15 Tempat Wisata Wajo Paling Populer dan Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

15 Tempat Wisata Wajo Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

Pemandangan & Tengara di Wajo – Jika Anda tidak memiliki rencana untuk menghabiskan liburan Anda, Anda bisa datang langsung ke Wajo. Berbagai tempat menarik dan unik bisa Anda temukan di tempat ini yang bisa menghilangkan kebosanan Anda. Tak hanya itu, wisata sejarah hingga wisata kekinian pun bisa ditemukan dengan mudah. Tak heran banyak orang yang mencari deretan tempat wisata di Kabupaten Wajo.

Kota yang menyandang julukan Bumi Lammaddukkeleng ini juga dikenal sebagai kota sutra. Bukan tanpa alasan karena di tempat ini Anda bisa menemukan banyak produsen sutra dengan kualitas yang sangat bagus, terutama sutra Bugis.

Kabupaten yang memiliki luas lebih dari 2.056 km2 ini ternyata memiliki sederet kunjungan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut tempat wisata di Kabupaten Wajo yang bisa anda kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Wajo

Berikut ulasan Wisataseru.com rekomendasi tempat wisata di Wajo yang layak untuk dikunjungi:

1. Danau Tempe

Danau TempeDanau Tempe

Lokasi : Desa Salotengnga, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Landmark utama Kabupaten Wajo adalah Danau Tempe. Wisata alam ini ternyata menjadi salah satu wisata andalan Wajo. Di sini, Anda akan disuguhi beberapa keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bagi Anda yang ingin melihat keindahan tempat ini, Anda bisa menyewa perahu.

Tidak hanya pemandangan alam yang indah yang disuguhkan, bagi Anda yang datang dari luar kota tidak perlu khawatir karena tempat ini juga memiliki penginapan yang bisa Anda sewa. Jika tertarik, Anda bisa datang ke Desa Salotengnga, Kecamatan Sabbangparu.

2. Bukit Kalola Wajo

Bukit Kalola Wajo via Instagram.com @jabalnarziscoBukit Kalola Wajo via Instagram.com @jabalnarzisco

Lokasi : Desa Sogi, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Ada lagi panorama menarik yang bisa Anda temukan di Wajo, yaitu Bukit Kalola Wajo. Walaupun tempat ini tidak sepopuler tempat wisata lainnya, tempat ini juga wajib untuk dikunjungi. Bukan tanpa alasan karena pemandangan yang disajikan di tempat ini sangat indah. Cocok untuk menunjang aktivitas fotografi Anda.

Jika Anda tertarik berkunjung ke sini, maka datang saja ke Desa Sogi, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo. Segera persiapkan liburan seru Anda.

Kunjungi juga: 25 tempat wisata di bulukumba

3. Air Terjun Sumpang Puli

Air Terjun Sumpang Puli via TribunnewsAir Terjun Sumpang Puli via Tribunnews

Lokasi: Bekkae, Awo, Kec. Keira, Kab. Wajo

Jika ingin melihat pesona yang dimiliki Sulawesi Selatan berupa air terjun, maka datanglah ke Air Terjun Sumpang Puli. Ini adalah air terjun yang terletak di tengah Pegunungan Keera yang menampilkan pesona alam yang luar biasa.

Lokasi ini sendiri sangat cocok bagi Anda yang mencari kedamaian dan ketenangan jauh dari pusat kota. Pemandangan indah di sekitarnya dijamin membuat semua orang betah berada di sini. Jika Anda tertarik untuk datang ke sini, Anda bisa langsung menuju ke desa Awo, tepatnya di kecamatan Keera.

4. Situs Tosora Wajo

Website Tosora Wajo via Mharissiah.blogspotcomWebsite Tosora Wajo via Mharissiah.blogspot.com

Lokasi : Desa Tosora, Kecamatan Majaleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Tempat wisata di kabupaten Wajo ini merupakan sirkuit yang kaya akan sejarah yaitu situs Tosora Wajo. Ini adalah situs warisan sejarah serta artefak arkeologi. Berbagai hal bisa Anda temukan di tempat ini, mulai dari area makam hingga masjid.

Tempat ini konon dibangun sejak tahun 1621 M dan masih bertahan hingga sekarang. Nah, jika Anda datang ke sini, Anda harus mengikuti aturan tempat ini juga. Situs Tosora Wajo terletak di Desa Tosora, tepatnya di Kecamatan Majaleng, Kabupaten Wajo.

