Situ Cipanten, Pesona Danau Wisata Super Bening di Majalengka - WisataHits
wisatahits

Situ Cipanten, Pesona Danau Wisata Super Bening di Majalengka

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-17.15 WIB Alamat: Jl.Gunung Kuning – Sindang, Gunung Kuning, Kec. Sindang, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Situ Cipanten dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Ini memiliki air hijau pirus yang jauh dari berawan. Wisatawan yang datang bisa berenang sambil bermain dengan gerombolan ikan yang menghuni danau cantik ini. Banyak pengunjung yang datang karena ingin melihat sendiri pemandangan yang dikenal indah oleh banyak orang.

Pemandangan alam tempat wisata menampilkan danau yang indah dan jernih, di sekitar danau dikelilingi oleh hutan rimbun yang hanya disuguhkan untuk wisatawan. Karena dikelilingi hutan rimbun, suhu udara di sekitar danau terasa sejuk dan asri. Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin bersantai sejenak sambil mengagumi keindahan ciptaannya.

Wisatawan yang berkunjung ke Situ Cipanten juga difasilitasi dengan fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang disediakan bertujuan untuk menunjang kenyamanan wisatawan sekaligus menarik lebih banyak pengunjung. Dari fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir, mushola dan fasilitas pendukung seperti wahana hiburan, spot foto untuk taman bermain juga tersedia di sini.

Tempat Wisata Cipanten Situ

Objek Wisata Danau CipantenKredit gambar: Twitter Informasi tentang Majalengka

Situ Cipanten merupakan telaga atau telaga yang indah dan eksotis. Danau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar daerah Majalengka. Banyak juga wisatawan yang datang dari luar daerah hanya untuk melihat keindahan yang tersaji dari danau ini. Berbagai atraksi yang dihadirkan juga menjadi faktor banyaknya pengunjung yang datang.

1. Warna air tunggal

Sebelumnya danau ini tidak banyak dikunjungi wisatawan karena kurangnya pengelolaan sehingga menimbulkan kesan angker yang melekat pada kawasan danau ini. Namun sejak tahun 1970 wisatawan mulai berdatangan saat danau ini mulai dibuka. Segera setelah itu, terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, salah satunya adalah warna air yang bisa berubah menjadi dua warna.

Warna air yang disuguhkan Situ Cipanten memiliki dua warna dalam dua musim. Saat musim kemarau tiba, warna airnya akan menjadi hijau tosca, sedangkan saat musim penghujan tiba, warna airnya akan menjadi biru cerah. Bukan hanya warna airnya saja yang menjadi daya tarik danau ini, namun kandungan airnya yang jernih juga menjadi keunggulan tersendiri.

Warna air yang bisa berubah-ubah setiap musimnya karena ada hubungannya dengan buih yang terbawa arus. Saat musim kemarau tiba, air yang dibawa dari hulu memiliki arus yang kecil sehingga buih tidak terbawa arus dan berubah menjadi hijau toska. Sedangkan jika musim hujan datang, air yang dibawa dari hulu dipastikan melimpah sehingga lumut akan hanyut karena airnya berwarna biru muda.

2. Dikelilingi oleh pepohonan yang sejuk

Biasanya sebuah danau terletak di tengah hutan atau dikelilingi banyak pepohonan. Mirip dengan Situ Cipanten, danau ini terletak di antara pepohonan pinus yang rimbun. Berkat pepohonan tersebut, pemandangan alam danau ini menjadi lebih indah dan menciptakan suasana tenang bagi para pengunjung yang datang.

Keberadaan pepohonan yang rimbun di sekitar danau disebabkan karena letak danau yang tidak jauh dari Hutan Lindung Pokek. Karena keberadaan danau yang tidak jauh dari hutan, maka wajar jika di sekitar danau banyak terdapat pepohonan yang rimbun. Meski terkesan agak angker, anggapan ini bisa dikagetkan dengan keindahan yang dihadirkan di sana.

