Pantai Goa China, pantai terindah di Malang yang wajib kamu kunjungi - WisataHits
wisatahits

Pantai Goa China, pantai terindah di Malang yang wajib kamu kunjungi

Pantai Goa China, pantai terindah di Malang yang wajib kamu kunjungi

Pantai Goa Cina – Wajar jika Malang mendapat julukan kota wisata. Banyak sekali wisata yang bisa kita temukan di Malang. Beberapa waktu lalu kita telah membahas berbagai tempat wisata di Malang yang layak dikunjungi saat berlibur.

Artikel terkait: 28 tempat wisata di Batu Malang yang wajib dikunjungi

Selain terkenal dengan buah apelnya hingga mancanegara, Malang Raya juga dikenal memiliki pantai yang unik dan indah, sayang untuk dilewatkan. Nah, untuk wisata pantai yang bisa ditemukan di Malang ada sebuah pantai bernama Pantai Goa Cina.

Meski namanya China, sebenarnya pantai ini milik Indonesia. Jika kata pepatah, apa arti sebuah nama? Namun, arti nama itu sangat penting.

Wisata Pantai Goa China Malang

Keindahan Pantai Goa ChinaKeindahan Pantai Goa China

Nah kali ini Pemandangan yang menarik akan mengajak anda berlibur untuk melihat lebih dekat pantai yang memiliki keindahan dan pesona yang akan memikat semua orang. Seberapa indah pantai ini? Mari kita lihat uraian berikut ini:

Lokasi Pantai Goa China Malang

Kita mulai dulu dengan lokasinya. Pantai yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah ini terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari pusat kota jaraknya sekitar 75 km dan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam lebih untuk mencapai pantai ini.

Sejarah Wisata Goa China

Pantai ini dulunya bernama Pantai Rowo Indah. Namun konon karena meninggalnya seorang warga Tionghoa yang bertapa di gua sekitar pantai, Pantai Rowo Indah berganti nama menjadi Goa China. Dan pada akhirnya nama wisata Goa China ini dikenal wisatawan hingga saat ini.

Fasilitas wisata di Goa China

Beberapa kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan antara lain berkemah, berenang dan juga terdapat beberapa goa di kawasan pantai. Untuk berenang sangat disarankan untuk tidak berenang disini karena di Pantai Goa China ombaknya langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, sehingga ombak disini besar dan bergulung-gulung seram.

Tempat wisata di Malang sejak pertama kali dikenal di masyarakat, pantai ini juga telah dijadikan tempat bumi perkemahan berskala nasional yang juga memiliki lahan yang luas dan pesona pemandangan yang sangat eksotis.

Saat berkunjung ke Pantai Goa China, ada beberapa warung yang menjajakan banyak minuman dan makanan ringan penunjang perut. Mengenai catering berat memang ada disini, tapi hanya menjual beberapa menu saja.

Namun jika Anda termasuk orang yang kurang nyaman dengan satu atau dua menu yang mungkin tidak Anda sukai, membawa bekal sendiri akan lebih aman. Toilet yang memadai juga tersedia. Ada juga tempat parkir yang luas di sini.

Keindahan Pantai Goa ChinaKeindahan Pantai

Jalan menuju pantai

Dari kota Malang, Anda bisa langsung menuju Gadang. Nantinya sesampainya di perempatan Gadang, Anda bisa mengambil arah Bululawang – Turen – Sumbermanjing Wetan – Sitiarjo kemudian ikuti arah Pantai Sendang Biru. Jika Anda sudah sampai di pertigaan Sendang Biru, Anda bisa mengambil arah kanan menuju Pantai Goa China.

Selain itu, wisatawan juga bisa berwisata ke pantai Goa Cina ini. Wisatawan bisa menempuh perjalanan dari pantai Bajulmati, desa Gajahrejo, kecamatan Gedangan menuju pantai Goa Cina hanya dalam waktu sekitar 15 menit karena jarak kedua pantai tersebut hanya berjarak 7 km.

