Lima Tempat Pemakaman Wali Songo Ternyata Ada di Jawa Timur, Berikut Detailnya - Solopos.com - WisataHits
Jawa Timur

Lima Tempat Pemakaman Wali Songo Ternyata Ada di Jawa Timur, Berikut Detailnya – Solopos.com

Lima Tempat Pemakaman Wali Songo Ternyata Ada di Jawa Timur, Berikut Detailnya – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Makam Sunan Bonang (Sumber: Liputan6.com)

Solopos.com, MADIUN — Umat ​​Islam di Indonesia tentu tidak asing lagi dengan Wali Songo. Wali Songo terdiri dari sembilan orang yang berperan penting dalam menyebarkan Islam di Indonesia, khususnya di Jawa. Sembilan Wali tersebut terdiri dari Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, dan Sunan Gunung Jati.

Lokasi makam sembilan wali tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sampai sekarang makam sembilan orang suci telah dikunjungi oleh umat Islam untuk ziarah. Dari sembilan Wali, lima dimakamkan di wilayah Jawa Timur. Setiap hari ribuan peziarah datang ke makam para wali ini.

Promosi Hyperlocal Tokopedia Meroket Penjualan Online Sebesar 147%

Berikut lima makam Wali di Jawa Timur:

Beriklan dengan kami

  1. Makam lampu lalu lintas Sunan

Sunan Ampel menjadi salah satu tokoh sentral dalam penyebaran Islam di Indonesia. Perannya yang besar dalam menyebarkan agama Islam membuat makam Sunan Ampel ramai dikunjungi para peziarah dari dalam dan luar negeri setiap harinya. Makam Sunan Ampel terletak di Jalan Ampel, Petukangan I, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Usai berziarah, pengunjung bisa mengunjungi Kampung Arab yang tak jauh dari makam. Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh di sana.

Masjid tertua di SurabayaKompleks Makam Cahaya Sunan di belakang Masjid Cahaya Sunan, Surabaya. (surabaya.go.id)

  1. Makam Sunan Giri

Sunan Giri menjadi salah satu wali Wali Songo yang berperan penting dalam perkembangan Islam di Indonesia. Sunan Giri wafat pada tahun 1506 M. Dilaporkan oleh disparekrafbudpora.gresikkab.go.id, Sunan Giri atau nama aslinya Raden Paku pernah menjadi raja bergelar Prabu Satmoto dan memerintah kerajaan Giri Kedaton pada tahun 1487-1506 M. Selain itu, Prabu Satmoto juga memerintah Gresik dan sekitarnya selama beberapa generasi. Selama ini makam Sunan Giri banyak dikunjungi sebagai tempat wisata religi. Makam Sunan Giri terletak di Jalan Sunan Giri, Dusun, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Makam Sunan Giri di Gresik, Jawa Timur.  (JIBI/Solopos/Antara/Abd. Malik Ibr.)Makam Sunan Giri di Gresik, Jawa Timur. (JIBI/Solopos/Antara/Abd. Malik Ibr.)

  1. Makam Sunan Drajat

Sunan Drajat yang bernama Raden Syarifuddin merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Diterbitkan oleh kablamongan.jdih.jatimprov.go.idSunan Drajat merupakan salah satu putera Sunan Ampel dan memiliki saudara yang juga sesama wali, yaitu Sunan Bonang.

Dalam khutbahnya, Sunan Drajat dikenal sebagai tokoh dalam menyebarkan Islam melalui kebudayaan. Hingga saat ini, makam Sunan Drajat menjadi tempat wisata religi yang terletak di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Pengunjung yang datang ke tempat ini tidak hanya ingin berziarah, tetapi juga ingin mempelajari sejarah perjuangan Sunan Drajat dalam penyebaran Islam di Nusantara.

Beriklan dengan kami

  1. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang terletak di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Wali bernama Maulana Makdum Ibrahim ini dikenal sebagai penyebar agama Islam dengan cara-cara artistik seperti wayang, alat musik gamelan dan sebagainya. Makam Sunan Bonang terletak di tiga lokasi berbeda. Namun makam aslinya diyakini berada di Kabupaten Tuban. Hal ini merujuk pada tempat Sunan wafat yaitu di Pulau Bawean. Artinya, meski sudah dimakamkan di Pulau Bawean, mahasiswa yang berada di Tuban mencuri dan mengangkut jenazah untuk kemudian dimakamkan di Tuban.

Karomah Sunan BonangSunan Bonan. (Facebook/Sunan Bonang)

  1. Makam Sunan Gresik

Sunan Gresik yang bernama Maulana Malik Ibrahim dikenal sebagai salah satu tokoh Wali Songo yang pertama kali menyebarkan agama Islam di Nusantara. Dilaporkan oleh disparekrafbudpora.gresikkab.go.idSunan Gresik datang ke Jawa untuk menyebarkan Islam pada zaman Majapahit sekitar tahun 1379 Masehi.

Sunan Gresik wafat pada tahun 1419 M dan dimakamkan di Jalan Malik Ibrahim, Desa Gapuro Sukolilo, Kota Gresik. Lokasi makam Sunan Gresik sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Bangunan makam Sunan Gresik memiliki ciri khas tersendiri dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Dilihat dari batu nisan dan gaya tulisan Arab yang terdapat pada makam tersebut.

Itulah lima tempat wisata religi Makam Wali Songo di Jawa Timur. Lima makam ini bisa Anda kunjungi dalam satu hari karena terletak di bagian utara Jawa Timur.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button