16 Tempat Wisata Paling Hits di Jepara 2022, Surga Tersembunyi di Pulau Jawa - WisataHits
Jawa Tengah

16 Tempat Wisata Paling Hits di Jepara 2022, Surga Tersembunyi di Pulau Jawa

1. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa merupakan rumah bagi berbagai keanekaragaman hayati yang dilindungi. Taman Nasional Karimunjawa adalah tempat perlindungan bagi rusa, trenggiling, landak, ular, bangau tong tong, elang laut dada putih dan wedi wedi. Tempat wisata di Jepara ini juga merupakan tempat konservasi biota laut seperti terumbu karang, bunga karang, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu hijau dan sisik, serta berbagai ikan hias.

Di Taman Nasional Karimunjawa juga terdapat sejumlah tumbuhan yang dilindungi, seperti Pohon Dewandaru, Pohon Kalimasada dan Pohon Stigi. Status taman nasional yang dimiliki oleh Karimunjawa menjadikannya sebagai tempat wisata edukasi yang menarik. Laut di sekitarnya yang merupakan tempat pelestarian berbagai biota laut, juga menjadi tempat yang menarik untuk menyelam atau snorkeling.

2. Pantai Kartini

Nama Pantai Kartini diambil dari nama RA Kartini, pemilihan nama ini dimaksudkan sebagai penghormatan kepada sosok emansipasi wanita yang turut mengharumkan nama Jepara. Dulu, Pantai Kartini digunakan sebagai tempat berenang oleh masyarakat sekitar. Air laut di Pantai Kartini konon bisa menghilangkan berbagai penyakit seperti rematik dan penyakit kulit.

Sebuah wahana edukasi dibangun di atas pantai seluas 3,5 hektar yang disebut Kura-kura Ocean Park. Sesuai dengan namanya, bangunan Turtle Ocean Park ini dibangun seperti penyu raksasa yang kemudian menjadi icon Pantai Kartini.

Turtle Ocean Park terdiri dari dua lantai, lantai pertama adalah akuarium taman bawah laut yang berisi berbagai spesies ikan laut seperti ikan dottyback, kakap, pari, hiu, penyu, penyu dan banyak lagi. Lantai dua Kura-Kura Ocean Park berbentuk Jepara Science Park, yang berisi informasi tentang ilmu pengetahuan alam.

3. Pantai Pngkruk

Dahulu kawasan Pantai Pungkruk dikenal sebagai kawasan Pantura yang banyak digunakan untuk pusat hiburan malam dewasa seperti kafe dan karaoke. Pada tahun 2015, pantai ini direvitalisasi menjadi pusat kuliner seafood khas Jepara. Ada beberapa resto yang tertata cukup rapi, ada juga yang sengaja dibangun menjorok ke laut sehingga seolah-olah berada di atas laut. Pantai Pungkruk juga dilengkapi dengan seluncuran air dan permainan pantai lainnya yang menarik untuk dicoba.

4. Pulau Panjang

Pulau Panjang adalah salah satu pulau di Kepulauan Karimunjawa. Long Island menjadi viral karena menawarkan keindahan untuk menyaingi Karimunjawa namun dengan harga yang lebih murah. Tempat wisata di Jepara ini menawarkan wisata snorkeling, pantai yang indah, camping seru dan ziarah ke Makam Wali.

5. Pantai Punuk Sapi

Pantai Sapi Punuk juga dikenal dengan nama Pantai Lemah Abang karena warna tanah di sekitarnya yang berwarna coklat kemerahan. Berbeda dengan pantai-pantai lain di Jepara yang sebagian besar terdiri dari pasir putih, Pantai Punuk Sapi memiliki pasir hitam.

Nama Pantai punuk Sapi berasal dari sebuah bukit yang menyerupai punuk sapi di tepi pantai. Pantai punuk sapi berada di ambang pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) pertama di Indonesia. Sayangnya, rencana tersebut tidak bisa dilaksanakan karena mendapat tentangan dari warga sekitar yang khawatir radiasi tersebut bisa berdampak negatif bagi mereka.

Source: hot.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button