Akses sangat mudah jika melewati jalan lingkar selatan yang beraspal mulus. Dan tempat wisata di malang selatan ini tidak terlalu sulit ditemukan karena terdapat petunjuk arah dan rambu-rambu yang akan memandu pengunjung untuk menuju tempat wisata malang ini, namun harus berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok dan berada di sisi tebing.

Sebelum memasuki pantai Goa China kita akan melewati Jembatan Bajulmati yang berada di atas laut dengan jarak sekitar satu kilometer di sebelah timur jembatan terdapat pintu masuk menuju Pantai Goa China.

Sayangnya, akses dari jalan raya menuju Malang South Beach Tower cukup sulit, sekitar 500 meter jalan rusak parah. Jalannya sebenarnya cukup lebar, tapi karena jalannya tidak rata dan banyak bebatuan kapur. Apalagi saat hujan, jalanan cukup lembek dan licin.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa China

Oh iya untuk pengembangan objek wisata pantai ini agar lebih baik lagi, setiap wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini akan dikenakan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang dengan biaya parkir kendaraan roda dua sebesar 5 ribu rupiah dan kendaraan roda empat sebesar Rp 7.000.

Anda juga dapat menikmati pantai ini di waktu luang Anda dengan harga tiket. Disinilah anda akan melihat pesona alam pantai yang sangat indah.

Keunikan pantai

Pantai goa cina ini memiliki keunikan tersendiri, pantai ini memiliki ombak liar khas pantai yang berhadapan langsung dengan samudra hindia.

Namun ada yang spesial dari salah satu pantai selatan di Malang ini, meski berada di bagian selatan Pulau Jawa, namun bisa dinikmati dari pantai ini. Matahari terbit. Pokoknya agak heboh, apalagi kalau ada pesta barbeque di pantai ini sampai pagi.

Pantai Sunrise Goa China via Bisnis KiniSunrise melalui Bisnis Sekarang

Daya tarik lain dari pantai ini adalah gelombang air laut yang berfluktuasi ke tiga arah, yaitu selatan, timur, dan barat. Arus gelombang bertabrakan antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Karena arus gelombang begitu kuat, ia mengeluarkan gemuruh yang sangat keras.

Sebenarnya pantai ini tidak begitu luas, namun dengan tiga pulau yang berada di tengah pantai, pemandangannya semakin indah. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa di China dan Pulau Nyonya.

Dan di pantai ini sangat indah sekali, pepohonan dengan berbagai jenis tampak berjejer sempurna di area pantai. Pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung, terutama di tepian pantai yang cukup jernih untuk melihat bebatuan.

Kunjungi juga: 76 Tempat Makan Enak Di Malang, Referensi Wisata Kuliner

Goa Cina

Seperti yang telah disebutkan di atas, asal muasal nama pantai gua cina ini tidak terlepas dari pertapa cina yang meninggal di dalam gua sekitar pantai.

Nah, di sisi kanan pantai ini terdapat sebuah goa, untuk mengakses goa tersebut anda harus menaiki batu karang yang tidak terlalu tinggi. Di sebelah jalan menuju Goa terdapat spanduk yang menjelaskan legenda Goa China, yang menyebutkan seorang pertapa dari China yang bertapa di dalam gua selama bertahun-tahun dan akhirnya meninggal.

Gua tersebut hanyalah sebuah rongga yang menjorok sekitar 7-8 meter dengan ketinggian 2 meter. Harus disebut Goa, di dalamnya tidak terdapat batu stalaktit atau stalagmit, yaitu batu yang menonjol kuat dari atas goa atau dari sisi-sisinya. Gua ini lebih tepat disebut rongga di dalam batu. Dari tepi goa menuju pantai, pengunjung dapat melihat garis pantai serta terumbu karang yang terlihat dari air laut yang jernih.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami berikan kepada Anda Pantai di Goa Cina. Selamat berlibur di kota wisata Malang dan semoga informasi ini bermanfaat.

Juga jangan lewatkan: Daya Tarik Taman Selecta Batu Malang yang Menawan

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button