron, Pejagoan, Kebumen ini, Anda hanya perlu membayar tiket yang cukup terjangkau. Begitu masuk Anda sudah bisa menikmati keindahan hutan pinus dan suasana alam yang masih asri.

4 dari 4 halaman

Gua Jatijajar

Tempat wisata di Kebumen

hot.liputan6.com

Tempat wisata di Kebumen yang kelima adalah Gua Jatijajar. Terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, gua ini terbuat dari batu kapur dan ditemukan oleh seorang petani bernama Jayamenawi.

Saat itu, Jayamenawi yang sedang memetik rumput terjatuh ke dalam lubang. Lubang tempat dia jatuh ternyata adalah lubang di langit-langit gua. Lubang ini berdiameter empat meter dan di bawah kira-kira 24 meter di permukaan tanah.

Benteng van der Wijck

Tempat wisata di Kebumen yang terakhir adalah Benteng Van Der Wijck. Bangunan yang menjadi benteng pertahanan Hindia Belanda ini dibangun sekitar abad ke-19 dan terletak di Kota Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, sekitar 300 m dari jalan raya Kebumen-Yogyakarta. Benteng ini merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Anda temukan di Jalur Pantai Selatan.

Nama Van Der Wijck berasal dari nama panglima yang kala itu memiliki karir yang cukup cemerlang dalam membungkam perlawanan rakyat Aceh. Pada awal pembangunannya, benteng ini bernama Fort Cochius (Fort Cochius) diambil dari nama seorang jenderal Belanda, Frans David Cochius (1787-1876), yang ditugaskan di kawasan Bagelen (salah satu kawasan pemukiman penduduk Kedu). ).

Saat berkunjung ke benteng ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan pemandangan bangunan bersejarah. Karena pemkot juga melengkapinya dengan tempat bermain anak seperti kincir angin, perahu angsa, mobil, dll. Jadi anda bisa mengajak keluarga terutama anak-anak untuk berwisata ke benteng ini.

(mdk/tangki)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Pasal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button