Apakah Jogja atau Yogyakarta itu sama? : Wisata Okezone - WisataHits
Yogyakarta

Apakah Jogja atau Yogyakarta itu sama? : Wisata Okezone

Apakah Jogja atau Yogyakarta itu sama?  : Wisata Okezone

DAERAH Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata dan edukasi di Pulau Jawa. Yogyakarta memiliki beberapa julukan seperti Yogya, Jogja dan Jogjakarta.

Nama yang berbeda-beda tergantung pengucapan masing-masing orang dan daerah. Orang tua menyebutnya Ngayogyakarta sedangkan orang Jawa Timur dan Jawa Tengah menyebutnya Yogya atau Yojo.

Mengutip dari beberapa sumber mengatakan Yogya, Jogja, Jogjakarta atau Yogyakarta memiliki sedikit perbedaan.

Pada tahun 1755 Yogyakarta bernama Ngayogyakarta ketika Pangeran Mangkubumi, Sri Sultan Hamengku Buwono I mendirikan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Seiring berjalannya waktu, kata Ngayogyakarta diubah menjadi Yogyakarta dan diresmikan pada tahun 1949 sejak kemerdekaan dimulai. Sezaman dengan pernyataan Sri Sultan Hamengku Buwono IX bahwa Kerajaan telah menjadi bagian dari Republik Indonesia.

Nama Yogya merupakan singkatan dari nama Yogyakarta yang sering digunakan oleh masyarakat untuk memudahkan menamai kota ini.

Sementara nama Jogja merupakan penyebutan populer yang sering digunakan untuk daerah istimewa Yogyakarta, nama Jogja tidak hanya digunakan sebagai media iklan untuk perbaikan rumah.

Perbedaan Kota Yogyakarta dengan Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri adalah Kota Yogyakarta hanya merujuk pada kawasan perkotaan saja seperti Jalan Malioboro, Tugu Jogja, 0-KM Point, Pasar Beringharjo dan Keraton.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Tempat lain seperti UGM, UNY tidak terletak di kota Yogyakarta melainkan di Sleman. Begitu juga dengan ISI yang terletak di kota Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dan bukan merupakan bagian dari kota Yogyakarta.

Jika kota Yogyakarta ditetapkan menjadi bagian dari salah satu kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri merupakan daerah yang meliputi kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, dan Kulon Progo.

ilustrasi

Dari berbagai hal tersebut, Yogyakarta memiliki beragam nama.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button