Pantai Tongaci, Pesona Pantai Indah dan Eksotis di Bangka - WisataHits
wisatahits

Pantai Tongaci, Pesona Pantai Indah dan Eksotis di Bangka

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Jl.Laut, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Pantai Tongaci merupakan destinasi wisata pantai yang direkomendasikan di Pulau Bangka. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dengan pohon kelapa dan laut biru yang bersih, tetapi tidak memiliki batu-batu granit yang biasanya mendominasi pantai Bangka Belitung. Meski begitu, ketiadaan batuan granit tidak mengurangi keindahannya.

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini, Anda berada di kawasan konservasi yang dikelola oleh Yayasan Tukik Babel. Dengan cara ini Anda bisa melihat budaya tukik atau anakan penyu. Ada juga banyak kolam yang berisi penyu hijau atau Chelonia Midas dan penyu sisik atau Eretmochelys Imbricata.

Pantai Tongaci tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, Anda juga bisa menemukan tempat-tempat yang instagramable jika masuk ke museum Garuda yang memiliki banyak koleksi seperti artefak gerabah, foto-foto dari zaman penjajahan Belanda dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mengunjungi De Locomotief yang menjadi icon pantai ini.

Atraksi Pantai Tongaci

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps fariz nabil

Pantai yang indah ini memiliki banyak daya tarik, sehingga tidak heran jika menjadi tempat wisata yang direkomendasikan jika Anda berada di Bangka. Anda akan menjalani banyak pengalaman baru yang akan membuat liburan Anda berkesan dan tak terlupakan. Berikut beberapa objek wisata yang menjadikan pantai ini sebagai rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi.

1. Keindahan pantai

Meski tidak terdapat bebatuan granit di pantainya, namun keindahan pantai yang disajikan memiliki daya tarik tersendiri. Pantai berpasir putih ini juga memiliki laut yang biru jernih. Lingkungan di sekitar pantai juga sangat bersih dan tidak ada sampah berserakan yang menghalangi pandangan.

Pepohonan kelapa di sekitar pantai juga menambah rindang suasana dan memberikan tampilan pantai yang sangat khas. Pantainya juga sangat nyaman. Pengunjung dapat bersantai di area tersebut. Apalagi jika Anda datang pada sore hari. Keindahan sunset di kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri. Pengunjung bisa duduk santai dan menyejukkan diri ditemani sunset yang indah.

2. Penangkaran penyu

Pantai Tongaci juga cukup terkenal dengan penangkaran penyu yang dikelola oleh Yayasan Babel Tukik. Penangkaran ini memiliki lokasi khusus untuk mengerami telur penyu. Setelah menetas, pengunjung dapat melihat tukik atau bayi penyu berenang-renang sebelum dikembalikan ke alam liar setelah mencapai satu tahun.

Di penangkaran ini juga terdapat kolam apung dan kolam dengan penyu hijau dan penyu sisik dengan ukuran yang berbeda. Jika Anda beruntung, Anda akan mendengar bunyi bip yang menunjukkan waktu makan penyu. Penangkaran ini sangat cocok untuk anak-anak sebagai kunjungan edukasi untuk mengetahui betapa pentingnya melestarikan hewan langka.

3. Museum Garuda

Pantai ini juga menawarkan wisata sejarah yang bisa dikunjungi pengunjung yaitu Museum Garuda. Ada banyak koleksi benda kuno serta artefak tembikar di museum ini. Di museum ini, pengunjung juga bisa melihat koleksi barang antik dari peninggalan dinasti Cina. Beberapa benda seperti piring, mangkuk, serta alat komunikasi kuno.

Museum ini juga akan memberikan wawasan baru kepada pengunjung tentang sejarah awal kedatangan suku Hakka di Pulau Bangka Belitung. Tidak hanya itu, Anda juga memiliki karya-karya seniman yang ditampilkan dengan cara yang sangat menarik. Sayangnya, museum yang buka setiap hari ini hanya bisa dikunjungi hingga pukul 21:00 WIB.

4. Perpustakaan Garuda

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps Yolanda Salsabila

Selain museum, ada juga perpustakaan Garuda. Perpustakaan mini ini terbuka untuk umum dan banyak dikunjungi wisatawan. Koleksi buku di perpustakaan ini dapat dibaca oleh pengunjung sambil bersantai. Koleksi buku yang paling menarik adalah buku sejarah. Sama halnya dengan Museum Garuda, perpustakaan ini hanya buka hingga pukul 21.00 WIB.

5. Lokomotif Bangka

Selain menjadi ikon, De Locomotief Bangka juga menjadi daya tarik yang menarik banyak pengunjung ke Pantai Tongaci. Sebenarnya tempat ini merupakan restoran yang menyajikan makanan laut dan sangat terkenal di Bangka Belitung karena keunikannya. Selain menyajikan makanan, ada juga banyak spot foto menarik.

Saat Anda memasuki kawasan ini, Anda akan disuguhkan dengan payung tradisional China yang digantung di pelaminan sehingga terlihat indah dan sangat bagus sebagai spot foto. Ada juga patung yang berbentuk sekelompok prajurit yang sedang berbaris. Dan pada malam hari, pengunjung dapat melihat penduduk setempat membuat kerajinan tangan.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps Sally Halim

Pantai Tongaci terletak di Sungailiat, Bangka. Tidak jauh dari pantai ini, ada juga pantai lain yang bisa Anda kunjungi, yaitu pantai Matras yang jaraknya hanya 3 kilometer. Untuk itinerary sendiri, jika anda berada di kota Pangkalpinang bisa menuju ke Jl.Happy. Kemudian Anda bisa menuju ke Sungailiat Belinyu dan kemudian ke kawasan Sinar Baru. Ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di lokasi.

