Yogyakarta menyiapkan paket wisata terpadu menjelang hari raya Nataru - WisataHits
Yogyakarta

Yogyakarta menyiapkan paket wisata terpadu menjelang hari raya Nataru

Yogyakarta menyiapkan paket wisata terpadu di lima kabupaten/kota.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan paket wisata terpadu untuk lima kabupaten/kota di provinsi tersebut guna menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023. Diharapkan tidak hanya fokus di pusat kota Yogyakarta seperti Malioboro, tapi bisa menyebar ke empat kabupaten dan satu kota,” ujar Bobby Ardiyanto, Ketua DPD GIPI DIY, Rabu (21/12/2022). di Yogyakarta.

Bobby yakin, kerja sama antar pemangku kepentingan pariwisata di lima kabupaten/kota akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di DIY yang masih rendah. Menurutnya, selama ini lama tinggal wisatawan di rumah do-it-yourself belum bisa mencapai dua hari atau rata-rata 1,5-1,7 hari.

“Melalui wisata ‘tailor-made’ di empat kabupaten/satu kota, wisatawan bisa menginap minimal tiga hari dua malam atau empat hari tiga malam, untungnya bisa lima hari empat malam,” ujarnya.

Ia mengatakan, lama tinggal menjadi konsentrasi para pemangku kepentingan pariwisata karena akan mempengaruhi tingkat pengeluaran wisatawan di Yogyakarta. “Sekarang kami tidak memikirkan berapa kunjungan, kami memikirkan tarif berapa menghabiskan uang (pengeluaran) oleh wisatawan di Yogyakarta,” kata Bobby.

Menurut Bobby, Pemkab Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Sleman, dan Kota Yogyakarta perlu meningkatkan sarana atau prasarana pendukung agar wisatawan mau tinggal lebih lama di daerahnya. Beberapa kabupaten, kata dia, sudah mulai memperkuat amenitas atau entitas penunjang seperti holiday village, homestay, hotel dan kemudian asosiasi juga memberikan dukungan agar kualitas pelayanan meningkat.

“Sekarang bukan waktunya untuk melakukannya sendiri. Lama tinggal wisatawan kita masih pendek, sehingga perlu kerja sama empat pemerintah dan satu kota,” ujarnya.

Sumber: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button