Kulon Progo Kembangkan Sentra Kuliner Lele Asap di Banaran - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Kulon Progo Kembangkan Sentra Kuliner Lele Asap di Banaran – ANTARA News Yogyakarta

Kulon Progo (ANTARA) – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta membangun sentra kuliner ikan lele asap di Desa Banaran guna mendukung percepatan pengembangan wisata kuliner di sepanjang pantai selatan Kabupaten Kulon Progo. Pantai Trisik ke Pasir Mendit.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Trenggono Trimulyo di Kulon Progo, Rabu, mengatakan Kampung Lele Asap Banaran merupakan kampung unik yang khusus menjual kuliner berbahan dasar ikan, khususnya lele asap.

“Desa Lele Asap Banaran akan dibangun tahun 2023 dengan anggaran khusus. Harapannya menjadi hub pertumbuhan ekonomi baru di wilayah selatan, khususnya di Desa Banaran,” kata Trenggono.

Baca juga: DKP Kulon Progo dukung peternak ulat sutera di Banjarharjo

Ia mengatakan, banyak industri kecil menengah di Banaran yang mengolah berbagai jenis olahan berbahan dasar ikan, baik ikan budidaya maupun ikan laut. Di Banaran terkenal dengan lele asapnya.

Di daerah ini juga banyak terdapat peternakan lele dan gurame. Sentra budidaya perikanan yaitu Panjatan, Galur dan Lendah. Potensi ikan yang dibudidayakan sangat besar, sehingga diperlukan dukungan pengolahan dan pemasaran.

“Kampung Lele Asap Banaran merupakan pilot project. Jika berhasil, kami akan mengembangkannya di daerah lain,” katanya.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kulon Progo Priyo Santoso Priyo Santoso mendukung pengembangan kawasan kuliner Lele Banaran Asap.

“Kami sudah lama mengusulkan agar di Kulon Progo, setiap kecamatan harus membentuk kawasan kuliner yang berbasis potensi lokal. Dengan Program Pengembangan Kawasan Kuliner Lele Asap Banaran, kami mendukung penuh,” kata Priyo.

Pengembangan kawasan ekonomi berbasis potensi lokal ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan.

“Kami mendorong pengembangan kawasan ekonomi berbasis potensi lokal untuk dikembangkan di daerah lain di Kulon Progo,” harapnya.

Baca Juga: Magister Lele Lalap Terlambat Kurangi Pengangguran

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button