Grojogan Pucung: Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Atraksi, Aktivitas Seru! - WisataHits
wisatahits

Grojogan Pucung: Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Atraksi, Aktivitas Seru!

Grojogan Pucung: Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Atraksi, Aktivitas Seru!

Grojogan Pucung – Bagi pecinta travelling, mengunjungi destinasi yang luar biasa adalah kepuasan batin tersendiri, ada kebanggaan tersendiri yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sekalipun destinasi berada di pulau terpencil, gunung terjal, di tengah alam liar, dan di puncak gunung bukanlah halangan.

Ada satu destinasi yang jarang diketahui orang, yaitu Grojogan Pucung yang terletak di Kabupaten Bantul.

Diantara sekian banyak tempat wisata di kabupaten Bantul, air terjun Grojogan Pucung tidak kalah indahnya, walaupun berada di tengah alam liar dan fasilitas yang minim, kondisi alamnya masih asri, airnya selalu sangat jernih, deras dan deras. Alirannya mantap karena berasal langsung dari sumber yang baik, di atasnya membuat mata terlihat damai dan tenteram.

Keindahan Grojogan Pucung via Spadepicnic.wordpresscomIndahnya Grojogan Pucung via Spadepicnic.wordpress.com

Bagi para penghobi fotografi juga sangat cocok jika ingin menghasilkan foto alam dengan rimbunnya pepohonan yang masih hijau menjadikan tempat ini sebagai lukisan pemandangan. Indahnya panorama Grojogan Pucung semakin indah dengan hadirnya air terjun bertingkat.

Di Grojogan Pucung terdapat beberapa air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda, yang paling tinggi sekitar 15 meter dengan air terjun yang melebar dan jatuh langsung ke bawah. Di bagian dasarnya juga terdapat kolam yang dapat digunakan sebagai tempat mandi dan berenang dengan diameter kolam kurang lebih 7 meter.

Kunjungi juga: Liburan Seru di Desa Wisata Tembi Bantul

Di Grojogan juga terdapat bebatuan kapur berukuran raksasa yang menambah keindahan tempat wisata ini.

Salah satu keunggulan tempat wisata ini adalah memiliki aliran air yang stabil sehingga memungkinkan Anda untuk mengunjunginya saat musim hujan dan kemarau.

Airnya juga sangat jernih dan sejuk sehingga cocok untuk wisata pemandian. Bagi wisatawan yang ragu untuk berenang, Anda bisa duduk di bebatuan sambil merendam kaki di dalam air

Grojogan pucung memiliki garis grojog yang saling berdekatan dan berjenjang serta memiliki kolam untuk setiap grojong dengan lebar dan kedalaman yang bervariasi, dengan pola yang cukup mirip dengan grojogan sewu.

Untuk menuju grojogan pucung kita harus menempuh jalan menanjak. Setelah 5 menit perjalanan anda akan menemukan sebuah grojogan yang tidak terlalu tinggi namun memiliki kolam renang dan sangat indah untuk berfoto. Selain itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan mencari 3-4 grojogan plus kedungnya.

Setelah berjalan 15 menit dari grojogan pucung paling bawah, anda akan menemukan grojogan tinggi yang dikelilingi tebing dengan luas yang tidak begitu besar karena berupa tebing melingkar, tingginya sekitar 8 meter dengan 2 aliran grojogan, dan memiliki kedung tapi tidak sebesar itu. dalam.

Grojogan Pucung – AtasGrojogan Atas via Spadepicnic.wordpress.com

Bagi anda yang ingin melakukan foto praweeding, anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar Grojogan Pucung karena selain air terjunnya yang indah, pemandangan sekitarnya juga sangat indah dan megah. Bagi anda pecinta selfie panorama ini juga bisa anda jadikan sebagai wallpaper karena pemandangannya sungguh menawan.

