10 Fitur Hebat KAI Access Jadikan Perjalanan Lebih Mudah - WisataHits
Yogyakarta

10 Fitur Hebat KAI Access Jadikan Perjalanan Lebih Mudah

jakarta

Anda yang senang bepergian dengan kereta api pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pemesanan tiket KAI yaitu KAI Access. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk memesan tiket kereta api tetapi juga membantu pelanggan untuk mengakses layanan yang diberikan oleh KAI.

Lalu apa saja fitur unggulan dari aplikasi KAI Access?

1. Fungsi e-boarding pass, perubahan jadwal dan pembatalan tiket kereta api

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Dengan KAI Access, masyarakat tidak perlu lagi mengantri untuk mencetak boarding pass di stasiun kereta. Karena aplikasi ini memiliki fungsi e-boarding pass yang bisa digunakan mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengubah jadwal keberangkatan atau membatalkan tiket.

2. Pesan tiket kereta api lokal

Selain pemesanan tiket kereta api antarkota, KAI Access juga dapat memesan tiket transportasi lokal. Fitur ini cocok untuk Anda yang suka berpergian sehari-hari.

3. Informasi Layanan Grup KAI

Anda juga bisa menggunakan KAI Access untuk memesan makanan dan minuman serta naik kereta api. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses informasi pemesanan barang KAI Logistics dan informasi KRL.

4. KAIPay

Saat ini lebih mudah untuk membayar tiket kereta api dengan KAIPay. KAIPay juga dapat digunakan untuk membayar produk dan layanan di KAI Access. Jadi Anda tidak perlu berpindah aplikasi untuk melakukan transaksi pembayaran.

5. Isi ulang dan bayar tagihan

Jangan bingung jika Anda kehabisan pulsa atau paket data saat bepergian dengan kereta api. Anda bisa menggunakan fungsi di KAI Access untuk isi pulsa dan paket data. Nggak cuma itu, kamu bisa bayar koin listrik lho.

6. Mil pertama dan mile terakhir

Terdapat fitur First Mile dan Last Mile pada aplikasi KAI Access. Fitur layanan ini membantu pengguna yang ingin melanjutkan perjalanan dengan bus atau taksi dari stasiun kereta api atau sebaliknya.

7. Kereta penghubung

Connecting Train adalah fitur di KAI Access yang dapat memberikan pilihan untuk bepergian dengan kereta api dan menggabungkan jadwal.

8. Manfaat asuransi tambahan

Fitur ini dapat memberikan perlindungan tambahan saat bepergian dengan kereta api. Sehingga pengguna dapat melakukan perjalanan dengan tenang.

Meski demikian, KAI tetap menjadikan keselamatan lalu lintas kereta api sebagai tujuan utama.

9. Program Loyalitas Railpoint

Jika Anda adalah pengguna KAI Access yang sudah terdaftar sebagai anggota Railpoint, Anda akan mendapatkan poin untuk setiap pembelian tiket. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan tiket kereta api.

10. Hiburan di atas kapal

Baru-baru ini, KAI memperkenalkan fitur baru di KAI Access, Inflight Entertainment. Dengan layanan ini, pengguna kereta api dapat menikmati hiburan selama perjalanan yang dapat diakses melalui jaringan WiFi khusus.

Kini layanan ini dapat dinikmati di perjalanan KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp) dan akan diperluas pada perjalanan KA lainnya.

Namun, fitur hiburan dalam penerbangan hanya tersedia untuk pengguna Android untuk saat ini. Saat ini masih dalam pengembangan untuk pengguna iOS.

Joni Martinus, Vice President Public Relations KAI menjelaskan, rangkaian keunggulan inilah yang membuat aplikasi KAI Access diminati masyarakat. Menurutnya, sejak diluncurkan pada 2014 hingga September 2022, pengguna KAI Access mencapai 9.042.449 pengguna.

Dia menemukan bahwa pertumbuhan transaksi pemesanan tiket di KAI Access sejak pengurangan berbanding lurus dengan peningkatan KA yang dimiliki dan dioperasikan KAI.

“Semakin banyak kereta berjalan, semakin banyak transaksi yang terjadi. Selain itu, peraturan pemerintah terkait COVID-19 juga berdampak pada pembelian tiket kereta api, termasuk KAI Access. Seperti menghilangkan kapasitas tempat duduk di kereta api, kemudian regulasi tentang persyaratan vaksinasi,” katanya. Joni dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/10/2022).

Menurutnya, ke depan KAI akan terus mengembangkan aplikasi KAI Access guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengikuti perkembangan zaman.

“Pengembangan yang kami lakukan pada KAI Access ini merupakan bentuk inovasi berbasis digital,” ujarnya.

“Hal ini sesuai dengan harapan KAI yang ingin semakin memberikan kenyamanan bagi pelanggannya dalam menggunakan berbagai layanan yang tersedia. Semuanya menjadi mudah dengan KAI Access,” pungkas Joni.

(ga/ga)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button