Rute menuju Gumuk Pasir Parangkusumo, di sebelah Pantai Parangtritis - WisataHits
Yogyakarta

Rute menuju Gumuk Pasir Parangkusumo, di sebelah Pantai Parangtritis

KOMPAS.com – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) rupanya memiliki tempat wisata yang menampilkan fenomena alam yang unik.

Obyek wisata tersebut adalah gumuk pasir Parangkusumo. Seperti namanya, tempat ini berupa bukit pasir yang menjulang tinggi di tepi laut.

Tampaknya ada turis di gurun pasir Timur Tengah. Gumuk Pasir Parangkusumo sebenarnya berada di Kabupaten Bantul.

Baca Juga: Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo, Tempat Prewedding Kaesang Erina

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini bertempat di Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Foto prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Gumuk Pasir Parangkusumo.Foto prewedding Instagram/@pemkabbantul Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Dari pusat kota Yogyakarta, jarak menuju Gumuk Pasir Parangkusumo sekitar 33 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Rute menuju Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini sebenarnya berada di sebelah barat Pantai Parangtritis yang sudah banyak diketahui orang.

Oleh karena itu, jika ingin mengunjunginya, wisatawan tinggal mengikuti jalan utama dari Yogyakarta menuju Pantai Parangtritis.

Baca Juga: Candi Prambanan masuk Yogyakarta atau Jawa Tengah lihat keterangannya

Dari Perlintasan Nol Kilometer Yogyakarta di Malioboro, ambil dulu arah timur menuju Perempatan Taman Pintar.

Selanjutnya, belok kanan dan lurus ke sudut perempatan Beteng Wetan. Di persimpangan, lurus (sedikit miring ke kanan) menuju Jalan Parangtritis.

Selanjutnya cukup mudah. Lurus saja dan ikuti Jalan Parangtritis karena jalan ini mengarah langsung ke Pantai Parangtritis tanpa ada belokan.

Setelah Pos Pembalasan, bukit pasir terlihat di sisi kanan jalan. Keluar dari jalan utama menuju Pantai Parangtritis dan belok kanan menuju Jalan Gumuk Pasir.

Baca Juga: Festival Jogja Kota 2022 Kenalkan Potensi Budaya 4 Kemantren Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo dapat dicapai dengan kendaraan umum. Ada Bus Yogyakarta-Parangtritis dari Terminal Giwangan. Anda bisa naik bus ini ke Pantai Parangtritis dan berjalan kaki ke Gumum Pasir.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button