10 Kuliner Unik Khas Jawa Tengah yang Wajib Disantap Saat Traveling - WisataHits
Jawa Tengah

10 Kuliner Unik Khas Jawa Tengah yang Wajib Disantap Saat Traveling

Provinsi Jawa Tengah kaya akan budaya yang dilestarikan oleh masyarakatnya. Dari budaya inilah muncul keragaman kuliner masyarakat di setiap daerah.

Hidangan khas di setiap kabupaten dan kota di Jawa Tengah selalu tersaji dari dapur hingga meja makan setempat. Namun tidak hanya untuk santapan keluarga sehari-hari, para pebisnis juga menawarkan kelezatan kuliner ini untuk para wisatawan yang berkunjung.

Kamu yang kebetulan berkunjung ke Jawa Tengah jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang unik dan populer, ya. Jadi apa ini? Simak daftar kuliner khas Jawa Tengah yang wajib Anda santap saat berwisata ke provinsi Jawa Tengah.

1. Ikan Bandeng Presto

10 kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan wajib dikunjungi saat travelingKaryawan Bandeng Presto, Mina Makmur, memasak bandeng berduri lunak di kapal uap bertekanan tinggi. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Bandeng Presto adalah masakan khas Semarang. Ikan bandeng segar yang dimasak dalam panci presto hingga durinya empuk, sudah tersedia di toko-toko suvenir di ibu kota Jawa Tengah ini.

Ikan bandeng presto ini sering dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh.

2. Botok

10 kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan wajib dikunjungi saat travelingIlustrasi botok (instagram.com/yuliafoods)

Botok adalah masakan tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan cabai, garam, merica, kemangi dan daun salam. Adonan tersebut kemudian diletakkan di atas daun pisang kemudian dibungkus rapat dan diikat dengan lidi dan dikukus.

Kuliner khas ini kerap menjadi santapan warga Jawa Tengah untuk dicicipi.

Baca Juga: Bawa 200 Pembeli, Turis Tawarkan Potensi Kuliner di Jawa Tengah

3. Nasi Ayam

10 kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan wajib dikunjungi saat travelingNasi Ayam Bu Wido, Semarang. (instagram.com/mgdalenaf)

Nasi ayam merupakan salah satu makanan khas Semarang, Jawa Tengah. Hidangan ini mirip dengan nasi liwet dari Surakarta.

Penyajian nasi ayam ini terdiri dari nasi gurih yang dimasak dengan santan kemudian disajikan dengan suwiran ayam, sambal goreng labu siam, telur pindang, tahu bacem dan sambal opor.

4. Lontong Krubyuk

10 kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan wajib dikunjungi saat travelingPotret Kontong Krubyuk khas Jepara (Instagram.com/inainu.id)

Lontong Krubyuk adalah makanan khas Jepara. Hidangan ini terdiri dari lontong yang disajikan dengan suwiran ayam matang, lalu di atasnya diberi kuah bakso dan ditaburi campuran tauge setengah matang dan seledri cincang.

5. Sate Ambal

10 kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan wajib dikunjungi saat travelingFacebook

Sate Ambal ini berasal dari daerah Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Pakan spesial ini terbuat dari ayam kampung. Rendam ayam selama sekitar dua jam sebelum dipanggang agar dagingnya lebih enak. Kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari tempe giling, cabai dan rempah-rempah. Biasanya sate ambal disajikan dengan ketupat.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Kuliner Cilacap Lezat yang Wajib Dicoba

6. Jalan Solo

10 kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan wajib dikunjungi saat travelingIlustrasi jalanan solo (instagram.com/rini_kitchen)

Selat Solo adalah makanan khas dari Solo, Jawa Tengah. Hidangan ini merupakan kombinasi dari daging, bawang, kecap, garam, merica, gula, cuka, bawang merah, cengkeh, pala, telur rebus, mayones, dan sayuran seperti wortel, selada, kentang, dan kacang hijau.

Sayuran dan telur diletakkan di atas piring, kemudian daging diletakkan di atasnya dan kecap dituangkan di atas daging. Secara tradisional disajikan dengan beberapa mayones, hidangan ini dapat dikategorikan sebagai hidangan utama daging. saladdan sup.

7. Sate Bunter

10 kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan wajib dikunjungi saat travelingSate Buntel. (twitter.com/makannesia)

Sate Bommel adalah makanan khas solo yang ditemukan di warung pinggir jalan restoran ternama. Hidangan ini terdiri dari daging sapi cincang atau daging kambing yang kemudian dibungkus dengan lemak kulit dan dililitkan pada tusuk sate kemudian dibakar.

Ukuran sate ini cukup besar. Setelah dipanggang di atas arang, daging dipisahkan dari tusuk sate, dipotong-potong, lalu disajikan dengan kecap manis dan merica.

8. Bontosan

10 kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan wajib dikunjungi saat travelinginstagram.com/masera865

Bontosan adalah makanan khas Jepang. Hidangan ini terbuat dari ikan kerapu atau tenggiri yang dihaluskan, dicampur dengan tepung beras dan dibentuk menjadi gelendong, kemudian dibungkus dengan daun pisang atau plastik. Setelah itu direbus, lalu dipotong-potong tebal dan disajikan dengan saus atau kuah.

Bontosan sebenarnya adalah kerupuk ikan kering. Sekali lagi, makanan ini disajikan setelah digoreng hingga bagian luarnya garing dan berwarna cokelat keemasan.

9. Lari petis

10 kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan wajib dikunjungi saat travelingKambing Peti sedang berlari (instagram.com/inspirasipati)

Petis Runting adalah sejenis gulai khas kota Pati. Cukup kental, Kuah Petis Runting terbuat dari tepung beras yang dipanggang dengan daging dan tulang kambing, termasuk sumsum tulang.

Petis Runting dinikmati selagi hangat untuk menghindari penggumpalan sumsum tulang yang berminyak.

10. Asam Jawa

10 kuliner khas Jawa Tengah yang unik dan wajib dikunjungi saat travelingKuliner Brambang Asem Khas Solo di Pasar Gede. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Brambang Asam berasal dari Solo. Makanan khas ini terbuat dari daun ubi jalar yang diambil ujungnya untuk dijadikan bahan utama. Biasanya masyarakat Solo menyebutnya sebagai daun Jlegor. Hidangan ini disajikan dengan Tempe Gembus Bacem sebagai lauk.

Agar semakin nikmat, brambang masam ini disiram dengan sambal yang terbuat dari campuran bawang merah, cabai, asam jawa dan gula jawa. Menu ini menciptakan rasa manis dan pedas. Bawang merah, disebut brambang dalam bahasa Jawa, adalah asal mula nama makanan tersebut. ini, yaitu asam brambang.

Wah, makanan khas Jawa Tengah di atas benar-benar menggugah selera bukan? Apakah Anda penasaran untuk mencobanya? Jangan sampai ketinggalan kalau ke Jawa Tengah ya?

Baca Juga: Resep Popcorn Roti Karamel, Snack Roti Renyah yang Meleleh di Mulut

Source: jateng.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button