Artikel terkait: Liburan Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul Yogyakarta

Lokasi Grojongan Pucung

Lokasi Grojogan Pucung memang cukup jauh dari pusat kota Jogjakarta, namun tempatnya cukup mudah diakses oleh para pengunjung. Setelah berjalan kaki dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, anda dapat memarkir kendaraan anda. Setelah itu harus berjalan kaki karena medannya tidak memungkinkan dilalui kendaraan bermotor.

Setelah parkir pengunjung harus menempuh jalur menanjak, namun disinilah salah satu daya tariknya, karena perjalanan ini sangat menyenangkan dengan pemandangan alam yang indah, sehingga anda tidak merasa lelah sama sekali, hal ini akan semakin memacu adrenalin anda. dan anda akan semakin penasaran dengan keindahan grojogan ini.

Alamat Grojogan Pucung di Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pindong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu Grojogan + kedung One by Grojogan + kedung via Spadepicnic.wordpress.com

Jalan menuju Grojongan Pucung

Jarak dari Grojogan Pucung ke pusat kota Yogyakarta cukup jauh, sekitar 25,2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil.

Namun jalan menuju destinasi ini sangat mudah. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil jalur timur melalui jalan secodiningrat, setelah sampai di perempatan jalan ke selatan menuju jalan Brigjend Katamso, lalu lurus ke pertigaan arah barat menuju jalan Mayjend Sutoyo.

Sampai pertigaan, menuju ke selatan menuju jalan Parangkritis. Tiba di pertigaan, menuju ke selatan menuju Jalan Mangun Negoro, lalu ambil jalan lurus terus ke Pundong Expressway. Setelah itu Anda akan menemukan pertigaan, ke arah barat menuju Jalan Kretek Siluk, lalu ikuti jalan yang ada menuju Grojogan Pucung.

Kunjungi juga: Obyek wisata Gerbang Langit Dahromo yang lebih sukses

Harga Tiket Masuk Grojongan Pucung

Karena tempat wisata ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat sehingga belum ada harga resmi yang ditetapkan oleh pemerintah maka pengelolaan masih dilakukan oleh lembaga swadaya masyarakat khususnya para pemuda Karangtaruna dan masyarakat sekitar.

Jadi, untuk biaya penuh parkir dan tiket masuk, biasanya pengunjung menyumbangkan uang sepuasnya kepada para pemuda atau masyarakat yang membantu mengelola kawasan wisata ini secara swadaya.

Grojogan Pucung Seloharjo via MblosukGrojogan Seloharjo via Mblusuk

Fasilitas di Grojongan Pucung

Karena belum optimalnya campur tangan pemerintah dalam pengelolaan Grojogan Pucung, tempat wisata ini minim fasilitas. hanya ada kantor air terjun berundak yang dibangun oleh pemerintah setempat.

Selain itu fasilitasnya minim, hanya ada beberapa bangku bambu panjang untuk pengunjung duduk dan beristirahat, juga untuk soal MCK bisa menggunakan toilet warga sekitar. Meski terkesan tersembunyi, tempat wisata ini cukup terawat dengan adanya tong sampah yang ditempatkan di beberapa tempat.

Namun dengan segala keterbatasan fasilitas yang dimiliki Grojogan Seloharjo, akan terbayar dengan keindahan dan keasrian tempat wisata ini. Selain air terjun yang sejuk dan bersih, pemandangan yang bagus dan indah serta bebatuan kapur menambah eksotisme tempat ini.

Etika wisata alam

  1. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan
  2. Jagalah alam dengan tidak merusak alam
  3. Ikuti aturan dan ketentuan yang berlaku
  4. Jaga sikap dan sopan santun Anda

****

Demikian artikel tentang Grojogan pucung di kabupaten Bantul yang memiliki air terjun yang indah sejuk dan jernih dengan bebatuan kapur yang menambah keindahan alam sekitarnya. Bagi para pecinta travel, perjalanan anda belum lengkap jika belum mengunjungi destinasi eksotik ini, selamat datang dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo, Bantul

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button