10 pantai terindah di jambi yang wajib anda kunjungi - WisataHits
wisatahits

10 pantai terindah di jambi yang wajib anda kunjungi

10 pantai terindah di jambi yang wajib anda kunjungi

Ingin liburan yang menyenangkan? Itulah rekomendasi wisata pantai terindah di Jambi. Obyek wisata bahari yang populer, eksotis dan populer untuk dijelajahi saat liburan Anda di Jambi.

Pantai ini masih menjadi destinasi wisata seru yang sering dikunjungi untuk liburan keluarga. Sepertinya setiap kota di Indonesia memiliki beberapa destinasi pantai yang indah untuk dikunjungi, seperti Kota Jambi. Kota ini memiliki banyak pantai dengan pesona unik dan ramai pengunjung setiap musim liburan.

Anda bisa menemukan pantai-pantai yang memiliki pesona luar biasa dan layak untuk dijelajahi selama liburan. Berikut beberapa pantai indah di Jambi yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Koto Petai yang Indah

Pantai Koto Petai yang indahKredit gambar: Google Maps LG

Bagi warga Jambi pasti sudah mengenal pantai ini. Pantai Indah Koto Petai merupakan salah satu tempat wisata keluarga favorit dengan pemandangan yang menakjubkan. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan terutama di akhir pekan karena harga tiket yang terjangkau. Tempat wisata ini dikelola oleh pengelola BUMdes setempat sehingga sudah memiliki berbagai fasilitas yang lengkap.

Meski berada di tepi danau, kekhasan pantai ini adalah memiliki pasir putih yang sangat mirip dengan pantai-pantai di pesisir. Meski pantai ini tidak terlalu luas, pemandangan indah yang hadir di sana sangat menarik minat wisatawan, apalagi untuk dinikmati matahari terbenam. Ombak yang tenang aman bagi keluarga yang membawa anak-anak untuk bersenang-senang dan berlibur.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Koto Petai, Kec. Tanah Cogok, Kab. Kerinci, Jambi.

2. Pantai Tanjung Tanah yang berpasir panjang

Pantai berpasir panjang Tanjung TanahKredit gambar: Google Maps Azri Gunedi

Di Kabupaten Kerinci terdapat sebuah pantai unik yang berhadapan langsung dengan Danau Kerinci, yaitu Pantai Pasir Tanjung Tanah. Panorama alam atraksi yang disajikan sangat mempesona, wisatawan dapat melihat danau yang terbentang di kejauhan dan pemandangan perbukitan yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Sebelumnya, pantai ini merupakan tempat nelayan setempat menangkap ikan dan membuat kolam ikan.

Saat itu, tempat ini belum memiliki daya tarik dan “nilai jual” sebagai obyek wisata karena belum tersedianya akses jalan yang memadai. Saat ini Pantai Pasir Panjang dikelola oleh masyarakat setempat, sehingga beberapa fasilitas sudah tersedia, meskipun masih dalam tahap perencanaan. Fasilitas yang disediakan antara lain area memasak, kano, ayunan dan fasilitas pendukung lainnya.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tanjung Tanah, Kec. Danau Kerinci, Kab. Kerinci, Jambi.

3. Pantai Cemara

Pantai CemaraKredit gambar: Google Maps Mahendra Widiawan

Pantai Cemara merupakan destinasi wisata yang dapat menarik minat para pecinta burung. Karena pantai ini merupakan surga bagi burung migran dari Asia Timur dan Australia. Bathers dapat melihat fenomena ini terutama dari bulan Desember hingga Mei. Sekitar 26.000 burung akan datang ke pantai ini setiap tahunnya untuk mencari sumber makanan.

Selain pemandangan kawanan burung yang bermigrasi, Pantai Cemara memiliki pesona tersendiri. Hamparan pasir pantai ditambah dengan keberadaan pohon pinus membuat pemandangan pantai ini semakin menarik bagi wisatawan. Tak heran jika kawasan Pantai Cemara menjadi salah satu kawasan pesisir yang dilindungi sebagai kawasan ekosistem kritis.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sungai Cemara, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timor, Jambi.

4. Pantai Pasir Putih Angso Duo

Pantai pasir putih Angso DuoKredit gambar: Google Maps Yap Dharmananda

Seperti namanya, pantai pasir putih ini menarik wisatawan. Selain putih, pasir ini juga lembut saat disentuh. Air laut yang bersih dan ombak yang tenang sangat menarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Pemandangan sunset di atas pasir putih pantai Angso Duo sangat menawan. Saat langit berubah warna menjadi merah jingga, air laut yang terkena pantulan cahaya berubah warna menjadi keperakan.

Momen-momen seperti inilah yang ditunggu-tunggu wisatawan untuk berfoto. Untuk dapat menikmati suasana pantai di Pulau Angso Duo, pengunjung dapat melintasi Pantai Gandoriah dengan speedboat selama 10 hingga 15 menit. Pantai ini menawarkan berbagai fasilitas seperti warung-warung kecil, pengunjung bahkan bisa menikmati wahana banana boat yang asyik.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pasir Putih, Kec. Jambi Sud, Kota Jambi, Jambi.

5. Pantai Aur Duri

Pantai Aur DuriKredit gambar: Google Maps Hetri P. Anggara

Pantai Aur Duri merupakan objek wisata yang tergolong baru di Jambi. Meski baru, pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Setidaknya ratusan pengunjung datang ke pantai ini setiap harinya. Panorama alam yang indah dengan hamparan pasir yang luas serta pemandangan sunset yang indah menjadi magnet dan daya tarik tersendiri yang dimiliki pantai Aur Duri.

