Wakil Menteri BUMN pantau progres pembangunan bus listrik INKA di Madiun - WisataHits
Jawa Tengah

Wakil Menteri BUMN pantau progres pembangunan bus listrik INKA di Madiun

Madiun (ANTARA) – Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo melihat progres pengerjaan bus listrik PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) E-Inobus yang akan digunakan dalam kegiatan G20 di Bali, sehingga dapat selesai tepat waktu.

Dalam kunjungan kerja ke INKA, Wakil Menteri Kartika dan rombongan juga mencoba mengendarai bus ramah lingkungan di Jalan Lingkar Kota Madiun.

Akselerasi dan kenyamanan suspensi E-Inobus bagus, bus juga kuat dan ringan serta telah lulus sertifikat ujian tipe (SUT).

“Bagus dari segi kenikmatan berkendara dan akselerasi. Suspensinya terasa nyaman, akselerasinya bagus, jadi tenaganya terasa kuat tapi ringan. Padahal syaratnya tidak boleh lebih dari 8 ton,” kata Wamenhub Kartika saat ditemui kunjungan ke PT INKA Madiun, Jawa Timur, Senin.

Bus listrik E-Inobus produksi INKA ini memiliki bobot 7 ton sehingga lolos sertifikasi Kementerian Perhubungan dengan bobot maksimal 8 ton.

Selain menghimbau INKA untuk mempercepat pengerjaan bus listrik, pihaknya juga mendorong terciptanya ekosistem hijau untuk manufaktur kendaraan dan peningkatan pangsa dalam negeri (TKDN).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kartika Wirjoatmodjo juga menyaksikan penandatanganan kerjasama antara PT INKA dengan PT VKTR Mobilitas Technology, anak usaha Grup Bakrie, untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) E-Inobus.

Saat ini, PT INKA sedang mengerjakan puluhan bus listrik yang akan digunakan untuk kegiatan internasional G20. Selain itu, bus listrik juga merupakan kerjasama dengan Perum Damri.

Mengerjakan bus listrik, INKA bekerjasama dengan puluhan perguruan tinggi di Indonesia memberikan kesempatan penelitian dan pengalaman kerja nyata kepada dosen dan mahasiswa terkait teknologi kendaraan listrik yang sangat dibutuhkan di masa depan.

Hal ini juga sebagai upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim akibat pemanasan global.

Selain itu, E-Inobus juga telah melakukan uji operasional di kawasan wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut berlangsung bersamaan dengan Pameran Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) dan peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Magelang pada 4 2022.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button