Danau Kembar, destinasi wisata alam yang menawan di Solok - WisataHits
wisatahits

Danau Kembar, destinasi wisata alam yang menawan di Solok

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Alahan Panjang, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Sumatera Barat yang dijuluki Kerajaan Minang memang tak ada habisnya jika membicarakan destinasi wisata. Kontur medan yang khusus memungkinkan untuk menemukan berbagai jenis keindahan alam di sini, apakah itu pegunungan, pantai, dan bahkan danau. Salah satu danau yang masuk dalam daftar teratas destinasi wisata di Sumatera Barat adalah Danau Kembar.

Seperti kata pepatah “mirip tapi tak sama”, begitu pula yang terjadi pada kedua danau ini. Danau Kembar Solok hanya dibatasi oleh sebuah bukit dengan lebar sekitar 300 meter. Keindahan alam yang disuguhkan danau ini mampu memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Udara sejuk juga sangat terasa di sekitar area danau.

Pemandangan yang disuguhkan di sekitar danau tidak kalah dengan danau-danau Eropa di sana. Danau ini menyuguhkan pemandangan perairan danau yang luas yang bisa dinikmati dari tepi danau. Di sepanjang tepi danau, pepohonan dan rerumputan hijau berjejer sehingga menciptakan kesan alami. Oleh karena itu cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

Atraksi Danau Kembar

Atraksi Danau KembarKredit gambar: Google Maps Rizky Hermanwan

Seperti namanya, danau cantik ini terletak di Solok, tepatnya di distrik Danau Kembar. Pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari Solok, tetapi juga banyak pengunjung yang datang dari luar daerah. Mulai dari keindahan pemandangan alam dan segarnya suasana, daya tariknya. Tak heran jika danau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

1. Ada kebun teh

Ingin terlihat berbeda dari kebanyakan danau. Twin Lakes juga menyuguhkan pemandangan kebun teh yang tentunya sangat indah. Lokasinya yang berada di perbukitan dengan suhu sekitar 14 hingga 16 derajat Celcius membuat teh tumbuh subur di sini. Sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang menyukai kesejukan.

Pohon teh yang membentang sejauh mata memandang juga memberikan udara segar. Tak jarang pengunjung betah berlama-lama di sini. Panorama hamparan kebun teh yang sangat luas dapat dilihat oleh pengunjung danau. Dengan demikian, pengunjung tidak hanya bisa merasakan keindahan danau, tetapi juga keindahan kebun teh seperti hamparan beludru hijau cerah.

2. Pepohonan yang indah di tepi danau

Daya tarik selanjutnya dari objek wisata tepi danau ini adalah adanya pepohonan indah yang berbatasan dengan danau. Letak danau yang dekat dengan perbukitan merupakan hal yang wajar jika di tepi danau ini terdapat pepohonan. Pepohonan yang tumbuh di sini menciptakan udara segar. Sehingga banyak wisatawan yang betah berlama-lama di danau ini.

Keberadaan pepohonan yang membatasi kedua danau kembar ini juga menjadi lahan ekonomi yang menjanjikan bagi masyarakat sekitar. Banyak orang memanfaatkan kesejukan pepohonan di sini dengan mendirikan berbagai warung makan. Wisatawan juga dapat menikmati sajian Solok di bawah pohon-pohon sejuk di tepi danau.

3. Pesona danau yang indah

Daya tarik lainnya adalah pesona danau yang indah. Wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir dengan pemandangan danau yang disuguhkan. Di setiap sudut danau ini terpancar keindahan yang seakan tiada tara. Bagi Anda yang berada di Solok, Anda wajib mengunjungi danau ini.

Danau ini terdiri dari dua danau yang dipisahkan oleh sebuah bukit. Danau pertama disebut Danau Atas sedangkan danau kedua disebut Danau Bawah. Di atas Danau memiliki kedalaman 44 meter sedangkan Danau Bawah memiliki kedalaman sekitar 800 meter. Namun jika alasannya karena keindahan panoramanya. Kedua danau ini tidak bisa dibandingkan, keduanya memiliki pemandangan yang indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Danau KembarKredit gambar: Google Maps Baihaqhi Hakim

Danau Kembar merupakan salah satu destinasi wisata alam berupa danau indah yang terletak di Solok, Sumatera Barat tepatnya di Alahan Panjang. Danau ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Padang. Akses jalan menuju destinasi wisata alam juga relatif mudah dinavigasi. Mengingat danau ini merupakan wisata alam pilihan, kebutuhan akan akses jalan tentu bisa dipermudah.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi danau dengan panorama indah ini adalah sekitar 1h30 jika Anda memulai dari pusat kota Padang. Wisatawan tidak perlu khawatir, dalam perjalanan menuju lokasi wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan yang tak kalah indahnya dengan panorama danau. Dengan demikian, wisatawan tidak akan bosan.

Pengunjung dapat memulai perjalanan dari kota Padang dengan naik bus menuju Alahan Panjang. Setelah bus berhenti di Pasar Simpang, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan naik ojek yang menyebutkan tujuan wisata. Jika wisatawan berada di jalur kanan, danau yang diprediksi adalah Danau Atas, sedangkan jika Anda berada di jalur kiri, danau yang diprediksi adalah Danau Bawah.

