Ziarah dan Lava Tour Merapi Tandai Tur Nasima Para Pendidik Merah Putih - WisataHits
Jawa Tengah

Ziarah dan Lava Tour Merapi Tandai Tur Nasima Para Pendidik Merah Putih

PORTAL PEKALONGAN – Lava Tour Merapi Tour dan Ziarah ke Makam Ulama dalam rangka Jelajah Pendidik Merah Putih (JPMP) Yayasan Pendidikan Islam Nasima Semarang (YPI) selama dua hari di Yogyakarta.

Mereka berziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren Krapyak di Dongkelan, Yogyakarta. Di tempat ini KH Muhammad Munawir dan KH Ali Maksum serta tokoh-tokoh lainnya dimakamkan.

KH Hanief Ismail Lc, Ketua Dewan Pembina YPI Nasima memimpin Tahlil dan doa bersama. “Saat ini kami mengunjungi ulama yang ahli Alquran dan ahli sains yang menjadi guru guru di Sekolah Nasima. Kami belajar Al Quran dari KH Arwani Kudus atau KH Turmudzi Kauman. Ia sama-sama mahasiswa KH Munawwir. KH Munawwir berguru kepada KH Sholeh Darat Semarang, Syaikhona Kholil Bangkalan dan sebagainya. Kami semakin yakin bahwa rantai keilmuan guru di Sekolah Nasima sangat jelas dan berjenjang hingga Nabi Muhammad SAW,” kata Kiai Hanief yang juga Rais Syuriyah dari PCNU Kota Semarang.

Baca Juga: Proyek Pipa Di Kota Lama Semarang Dimulai, Kabel Terendam Akan Dipindahkan ke Saluran Bawah Tanah

Perwakilan keluarga pengurus pondok pesantren Krapyak, Nyai Nur Hasanah Abdullah, menyambut rombongan dari pesantren Nasima di Pendapa Pengurus Makam.

Ketua Panitia TY Raharja SPd mengatakan Lava Tour Merapi Tour ini seru. Mengemudikan hampir seratus jeep, suasana kegembiraan bisa dirasakan. Setiap kali mereka singgah di daerah tempat terjadinya wabah puluhan tahun lalu, para pendidik berfoto selfie atau foto bersama. Salah satunya berfoto di depan bunker Kaliadem dengan latar belakang gurun Merapi.

Menurutnya, pelaksanaan JPMP kali ini terasa begitu istimewa karena para pendidik dan tenaga kependidikan YPI Nasima hampir tidak bisa berkumpul dan bersenang-senang setelah lebih dari dua tahun pandemi. Untuk membuat kemesraan dan kebersamaan terasa nyata kali ini.

Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr. Indarti MPd menjelaskan, peserta JPMP sebanyak 230 orang yang terdiri dari pengurus YPI Nasima, direksi, serta guru dan tenaga kependidikan Nasima KB-TK, SD, SMP dan SMA Nasima.

Jajaran Yayasan yang ikut dalam kegiatan tersebut antara lain Pendiri dan Anggota YPI Nasima, Hj Djumini Setyoadi SH MKn dan Dewi Nasima Skel MSc, Ketua Pembina YPI Nasima, KH Hanief Ismail Lc, Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr . Indarti MPd dan Wakil Ketua Pengurus YPI Nasima Ilyas Johari SPd MM. Kemudian ada Anggota Pembina YPI Nasima yaitu Dr. H. Najahan Musyafak MA, Dr. Hj Sri Dewanti Handayani MPd dan Dr. H. Nowo Susilo BA.

Source: portalpekalongan.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button