15 wisata banjarnegara hits dan terpopuler, seru dan menarik untuk dikunjungi - WisataHits
Jawa Tengah

15 wisata banjarnegara hits dan terpopuler, seru dan menarik untuk dikunjungi

15 wisata banjarnegara hits dan terpopuler, seru dan menarik untuk dikunjungi

15 wisata banjarnegara hits dan terpopuler, seru dan menarik untuk dikunjungi
Pariwisata Banjarnegara. © 2022 Merdeka.com/wisatacomplete.com

Merdeka.com – Wisata Banjarnegara yang hits dan terpopuler ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati oleh masyarakat. Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki pesona alam yang indah dan beberapa tempat wisata yang sangat mengesankan

Banjarnegara memiliki tempat wisata yang keren seperti budaya, situs sejarah, wisata alam atau sekedar tempat untuk berfoto bersama keluarga. Dengan banyaknya tempat wisata di Banjarnegara, tidak heran jika tempat ini bisa menarik banyak orang.

Artikel media taboola

Berikut Merdeka.com rangkum beberapa tempat wisata Banjarnegara terpopuler dan wajib dikunjungi, dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

1. Air terjun Pitu

Wisata Banjarnegara yang paling populer untuk dikunjungi adalah Curug Pitu. Curug pitu terletak di Kemiri, Sigaluh, Kemiri, Banjarnegara. Tempat ini menawarkan pemandangan indah air terjun yang menyejukkan mata. Air terjun ini disebut pitu atau tujuh karena sungainya terdiri dari tujuh tingkat.

2. Candi Arjuna

di Banjarnegara

©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Kedua, wisata Banjarnegara terpopuler yang wajib Anda kunjungi adalah Candi Arjuna. Pura ini merupakan pura peninggalan masa lalu, cocok sebagai tempat relaksasi sekaligus belajar. Candi ini terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Pura ini memiliki pemandangan yang indah.

3. Kawah Sikidang Dieng

7 Wisata Dieng Populer & Menarik Penuh Destinasi Alam yang Mempesona

©2020 Merdeka.com

Wisata Banjarnegara selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Kawah Sikidang Dieng. Kawah ini memiliki pemandangan yang sangat bagus. Selain pemandangannya yang indah, yang membuat kawah ini banyak dikunjungi pengunjung adalah karena kawah Sikidang sangat mudah dijangkau. Kawah ini terletak di Desa Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

4. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka bisa menjadi tujuan wisata populer di Banjarnegara. Kawah aktif ini terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah ini erat kaitannya dengan tokoh pewayangan Gatot Kaca.

Meski kawah ini aktif, Anda tidak perlu khawatir karena tidak terlalu berbahaya dan membosankan. Situs ini cukup luas untuk menjamin bahwa Anda dapat melihat sumber daya alam lainnya seperti solfatara (gas belerang) dari dekat dari sudut yang berbeda.

Hal ini tentunya membuat kawah ini menjadi daya tarik tersendiri dan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke kawah ini.

3 dari 5 halaman

5. Tumpang Banjarnegara Wada

Wisata Banjarnegara yang bertemu dan berbeda dari wisata sebelumnya adalah Wada Tumpang Banjarnegara. Tempat ini merupakan tempat yang berbau mistis karena konon dapat memberikan kekuatan gaib kepada pengunjungnya. Tempat wisata ini terletak di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Prefektur Banjarnegara.

6. Gunung Lanang

Wisata Banjarnegara yang datang selanjutnya adalah Gunung Lanang. Situs ini terletak di Desa Masaran, Kecamatan Bawang, Kabupaten Jawa Tengah. Uniknya, sama seperti wisata sebelumnya, wisata ini penuh dengan dunia mistis. Namun selain hal mistis, tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah.

7. Kawah Dieng Sileri

Wisata Banjarnegara terdekat adalah Kawah Sileri Dieng. Kawah ini terletak di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah ini tidak hanya indah untuk difoto tetapi juga memiliki cerita unik di balik namanya. Kata “Sileri” disematkan karena air di kawah ini berwarna abu-abu menyerupai air cucian beras.

8. Air Terjun Sikopel

Selain itu, Curug Sikopel merupakan wisata Banjarnegara yang wajib dikunjungi dan dikunjungi. Air Terjun Sikopel terletak di Desa Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara.

Menurut mitos, siapa pun yang mandi di air terjun ini dengan alirannya harus awet muda. Selain itu, air terjun ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah.

4 dari 5 halaman

9. Danau Merdada

Selain itu, wisata Banjarnegara yang bisa Anda kunjungi adalah Telaga Merdada. Tempat ini terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Diyakini danau ini merupakan kawasan kaldera bekas letusan gunung berapi yang tergenang air. Tempat ini masih sangat asri dan disekitarnya banyak terdapat persawahan milik warga.

10. Waduk Mrica

Selain itu, wisata Banjarnegara yang tak kalah indahnya adalah Waduk Mrica. Waduk ini terletak di Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara. Mrica Reservoir merupakan reservoir buatan terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, waduk ini juga memiliki pemandangan yang memanjakan mata.

11. Taman Air Mata Air Panas D’Qiano

Salah satu tempat wisata paling populer di Banjarnegara adalah D’Qiano Hot Spring Waterpark.

Terletak di Desa Kepakisan, Kecamatan Bantur, Dieng, Kabupaten Banjarnegara. Tempat wisata ini merupakan pemandian air panas alami karena airnya berasal langsung dari Aliran Sileri Dieng.

12. Bukit Situk Asmara

Wisata Banjarnegara selanjutnya yang akan datang adalah Bukit Asmara Situk. Gundukan ini terletak di Dusun I, Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara. Bukit ini merupakan bukit Instagrammable yang menawarkan pemandangan romantis untuk dinikmati oleh semua pengunjung.

5 dari 5 halaman

13. Taman Sepeda Bukit Rumpit

Selain itu, bagi Anda yang menyukai olahraga khususnya bersepeda, Bukit Rumpit Bike Park mungkin cocok untuk Anda. Taman Sepeda Bukit Rumpit punya banyak spot keren yang instagramable.

Taman Sepeda Bukit Rumpit bisa menjadi wisata banjarnegara yang hits dan sayang untuk dilewatkan. Situs ini terletak di Krajan, Salamerta, Kabupaten Mandiraja.

14. Taman Serayu

Tempat wisata populer di Banjarnegara ini terletak di Seruling Mas, Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Tempat wisata ini cocok sebagai tempat bermain permainan air bersama keluarga. Di sini juga ada kolam arus yang bisa menambah keseruan bermain air di Taman Serayu.

15. Candi Bima

Terakhir, tempat wisata di Banjarnegara yang populer dan menarik adalah Candi Bima. Tempat wisata ini memiliki nuansa sejarah yang sangat kental.

Candi ini memiliki bangunan arsitektur yang dipugar pada tahun 2012. Corak candi ini sangat mirip dengan candi-candi di India dan berbeda dengan beberapa candi di Dieng.

[mff]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button