Pulau Siberut, surga laut eksotis yang kaya pesona di Mentawai - WisataHits
wisatahits

Pulau Siberut, surga laut eksotis yang kaya pesona di Mentawai

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp95.000, Jam operasional: 07.00 – 18.00 WIB, Alamat: Daerah. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Siberut merupakan pulau terbesar dan terletak di titik paling utara Kepulauan Mentawai. Terletak 150 kilometer sebelah barat pulau Sumatera di Samudera Hindia. Pulau ini juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil lainnya seperti Karamaier dan Masokut di Selat Bungalaut yang terletak di sebelah selatan pulau.

Pulau yang menjadi tempat tinggal suku Mentawai ini juga telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Siberut sejak tahun 1993. Hal ini karena sebagian besar pulau ini merupakan hutan hujan. Pulau ini sendiri dikenal memiliki banyak primata. Beberapa primata tersebut antara lain bilou, lutung babi, lutung pulau pagai, dan lutung Mentawai.

Pulau Siberut berada di Samudera Hindia, sehingga ombaknya cukup unik. Di bagian selatan pulau, ombaknya cukup ganas. Sedangkan di bagian utara pulau, ombaknya cukup tenang. Alamnya yang masih alami menjadikan pulau ini ideal bagi pecinta petualangan. Pulau ini tidak hanya akan memberikan kesan yang mendalam tetapi juga pengalaman baru bagi para pengunjung yang datang.

Atraksi Pulau Siberut

Objek wisata milik pulau SiberutKredit Gambar: Facebook Jelajahi Indonesia

1. Taman Nasional

Pulau Siberut merupakan salah satu taman nasional yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfer yang berperan penting dalam menjaga dan menyeimbangkan biosfer global. Luas taman nasional ini sekitar 400.000 hektar dengan dominasi hutan hujan tropis. Di dalamnya terdapat banyak flora dan fauna endemik, juga terkenal dengan primata khas Mentawai.

Jika beruntung, pengunjung yang menelusuri taman wisata ini bisa melihat hewan endemik ini. Hutan hujan tropis dengan hewan endemik yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung yang datang untuk mencari dan mengamatinya.

2. Suku Mentawai

Salah satu daya tarik Pulau Siberut yang memikat adalah merupakan rumah bagi suku asli Mentawai yang hidup dari kearifan lokal mereka yang mempesona. Suku ini dipimpin oleh seorang kepala suku yang disebut Sikrei. Selain sebagai pemimpin kelompok, sikrei juga berperan sebagai dukun yang menangani ritual tertentu. Keunikan lainnya adalah suku ini tinggal bersama di sebuah rumah bernama Uma.

3. Pantai

Daya Tarik Pulau SiberutKredit gambar: Facebook Dedy Sakatsila

Pantai di pulau ini sangat indah. Pasirnya putih dengan air laut biru yang bersih. Ombaknya bervariasi sesuai dengan wilayah yang dikunjungi. Ada pantai yang ombaknya cukup tenang, namun ada juga yang ombaknya tinggi cocok untuk aktivitas selancar. Tak hanya pantainya, keindahan alam bawah lautnya pun tak kalah indah untuk di selami.

Pengunjung dapat menjelajahi pantai ke timur dan dari selatan ke tenggara. Di sepanjang pantai pasir putih yang panjang ini juga terdapat mangrove dan taman karang. Pengunjung juga dapat menemukan hewan-hewan menarik di sepanjang pantai seperti lumba-lumba, duyung dan tiga spesies penyu yang dilindungi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau SiberutKredit gambar: Google Maps Gustavo Pagano Santana

Pulau Siberut adalah salah satu Kepulauan Mentawai, sebelah barat Sumatera. Untuk sampai ke sana, hanya bisa diakses melalui jalur laut. Ada dua jenis kapal yang bisa Anda pilih untuk dilalui, yaitu menggunakan kapal ferry atau menggunakan speedboat. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

Jika Anda menggunakan feri Padang – Siberut, dibutuhkan waktu 10 hingga 12 jam. Sangat panjang, tapi cocok untuk backpacker karena tiketnya sangat murah. Kapal ini juga menawarkan dua kelas, yaitu kelas ekonomi dan kelas eksekutif. Kedua kelas tersebut memiliki harga yang berbeda dengan fasilitas yang berbeda.

Sedangkan fast boat dapat ditempuh hanya dalam waktu 2 jam. Untuk mengakses tiket dan keberangkatan bisa dilakukan di Muaro, Padang. Fasilitas kapal cukup lengkap, namun tentunya harga tiketnya akan jauh lebih mahal. Jika Anda mabuk laut jika terlalu lama berada di kapal, maka kapal ini bisa menjadi alternatif perjalanan Anda.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau SiberutKredit gambar: Google Maps Yusa Setiabudi

Jika Anda ingin mengunjungi pulau yang indah ini, Anda perlu menyiapkan dana untuk transportasi ke tempat tersebut. Ada dua perahu yang bisa Anda pilih untuk menyeberang ke kawasan pulau.

Jika menggunakan feri, harga tiket berkisar antara Rp 95.000 hingga Rp 135.000. Sedangkan tiket Fast Boat seharga Rp 250.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 300.000 untuk wisatawan asing.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pulau Siberut

Aktivitas di Pulau SiberutKredit gambar: Google Maps Matteo Bettocchi

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan jika berada di Pulau Siberut. Perjalanan Anda dijamin tidak akan membosankan. Ada banyak hal berkesan dan tak terlupakan yang akan Anda dapatkan jika menjelajah pulau terbesar di Kepulauan Mentawai ini. Rasakan pengalaman baru dengan mencoba beberapa aktivitas menarik di bawah ini.