5. Rumah Tradisional Atakkae

Rumah Tradisional AtakkaeRumah Tradisional Atakkae

Lokasi : Desa Atakkae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Masih ada tempat wisata lain di Kabupaten Wajo yang akan memberikan pengalaman wisata terbaik untuk Anda, yaitu rumah adat Attakkae. Di tempat ini, Anda akan menemukan salah satu rumah adat terbesar yaitu rumah adat Saoraja Tenri Bali yang memiliki 101 tiang penyangga. Setiap tiang itu sendiri memiliki berat hingga 2 ton.

Apalagi di tempat ini juga terdapat arena balap jalanan yang sangat populer di kalangan anak muda. Anda juga bisa melakukan aktivitas fotografi dengan latar belakang rumah adat Wajo. Tempat wisata ini sendiri terletak di desa Atakkae, tepatnya di kecamatan Tempe-Wajo.

Kunjungi juga: 21 Tempat Wisata di Pinrang

6. Saoraja Mallangga

Saoraja MallanggaSaoraja Mallangga

Lokasi : Jl.Poros Anabanua – Sengkang No.55, Lapongkoda, Kec. Tempe, Kab. Wajo

Saoraja Mallangga pada mulanya merupakan rumah raja yang memiliki fungsi berbeda, yaitu digunakan sebagai museum untuk menyimpan deretan artefak sejarah. Beberapa koleksi di museum ini adalah peninggalan dan benda-benda replika.

Jika ingin ke sini, bisa langsung menuju Jalan Ahmad Yani, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo.

7. Desa Sutra Pakkana

Desa Sutra Pakkana melalui JumardanmDesa Sutra Pakkana melalui Jumardanm

Lokasi : Pakkana, Kec. Tanah Sitolo, Kab. Wajo

Tak heran jika kabupaten ini terkenal sebagai tempat produksi sutra. Karena Anda dapat menemukan tempat pembuatan sutra terbaik di sini. Salah satunya adalah di desa sutra Pakanna.

Tempat ini sendiri merupakan tempat paling populer untuk menanam murbei dan ulat sutera. Di sini Anda juga dapat mempelajari cara mengubah kepompong menjadi benang. Jika tertarik, Anda bisa datang ke Sempannge, Desa Pakkana.

8. Masjid Darussalam Belawa

Masjid Darussalam Belawa via Instagram.com @ahdulaziz23Masjid Darussalam Belawa via Instagram.com @ahdulaziz23

Lokasi : Masjid Jl. Meng Belawa, Lepangeng, Wajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Di Sulawesi Selatan ternyata ada juga masjid yang sangat populer dan cocok dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Ya, itu adalah masjid yang dibanggakan oleh masyarakat Belawa dan Anda dapat menambahkannya ke buku harian liburan Anda.

Masjid yang dibangun sejak tahun 1947 ini memiliki desain arsitektur yang sangat indah dimana akan terdapat menara berbentuk unik. Jika ingin mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Wajo ini, datanglah ke Jalan Masjid Meng Belawa.

9. Pool Syariah NBS

Pool Syariah NBS via TribunnewsPool Syariah NBS via Tribunnews

Lokasi: Desa Lempong, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Kolam Renang Syariah NBS merupakan tempat wisata yang terletak di Telaga Biru dan merupakan salah satu fasilitas milik santri Pondok Pesantren Nurmilad dan juga terbuka untuk umum. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin berenang sambil membuka aurat.

Tempat wisata ini sendiri berada di area persawahan, sehingga pemandangan yang ditampilkan juga sangat indah. Lokasinya berada di Desa Lempong, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo.

10. Kolam Kalola

Kolam Kalola via Wikipedia - Hal yang dapat dilakukan di WajoKolam Kalola melalui Wikipedia

Lokasi : Desa Kalola, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Selain Kolam Renang Syariah NBS, masih ada tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi yaitu Kolam Kalola. Bagi Anda yang berkunjung ke Wajo bersama anak-anak. Maka tempat ini sangat ramah anak.

Tak hanya itu, pesona yang dimiliki tempat wisata ini juga sangat indah dan asri membuat semua orang betah berada di sini. Jika tertarik, Anda bisa menuju ke Desa Kalola, Kecamatan Maniangpajo-Wajo.