Tak heran jika pengunjung sering mengatakan “rasanya seperti Bali” saat berkunjung ke pantai ini. Di pantai ini juga terdapat area parkir dan area penjualan. Bagi yang suka berfoto jangan khawatir karena di pantai ini sudah ada beberapa zona foto yang di desain oleh para anak muda kreatif sehingga bisa membuat hasil foto menjadi menarik.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pencekik bawah, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

6. Pantai Laut Hitam

Pantai laut hitamKredit gambar: Google Maps Fison Madino

Sedangkan pantai pada umumnya memiliki pasir putih, namun pantai yang satu ini sangat berbeda dengan pantai ini. Karena pantai ini memiliki pasir hitam. Bukan berarti pemandangan dari pantai ini tidak kalah menawan dari pantai pasir putihnya. Hamparan pasir pantai yang luas akan berpadu dengan keindahan pemandangan alam yang akan membuat wisatawan semakin betah berlama-lama di pantai ini.

Jika beruntung, wisatawan bisa menyaksikan festival budaya masyarakat setempat yang digelar di pantai ini, yakni Festival Mandi Safar. Festival Safar adalah acara budaya yang dirayakan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Festival ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung dan wisatawan karena merupakan salah satu festival yang masih sangat kental dengan keunikan budaya dan tradisinya.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Air Hitam Laut, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timor, Jambi.

7. Pantai Lopak Aur

Pantai Lopak AurKredit gambar: Google Maps Habibullah Elsadat

Pantai dengan hamparan pasir yang luas ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain di kawasan Jambi. Pantai Lopak Aur banyak dikunjungi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di tengah aliran Sungai Batang Hari yang mengalir, terdapat bebatuan kecil yang melunakkan aliran sungai. Hamparan pasir yang luas di tengah sungai yang mengalir membuat pantai Lopak Alur menjadi pantai gurun yang terapung.

Di malam hari, banyak anak-anak bermain futsal di pantai ini. Anda juga akan menemukan situs menarik para pemancing mencari ikan laut dalam, dengan pemandangan air laut yang biru dan pasir yang luas, semua orang akan merasa nyaman di pantai ini. Belum lagi semilir angin sepoi-sepoi dapat memanjakan siapa saja yang berkunjung ke pantai ini dan menambah perasaan menyejukkan.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Lopak Aur, Kec. Pemyung, Kab. Batanghari, Jambi.

8. Pantai Pasir Putih Tanjung Jabung Barat

Pantai pasir putih Tanjung Jabung BaratKredit gambar: Facebook Jelajahi Lembata

Sebagai kawasan pesisir, destinasi wisata ini menjadi salah satu keistimewaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pantai pasir putih Tanjung Jabung Barat menawarkan pesona yang tak kalah menarik. Pantai ini berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Pantai berpasir putih ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang rindu pantai. Pantai ini juga memiliki daya tarik yang unik dan menyenangkan bagi wisatawan.

Kadang-kadang, pantai ini digunakan sebagai tempat diadakannya acara atau festival tertentu, antara lain festival peduli nelayan, lomba mancing, lomba pompong, dan masih banyak lagi. Untuk bisa mencapai tempat ini, wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Wisatawan dapat menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh 40 menit dari pusat kota. Setibanya, wisatawan langsung disambut hamparan pasir putih yang dikelilingi deretan pohon bakau.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Daerah. Tanjung Jabung Barat, Jambi.

9. Pantai Remau

Pantai RemauKredit gambar: Google Maps firson madino

Pantai Remau memiliki pantai yang luas dengan topografi yang landai. Pantai ini memiliki pasir hitam dan air laut berwarna coklat. Di pinggir pantai ini terdapat pohon pinus. Saat ini Pantai Remau dikelola oleh masyarakat setempat. Beberapa tahun terakhir, pemerintah desa telah membangun paviliun kecil di tepi pantai yang dapat digunakan wisatawan sebagai tempat singgah atau beristirahat.

Sayangnya, pantai ini belum begitu dikenal wisatawan dibandingkan dengan Pantai Cemara dan Pantai Babussalam. Namun, pantai ini sering dijadikan sebagai tempat liburan keluarga saat liburan tiba. Menyaksikan membludaknya jumlah wisatawan saat hari raya Idul Fitri dan Idhul Adha, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan pantai ini bersama keluarga.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Remau Baku Tuo, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur, Jambi.

10. Pantai Ancol

Pantai AncolKredit gambar: Google Maps Anton Maryadi

Tak hanya di Jakarta, Jambi juga memiliki Pantai Ancol. Pantai Ancol merupakan salah satu pilihan wisata pantai di Jambi. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati pemandangan yang sangat indah, terutama pada pagi dan sore hari. Sejak dibuka untuk umum tempat wisata ini pada awal tahun 2015 lalu, pantai Ancol selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal, terutama pada akhir pekan dan liburan sekolah. Di pantai ini sering diadakan event atau acara.

Acara ini seperti pertunjukan tur budaya untuk tamu kehormatan. Selain menikmati pemandangan yang indah, tempat ini juga menawarkan Pusat Jajan Selera Rakyat (Pujasera) yang menawarkan berbagai jenis makanan laut khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Untuk dapat mencapai tempat wisata ini, wisatawan dapat menempuh perjalanan selama 2 jam dari kota Jambi.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tungkal II, Kec. Tungkal Ilir, Kab. Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Saat Anda berwisata ke kota Jambi, Anda bisa memilih pantai yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Beberapa pantai di kota ini memiliki pesona yang cukup unik dan berbeda dengan pantai di kota lainnya. Tak hanya pemandangan alam sekitarnya yang indah, pantai-pantai Jambi kerap menggelar kegiatan dan festival yang masih kental dengan tradisi dan budaya yang sangat unik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button