Tak hanya itu, karena rimbunnya pepohonan berdampak baik bagi udara di sekitar danau, udara menjadi lebih sejuk dan terhindar dari polusi. Sangat cocok untuk bersantai sambil menyantap menu makanan di sini. Fasilitas yang disediakan lengkap serta gazebo dan warung makan. Tak heran jika banyak pengunjung yang betah berlama-lama di sini.

3. Spot foto dan wahana seru

Objek wisata yang dimiliki oleh Cipanten SituKredit gambar: Twitter Liaaaffff

Daya tarik lain dari Situ Cipanten yang indah ini adalah adanya spot foto menarik dan wahana mendebarkan yang bisa dinikmati pengunjung. Pemandangan danau yang tak perlu diragukan lagi akan terlihat lebih indah jika difoto jika dipadukan dengan berbagai spot foto yang menarik. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alam dan berfoto di sini.

Selain spot foto yang menarik, danau ini juga difasilitasi dengan berbagai wahana yang bisa digunakan untuk bermain atau sekedar berfoto. Wahana yang tersedia memang didesain khusus untuk para pengunjung yang datang. Wisatawan bisa menikmati berbagai wahana di sini. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin liburan keluarga karena wisata alam ini ramah anak.

Berbagai spot foto tersedia di sini, seperti jembatan cinta, platform berbentuk hati, hingga replika kapal Titanic. Banyak juga wisatawan yang datang untuk berfoto di spot-spot foto yang disediakan sebelum pernikahan. Tak hanya spot foto, wahana seru seperti perahu yang akan mengantar wisatawan melihat biota di danau dan juga bebek.

Alamat dan rute menuju lokasi Situ Cipanten

Alamat website CipantenKredit gambar: Twitter Temukan pria itu

Situ Cipanten merupakan salah satu destinasi wisata alam menakjubkan yang terletak di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Majalengka. Tempat wisata alam ini berjarak 16 km arah barat dari pusat kota Majalengka. Akses menuju destinasi wisata alam ini relatif mudah untuk dilintasi, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi danau air jernih ini adalah sekitar 30 menit jika Anda berangkat dari pusat kota Majalengka. Pada saat tanggal merah seperti libur sekolah atau libur kerja, jalan menuju ke sana akan sedikit macet, yang akan mempengaruhi waktu tempuh menuju lokasi. Banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan keindahan alam yang disuguhkan.

Untuk mengunjungi objek wisata ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Majalengka kemudian menuju Rajagaluh. Sesampainya di Rajagaluh, wisatawan harus berbelok ke desa Salagedang dan melanjutkan ke distrik Session. Setelah tiba dari distrik Session, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan hingga menemukan pintu berwarna putih bertuliskan “Selamat Datang”.

Bayangkan 30 menit dan jarak 16 km dari Majalengka, wisatawan bisa melihat sendiri kemegahan alam ciptaannya. Wisatawan dapat berkunjung bersama keluarga dengan mengendarai kendaraan roda dua atau empat. Sungguh, liburan di danau adalah pilihan yang sangat baik.

Harga Tiket Masuk Cipanten Majalengka

Alamat website CipantenKredit gambar: Google Maps Natalia Anggrarini

Seperti halnya tempat wisata lainnya, di pintu masuk kawasan wisata akan dikenakan biaya masuk. Begitu pula dengan objek wisata Situ Cipanten. Namun, wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir dengan biaya yang dikenakan yang terlalu mahal. Karena tempat wisata ini juga terkenal dengan harga tiket masuknya yang terjangkau.

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi objek wisata ini akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk biaya tiket motor wisatawan harus menyiapkan dana sebesar Rp 5.000 dan untuk biaya tiket mobil wisatawan harus mempersiapkan diri. dana Rp 10.000. Dengan tarif yang terjangkau, wisatawan yang datang sudah bisa menikmati keindahan tempat ini.