1. Pelacakan

Jika Anda menyukai petualangan, Anda dapat mencoba melacak hutan hujan tropis. Keindahan yang memukau juga dikaitkan dengan flora dan fauna endemik yang mungkin Anda jumpai jika Anda beruntung. Di hutan ini kamu juga bisa menemukan gua dan air terjun yang pastinya seru untuk dijelajahi.

Air terjun yang berada di tengah hutan ini sangat sejuk, Anda bisa bermain air di bawahnya. Pepohonan di sekitarnya juga membuat udara menjadi sangat segar. Pemandangan alam yang masih alami sangat indah. Pengalaman bermain air tawar di alam terbuka yang dikelilingi pepohonan pasti akan membuat perawatan anda penat dan penat.

2. Wisata budaya

Berkunjung ke Pulau Siberut akan kurang menyenangkan jika belum melihat sendiri aktivitas masyarakat adat Mentawai. Anda juga bisa mencoba hidup dan hidup bersama suku Mentawai dengan segala kearifan lokalnya. Dengan cara ini, Anda juga bisa tinggal di Uma. Anda bisa memberikan rokok sebagai hadiah untuk menarik hati suku Mentawai.

3. Wisata Kuliner

Hidup dengan suku asli Mentawai, Anda juga harus mencoba makanan khas mereka. Makanan pokok suku Mentawai adalah sagu karena banyak tumbuh disana. Suku Mentawai biasanya mengolah sagu ini menjadi beberapa menu makanan seperti jeruk nipis, obuk, batra, anggau siboik-boik dan lain-lain yang bisa Anda cicipi.

4. Berselancar

Aktivitas di Pulau SiberutKredit gambar: Google Maps Osmar Rezende

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pengunjung, wisatawan lokal maupun mancanegara, adalah berselancar. Ombak pantai di beberapa daerah sangat cocok untuk kegiatan seru ini. Untuk itu, banyak hostel yang menawarkan fasilitas berupa peralatan selancar sehingga Anda tidak perlu repot membawa perlengkapan selancar.

5. Kunjungi pantai

Selain menjelajahi hutan, menjelajahi pantai-pantai di Pulau Siberut juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Pantai yang indah akan membuat Anda betah menghabiskan waktu. Selain itu, Anda dapat menemukan banyak hal seperti hutan bakau, taman karang, serta hewan menarik seperti lumba-lumba, duyung dan juga penyu langka yang dilindungi.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di sekitar Pulau SiberutKredit gambar: Google Maps Mentawai Surf Camp

1. Taman Bermain Resor Selancar

Hostel ini terletak di Katurei, barat daya Siberut. Hostel ini bernuansa alam, bangunannya menggunakan kayu dan dikelilingi pepohonan seperti pohon kelapa. Hostel ini juga tidak jauh dari pantai. Anda tidak hanya mendapatkan fasilitas yang memadai tetapi juga fasilitas hiburan seperti peralatan selancar.

2. Kamp Selancar Siberut

Hostel ini terletak di Siberut Selatan dengan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Juga cocok untuk turis asing karena staf multibahasa. Beberapa fasilitas tambahan untuk akomodasi ini seperti taman, tracking, serta peralatan snorkeling. Hostel ini juga menawarkan layanan antar-jemput bandara dengan biaya tambahan dan wisata area gratis.

3. Kamp Selancar Bintang

Terletak di selatan Seberut, hostel ini menawarkan beberapa pilihan kamar sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain memiliki fasilitas yang memadai, juga terdapat fasilitas tambahan seperti fasilitas hiburan, restoran, serta staf multibahasa, sehingga banyak juga pengunjung dari luar negeri.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di kawasan Pulau SiberutKredit gambar: Google Maps Sulis Ratnasari

Pulau Siberut merupakan salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi saat berlibur di Kepulauan Mentawai. Pengunjung datang tidak hanya dari wisatawan lokal tetapi juga dari mancanegara. Oleh karena itu, pulau ini juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk memudahkan terwujudnya berbagai aktivitas oleh para pengunjung.

Di sekitar pulau ini banyak terdapat pondok-pondok. Fasilitas akomodasi dan harga bervariasi sehingga dapat mengakomodir budget pengunjung. Hostel ini juga menyediakan berbagai fasilitas hiburan tambahan bagi para pengunjung seperti surfing dan snorkeling yang memang menjadi kegiatan favorit para pengunjung.

Untuk menuju pulau ini juga telah disiapkan transportasi bagi pengunjung. Kapal-kapal yang membawa Anda ke pulau ini memiliki jadwal sehingga pengunjung sangat perlu mengetahui jadwal pulau yang ingin mereka tuju. Selain itu, Anda juga dapat menemukan fasilitas kendaraan untuk bergerak di sekitar pulau untuk memudahkan petualangan pengunjung.

Pulau Siberut memiliki pemandangan yang indah dan layak menjadi destinasi jika Anda berada di Kepulauan Mentawai. Keindahan alam dan budaya yang mempesona akan meninggalkan kesan yang sangat mendalam bagi pengunjung. Petualangan di pulau ini juga sangat menyenangkan karena banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button