Kunjungi juga: 28 Tempat Wisata di Maroso

11. Allangkanangnge

Allangkanangnge via Passompeugi.blogspotcom - Tempat Wisata di WajoAllangkanangnge via Passompeugi.blogspot.com

Lokasi: Sarepão, Kec. Paman, Kab. Wajo

Objek wisata ini memiliki nilai yang cukup tinggi dan dikatakan sebagai Istana We Cudai. Apalagi tempat ini juga dikenal sebagai pusat istana kerajaan Cina hingga namanya berubah menjadi Pammana.

Tempat ini juga cocok untuk kegiatan fotografi Anda. Jika berminat bisa datang ke Desa Sarepao, We Cudai, Kecamatan Pammana.

12. Makam Puang Massora

Makam Puang Massora via Wisata Wajo - Tempat Wisata di WajoMakam Puang Massora via Wisata Wajo

Lokasi : Sogi, Kec. Maniangpajo, Kab. Wajo

Rekomendasi wisata religi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Makam Puang Massora yang terletak di Sogi, Kecamatan Maniangpajo.

Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan dari luar Wajo sering mengunjungi Makam Puang Massora untuk berziarah atau belajar tentang sejarah Wajo di masa lalu.

13. Situs Geddonge

Website Geddonge via Facebook Monginsidi.DJ - Tempat Wisata di WajoWebsite Geddonge melalui Facebook Monginsidi.DJ

Lokasi: Simpursia, Kec. Paman, Kab. Wajo

Tempat wisata sejarah di Wajo yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah situs Geddongnge yang sudah ada sejak tahun 1818 pada masa pemerintahan Arung Matoa La Salewangeng.

Di situs Geddonge, Anda dapat menemukan berbagai artefak sejarah, mulai dari senjata perang hingga pusaka Datu Pammana.

Di situs Geddonge Anda bisa melihat benda-benda bersejarah yaitu batu Allantikeng yaitu batu peresmian, di situs ini Anda juga bisa melihat pohon ara atau aju yang sedang tumbuh akar sehingga terlihat cukup menyeramkan.

Tidak hanya artefak sejarah, di situs Geddonge Anda juga bisa melihat beberapa makam raja-raja di masa lalu, antara lain Petta Datu Balla Tinggi di Petta Karaeng Andi Mappepole.

14. Masjid Agung Umm Qura

Masjid Raya Ummul Qura via Asadiyahcentral - Tempat Wisata di WajoMasjid Agung Ummul Qura via Asadiyahcentral

Lokasi : Jl.Masjid Agung, Sengkang, Kec. Tempe, Kab. Wajo

Selain itu, Wisataseru.com juga merekomendasikan Masjid Raya Ummul Qura sebagai destinasi wisata religi.

Lokasi masjid ini bersebelahan dengan Lapangan Sengkang Merdeka. Masjid kebanggaan masyarakat Wajo ini memiliki arsitektur yang sangat menawan, sayang untuk dilewatkan.

Masjid Raya Ummul Qura sendiri sudah berdiri sejak tahun 1964 dan Presiden Soekarno menjadi petugas peletakan batu pertama untuk pembangunan masjid ini.

15. Makam Pahlawan Nasional La Maddukulleng

Makam Pahlawan Nasional La Maddukulleng via Fajar - Tempat Wisata di WajoMakam Pahlawan Nasional La Maddukulleng via Fajar

Lokasi: Siengkang, Kec Tempe, Kab. Wajo

Rekomendasi tempat wisata religi di Wajo sekaligus penutup wisata kita adalah Makam Pahlawan Nasional La Maddukulleng yang terletak di sebelah selatan Lapangan Merdeka Ibu Kota Sengkang.

Selain sebagai tempat wisata religi, Makam Pahlawan Nasional La Maddukulleng juga merupakan wisata sejarah yang sangat terkenal di Wajo, pasalnya disini anda bisa melihat makam pahlawan Kabupaten Wajo.

Penutupan

Demikian ulasan tempat wisata di Kabupaten Wajo yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan anda. Jika Anda belum merencanakan liburan ke mana, datanglah ke Kabupaten Wajo ini.

Kunjungi juga: 26 tempat wisata di Tana Toraja

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button