Untuk liburan pantai, biaya masuknya tidak terlalu mahal. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Sedangkan jika ingin melihat penyu cukup membayar Rp 5.000, museum Garuda juga dikenakan harga tiket Rp 25.000 dan saat memasuki kawasan De Locomotief harga tiket masuknya hanya Rp 20.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tongaci

Aktivitas Seru di Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps Edwin Daniel Olsa

Anda bisa melakukan aktivitas menarik dan menyenangkan jika berlibur di Pantai Tongaci. Kegiatan yang seru akan membuat liburan Anda tidak membosankan dan meninggalkan kesan. Dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, Anda juga bisa menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

1. Nikmati pantai

Berada di kawasan pantai ini, Anda bisa menikmati keindahan pantai yang menawarkan pemandangan eksotis. Anda bisa merendam kaki di air laut yang sejuk atau sekadar duduk-duduk di bebatuan granit. Pantai ini bisa menjadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

2. Ambil gambar

Dengan banyaknya spot foto yang menarik dan unik, sayang untuk melewatkan aktivitas yang satu ini. Apalagi jika datang ke wisata De Locomotief yang menampilkan banyak spot instagramable yang memang banyak diburu oleh para pecinta fotografi atau anak muda yang suka mencari spot unik dan kekinian untuk diunggah ke media sosial seperti Instagram.

3. Lihat bayi baru lahir

Aktivitas menarik di Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps Anca Kencana

Anda juga dapat melihat bayi yang baru lahir, terutama jika Anda bersama anak-anak. Selain bersenang-senang, anak-anak juga akan disadarkan akan pentingnya menjaga alam dan melindungi satwa langka. Beberapa pengunjung mungkin mendengar tanda program pemberian makan bayi baru lahir. Jika tidak, Anda dapat melihat bayi penyu dengan berbagai ukuran berenang di sekitarnya.

4. Kunjungan bersejarah

Tidak hanya pantai, Anda juga bisa berwisata sejarah di kawasan Pantai Tongaci. Dengan mengunjungi Museum Garuda atau Perpustakaan Garuda, nantinya Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang sejarah. Selain itu, sangat jelas bahwa sejarah tidak boleh dilupakan. Museum dan perpustakaan ini juga menawarkan spot foto yang bagus untuk para pecinta fotografi.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps Henryco Marpaung

1. Kastil Ansell

Akomodasi ini berupa pondok kayu yang indah dengan kamar yang nyaman dan langsung menghadap pantai Tongaci. Lokasinya berada di kawasan penangkaran penyu. Untuk menuju Tongaci hanya membutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki. Tarif mulai dari Rp 600.000 per malam dengan fasilitas yang memadai dan akan memanjakan Anda.

2. Hotel dan Resor Pantai Parai

Hostel ini memiliki akses langsung ke pantai yang indah ini. Hanya membutuhkan waktu 10 menit dengan mobil, Anda akan sampai di Tongaci. Ada juga kolam renang yang bisa digunakan oleh pengunjung. Dengan harga sewa Rp 600.000 per malam, Anda akan menikmati kamar yang nyaman dan pantai yang terasa seperti milik pribadi.

3. Pesona Hotel Teluk

Jika Anda datang dengan rombongan besar, Pesona Bay Hotel mungkin bisa menjadi rekomendasi tempat menginap Anda. Jaraknya hanya 20 menit dari Tongaci dan juga dekat dengan pantai-pantai lain yang menarik untuk dikunjungi. Dengan harga sewa Rp 700.000 per malam, Anda akan menikmati kamar yang nyaman dan fasilitas yang memadai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan wisataKredit gambar: Google Maps Maria Lutfisani

Pantai Tongaci memiliki fasilitas yang sangat memadai. Banyak fasilitas yang tersedia untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Tempat parkir tersedia dan cukup luas bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk dengan mudah memarkir kendaraan anda. Ada juga mushola untuk beribadah. Ada juga toilet.

Pantai ini juga menyediakan spot foto yang unik. Didesain dengan apik, tak heran jika banyak anak muda yang datang ke kawasan ini untuk berfoto. Spot foto yang disediakan juga beragam dan memiliki bentuk yang berbeda dan unik sehingga Anda tidak akan kehabisan background untuk memotret dengan kamera Anda.

Selain itu, restoran dan bar kafe juga tersedia. Jika tidak membawa bekal, tidak perlu bingung mencari tempat untuk mengisi perut. Dengan menu yang bisa dicoba, Anda juga tidak perlu membayar harga penuh.

Pantai Tongaci tidak hanya menyajikan pantai, tetapi juga tempat hiburan lainnya. Meski tidak memiliki bongkahan batu granit, berbeda dengan pantai-pantai di Bangka Belitung, keindahan alamnya tetap luar biasa. Spot lain juga bisa dikunjungi. Pantai ini memang akan menawarkan pilihan tempat wisata dengan banyak pilihan menarik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button