Dengan waktu 1,5 jam dan jarak tempuh 60 km, wisatawan tidak pernah patah semangat untuk mengunjungi keindahan danau ini. Karena banyak wisatawan yang tertarik melihat pesona indah danau ini. Perjalanan yang tidak membosankan karena disertai dengan pemandangan yang indah juga menjadi faktor mengapa banyak wisatawan yang ingin mengunjungi danau ini.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Twin LakesKredit gambar: Google Maps Indra Cahaya

Danau Kembar Solok adalah sebuah danau yang terletak 60 km dari pusat kota Padang, jarak ini cukup jauh untuk sebuah objek wisata. Waktu yang dibutuhkan cukup lama. Namun pernahkah Anda memikirkan biaya masuk ke objek wisata berbentuk danau ini? Mungkin sebagian orang akan menganggap harga yang fantastis mengingat panorama alam yang luar biasa.

Ternyata tempat wisata yang terletak di Solok ini bahkan tidak memungut biaya masuk bagi siapapun yang ingin mengunjunginya. Pemandangan danau yang indah, dilengkapi dengan pepohonan yang asri, serta atraksi tambahan berupa kebun teh dan tiket masuk gratis menjadi alasan mengapa objek wisata ini sangat dipuja. Tunggu apa lagi, yuk liburan kesini!

Kegiatan menarik untuk dilakukan di danau kembar

Aktivitas Danau KembarKredit Gambar: Saluran Google Maps Pak Su

1. Rasakan kesegaran kebun teh

Keberadaan kebun teh di dekat lokasi danau ini menjadi sesuatu yang istimewa. Sebelumnya, nama kebun teh ini sempat menuai kontroversi. Ada yang bilang namanya Kebun Teh Alahan Panjang karena terletak di Alahan Panjang. Ada juga yang mengatakan Twin Lakes Tea Gardens karena letaknya yang dekat dengan danau.

Terlepas dari kontroversi tersebut, kesegaran yang disuguhkan di kebun teh ini bisa dinikmati oleh wisatawan yang bersantai. Selain bersantai, wisatawan juga bisa berjalan-jalan menyusuri jalan setapak yang ditumbuhi pepohonan teh yang tersebar luas di sini. Selain itu, jika beruntung, wisatawan bisa melihat sendiri bagaimana proses pembuatan teh dimulai dari tahap pemetikan.

2. Lintasan di bukit yang memisahkan danau

Aktivitas tracking juga merupakan aktivitas yang termasuk dalam jenis olahraga. Jenis olahraga tracking ini sangat cocok untuk dipraktikkan di Indonesia, mengingat kontur medan dan banyaknya pegunungan dan perbukitan di Indonesia membuat aktivitas tracking cocok untuk dilakukan di negara kita. Serta kegiatan lanjutan yang bisa dilakukan wisatawan di bukit yang memisahkan danau ini.

Wisatawan bisa merasakan kesejukan pepohonan di bukit danau ini dengan mengikutinya. Biasanya, aktivitas lanjutan akan berkeringat dan melelahkan karena aktivitas yang membosankan. Berbeda halnya dengan disini, lokasi yang sejuk dan pemandangan yang sangat indah membuat siapapun yang tracking disini merasa puas. Peralatan pelacakan juga tersedia di sini.

3. Turun danau dengan perahu kecil

Panorama megah yang disuguhkan oleh Danau Kembar ini tentu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya. Wisatawan bisa duduk-duduk di tepi danau sambil dinaungi pepohonan yang indah. Makan makanan khas Solok sudah menjadi kegiatan yang wajib dicoba wisatawan di sini. Dengan pemandangan danau yang indah, Anda akan lebih betah berlama-lama di sini.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan danau dengan menaikinya menggunakan perahu kecil. Tidak perlu repot mendayung, karena disini akan ada petugas yang akan mengantar wisatawan ke tengah danau untuk melihat keindahan danau dari sudut lain. Dijamin, wisatawan akan merasa takjub dengan keindahannya!

Fasilitas yang tersedia di Twin Lakes

Fasilitas Danau KembarKredit gambar: Google Maps Silvana Maria

Fasilitas yang tersedia di danau cantik ini cukup lengkap dan memadai, meski lokasinya agak jauh dari pusat kota Padang.

Fasilitas seperti warung makan yang menyajikan makanan khas Solok, alat tracking hingga menuruni bukit tersedia di sini. Toilet sebagai fasilitas umum tentunya juga tersedia di sini.

Itulah beberapa hal menarik tentang Danau Kembar di Kabupaten Solok. Seolah tidak ada habisnya untuk membahas daya tarik dan segala aspek kecantikannya. Bagi Anda yang kebetulan sedang berada di Sumatera Barat, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Selain bisa melihat keindahan alamnya, fasilitas, wahana, dan harga tiket gratisnya juga dianggap sebagai tempat rekreasi yang bagus untuk keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button