Gunung Sawal, sumber hayati fauna khas Jawa Barat, 9 macan tutul Jawa diamati dengan kamera - WisataHits
Jawa Barat

Gunung Sawal, sumber hayati fauna khas Jawa Barat, 9 macan tutul Jawa diamati dengan kamera

INSIDEN24.COM – Gunung Sawal memiliki nilai Konservasi Sumber Daya Alam Hayati (SDA) yang sangat tinggi sebagai situs flora dan fauna langka khas Jawa Barat.

Hal itu dibenarkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Dr. H Tatang, M.Pd, menghadiri seminar pengungkapan hasil Ekspedisi Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal selama 2 bulan.

Kegiatan ini dilakukan pada Senin (19/12/2022) oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat di aula Hotel Priangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Ada banyak habitat fauna (satwa) langka di kawasan Gunung Sawal, seperti Tutul Jawa, Black Panther, Meong Congkok, Kukang, Elang Belang dan lain-lain. Ada juga berbagai flora (tanaman) antara lain damarwood, seureuh, kaliandra, rasamala, jamuju, dan saninten. Itu yang harus kita jaga dan lestarikan,” ujarnya.

Baca Juga: Wisata Hawaii Van Java Itu Cukang Taneuh Pangandaran, Turis Malah Sebut Green Canyon Katanya Mirip

Menteri mengatakan ada dua faktor utama yang mempengaruhi ekosistem di Kabupaten Ciamis, yakni Kawasan Alam Gunung Sawal dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citanduy.

“Dua faktor inilah yang menjadi jantung dan denyut nadi Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sekda juga menyampaikan bahwa Cagar Alam Nusa Gede Panjalu merupakan salah satu kawasan ekologi Gunung Sawal. Situ Panjalu merupakan tempat penampungan air bagi kehidupan masyarakat.

Menurutnya, keduanya merupakan kawasan ekosistem yang saling mempengaruhi dan berperan penting bagi konservasi, khususnya di Kabupaten Ciamis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button