Kegiatan menarik dilakukan di Situ Cipanten

Kegiatan Cipanten SituKredit gambar: Google Maps Gustav Subagio

1. Nikmati keindahan danau

Situ Cipanten terkenal dengan panorama danaunya yang sangat indah. Mulai dari warna airnya yang memiliki dua warna dalam dua musim hingga airnya yang sangat jernih. Bahkan, wisatawan bisa melihat berbagai ikan kecil berenang di bebatuan di dasar danau. Kejenuhan air danau dicapai melalui kerjasama pengelola lokasi wisata dengan pengunjung yang datang untuk mentaati kebersihan.

Wisatawan bisa menyewa perahu atau berenang di air danau yang jernih sambil melihat berbagai biota ikan terombang-ambing di antara bebatuan. Wisatawan yang menaiki perahu juga dapat melihat berbagai ikan tanpa harus berenang, karena air danau yang jernih tidak akan menghalangi pandangan ke dasar danau.

2. Bersantai di bawah pohon

Meski tidak terlalu jauh dari kota Majalengka, tempat wisata alam ini masih asri karena di sekitar danau banyak terdapat pohon pinus yang berdiri kokoh. Udara di sekitar area danau dikenal sejuk oleh beberapa wisatawan yang datang. Tidak hanya itu, tempatnya yang bebas sampah juga menjadi salah satu faktor mengapa tempat wisata ini menjadi favorit.

Pengunjung bisa bersantai bersama keluarga di bawah rimbunnya pepohonan. Pengunjung juga dapat mencicipi berbagai makanan yang disajikan oleh beberapa warung makan di tepi danau. Untuk menambah pengalaman bersantap keluarga, beberapa gazebo telah disediakan untuk digunakan pengunjung untuk duduk dan bersantai sambil makan dengan pemandangan yang indah.

3. Berfoto dan jalan-jalan

Karena tempatnya yang indah, pengelola Situ Cipanten berinisiatif untuk menambah keindahan danau dengan beberapa spot foto yang menarik untuk dicoba pengunjung. Dengan adanya spot foto, pengunjung tidak perlu bingung memilih bidadari untuk berfoto. Wisatawan bisa berfoto dengan spot foto yang indah dan pemandangan danau yang indah.

Tak hanya spot foto, di sini juga ada beberapa wahana yang bisa dicoba wisatawan bersama keluarga. Seperti road boat yang akan membawa pengunjung ke tengah danau untuk melihat biota laut dari jernihnya air danau. Ada juga wahana bebek dan replika Titanic. Tak sedikit pengunjung yang memotret replika Titanic ini.

Fasilitas yang tersedia di Situ Cipanten Majalengka

Fasilitas di Situ CipantenKredit Gambar: Fotografer Freelance di Instagram

Tempat wisata yang memiliki fasilitas yang lengkap pasti akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Fasilitas yang tersedia lengkap juga berdampak pada pengunjung yang betah berlama-lama di wisata alam. Tanpa fasilitas yang lengkap, sebuah wisata alam tentu akan sepi pengunjung.

Seperti Situ Cipanten, danau ini memiliki fasilitas yang lengkap. Faktor kelengkapan ini adalah letaknya yang tidak jauh dari kota dan menjadi salah satu sumber perekonomian warga sekitar. Fasilitas di sana cukup lengkap, mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas pendukung. Fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, mushola, dll. Serta fasilitas pendukung seperti spot foto.

Itulah beberapa hal tentang Situ Cipanten yang telah dijelaskan di atas. Tempat wisata di Majalengka ini masih jauh dari kata sampah dan polusi. Lokasinya dikelilingi pepohonan yang rimbun, meski tidak begitu jauh dari kota, tempat wisata ini selalu bersih dan airnya selalu jernih. Tugas kita selanjutnya adalah menjaga kebersihan tempat wisata alam ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button