10 halte futuristik menjadi ikon transportasi baru Surabaya, menjadi spot foto saat menunggu bus - WisataHits
Jawa Timur

10 halte futuristik menjadi ikon transportasi baru Surabaya, menjadi spot foto saat menunggu bus

10 halte futuristik menjadi ikon transportasi baru Surabaya, menjadi spot foto saat menunggu bus

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya telah menyelesaikan pembangunan 10 terminal bus baru untuk tahun 2022. Mengusung tema futuristik, setiap halte bertujuan untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dalam menggunakan angkutan umum.

“Total 10 shelter darurat akan dibangun untuk tahun 2022 (konstruksi baru). Halte-halte ini akan dilewati bus Suroboyo,” kata Yudi Purnomo, Sub Koordinator Pembangunan Prasarana Transportasi Dishub Kota Surabaya, Senin (16/1/2022).

Setiap pemberhentian sebelumnya adalah halte bus atau halte bus. Situs ini tersebar di sejumlah jalan kayu, lokasi kantor dan fasilitas umum lainnya.

Misalnya halte bus di Jalan Urip Sumoharjo, halte Blauran, halte RS Bhayangkara dan Taman Pelangi. Sebelum halte di masing-masing kawasan tersebut menjadi halte, biasanya halte tersebut sering dikunjungi banyak penumpang.

“Pembangunan halte akan disesuaikan dengan demand (permintaan penumpang), sehingga ketika menjadi halte akan kami tambahkan sejumlah fasilitas untuk memberikan kemudahan bagi penumpang,” kata Yudi.

Setiap halte dilengkapi dengan gambaran rute bus Suroboyo, nama-nama lynx yang melewati halte menuju destinasi wisata di Surabaya. “Dengan peralatan ini, kami berharap penumpang yang akan datang dapat merasa lebih nyaman,” kata Yudi.

“Termasuk bagi wisatawan dari luar kota yang mungkin ingin berlibur ke tempat wisata dengan menggunakan angkutan umum. Di setiap halte, kami sudah menyiapkan alamat dan rute yang bisa dijadikan panduan,” imbuhnya.

Menariknya lagi, setiap halte dirancang dengan bentuk yang berbeda. Dibuat ikonik, masing-masing punya ciri khas tersendiri yang juga bisa menjadi spot foto penumpang saat menunggu bus.

“Desainnya memang menarik dengan tema minimalis dan futuristik. Tentunya dengan lebih tepat waktu, kami berharap penumpang lebih nyaman di halte dan bisa lebih sering menggunakan angkutan umum,” ujarnya.

Tahun ini, Dishub Surabaya menghitung kebutuhan halte baru. “Untuk pembangunan tahun ini, kami sesuaikan dengan budget. Saat ini sedang dihitung,” katanya.

Sebagai informasi, jumlah penumpang Bus Surabaya (SB) mencapai 1.611.415 orang pada 2022. Pada akhir tahun terjadi kecenderungan kenaikan hampir dua kali lipat dibandingkan awal tahun.

Sebagai perbandingan: Rata-rata jumlah penumpang pada triwulan pertama hanya sekitar 90.000 penumpang per bulan. Namun di awal kuartal ketiga, rata-rata jumlah penumpang naik menjadi 160.000 orang per bulan.

Suroboyo Bus sementara mengoperasikan tiga rute. Yakni Purabaya-Rajawali, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) – Terminal Osowilangon (TOW) dan Purabaya-Pringadi. *****

Daftar halte yang dibangun pada tahun 2022:
1. Taman Pelangi Jl. A.Jani
2. Halte Bus Jl Siwalankerto A.Jani
3. Halte Margorejo, Jl. A.Jani
4. Halte Urip Sumohardjo, Jl. Urip Sumoharjo
5. Stasiun Darmo Permai Jl. HR Muhammad
6. Halte Blauran, Jl. mesin bubut depan BG Junction
7. Stasiun Marmoyo
8. Pemberhentian rumah sakit. Bhayangkara
9. Halte Bus Bubutan Pirngadi
10. Halte Veteran (depan Bank Mandiri)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button