7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Menakjubkan - WisataHits
Yogyakarta

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Menakjubkan

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan segudang pesona alam, budaya dan kearifan lokal yang unik, dan keindahannya tetap terjaga. Desa wisata menyuguhkan berbagai atraksi wisata yang mengusung konsep menarik hingga atraksi wisata yang menghibur.

Berikut beberapa rekomendasi desa wisata di Kulon Progo dengan berbagai konsep menarik yang bisa kamu desain sebagai tempat liburan!

1. Desa Wisata Tinalah

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MenakjubkanDesa Wisata Tinalah (Instagram.com/kintanprestania)

Desa Wisata Tinalah atau biasa disebut dengan Dewi Tinalah merupakan pintu masuk pariwisata di Samigaluh, Kulon Progo. Desa wisata ini mengusung konsep alam dan budaya dengan menampilkan keindahan alam yang mempesona.

Di sini Anda bisa melihat Pegunungan Menoreh dan Sungai Tinalah yang berkelok-kelok dari Puncak Kleco dan kawasan Gua Sriti. Anda juga bisa menikmati pemandangan sambil bersantai dan berfoto.

Selain itu, Dewi Tinalah menawarkan paket wisata dimana pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas dan berinteraksi dengan alam sekitar dan masyarakat sekitar. Paket wisata yang bisa Anda dapatkan antara lain menginap di Joglo Wiguna dan Omahku, menginap di alam, menginap di rumah Joglo, keluarCamping, Tinalah Tubing, Malam Kemesraan (Makrab), pertemuan keluarga dan komunitas, Lihat pelacakandi sepanjang sungai Tinalah, Ruang pertemuan Joglo, tinggal di, dan Kleco tampak atas.

Lokasi: J L. Km 5 Coding, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

Baca Juga: Kebun Teh Nglinggo, Keindahan Kulon Progo dari Ketinggian

2. Desa Wisata Purwosari

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MenakjubkanDesa Wisata Purwosari (Instagram.com/dewipurihogja)

Desa Wisata Purwosari menawarkan berbagai tempat wisata alam menarik yang wajib anda coba. Salah satu yang menjadi favorit di desa ini adalah wahana Watujaran Sky Swing. Anda bisa merasakan sensasi berayun di atas ketinggian 850 meter di atas permukaan laut dengan pemandangan eksotis yang mempesona. Selain itu kamu juga bisa melihat pemandangan Gua Kidang Kencana dan Air Terjun dan Kedung lho.

Selain Watujaran Sky Ayuna Wahana, Desa Wisata Purwosari juga memiliki berbagai obyek wisata yang juga menjadi daya tarik utama desa ini seperti Goa Kidang Kendang, Air Terjun Glimpang, Kedung Ratmi, Kedung Benho, Air Terjun Gandhu, Serbuan Salak dan pembuatan gula aren, tempat pemerahan susu kambing peranakan etawa, up to bengkel Seni mengangguk.

Dengan semua atraksi yang disebutkan di atas, dijamin Anda akan betah berlama-lama di desa ini. Selain itu, Desa Wisata Purwosari juga menawarkan keluarga angkat bagi wisatawan yang ingin menginap!

Lokasi: Sebrangkidul, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, DIY

3. Desa Wisata Nglinggo

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MenakjubkanDesa Wisata Nglinggo (Instagram.com/explorer.idn)

Desa Wisata Nglinggo merupakan desa wisata di Kulon Progo dengan konsep perkebunan teh. Wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam matahari terbenam di perkebunan teh dengan suasana seperti puncak.

Desa wisata ini memiliki pemandangan yang begitu mempesona, yang menjadi salah satu daya tarik wisata. Hal ini dikarenakan Desa Wisata Nglinggo masih berada dalam satu kawasan dengan objek wisata Puncak Suroloyo.

Selain itu, wisatawan yang datang ke Nglinggo juga bisa belajar tentang pertanian, peternakan kambing dan kesenian seperti

Lokasi: Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

4. Desa Wisata Banjarasri

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MenakjubkanDesa Wisata Banjarasri (Instagram.com/desawisatabanjarasri)

Desa wisata selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan di Kulon Progo adalah Desa Wisata Banjarasri atau yang juga dikenal dengan Dewi Asri. Terletak di kawasan Pegunungan Menoreh di ujung barat, di sini Anda bisa menikmati suasana alam yang menyegarkan, belajar menjadi petani, bermain di desa, menikmati berbagai permainan air, memancing dan belajar wisata sejarah.

Selain itu, Desa Wisata Banjarasri juga menawarkan berbagai wahana yang tidak boleh Anda lewatkan seperti; B. Kegiatan Paralayang. Wahana ini didampingi oleh para profesional untuk memastikan keselamatan mereka.

Lokasi: Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, DIY.

Baca juga: Keunikan Pantai Trisik Kulon Progo: Rute, Tempat dan Tips Liburan

5. Desa Wisata Banjaroya

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MenakjubkanDesa Wisata Banjaroya (Instagram.com/dewabaraa)

Desa Wisata Banjaroya (Dewa Bara) bertengger di lereng Perbukitan Menoreh. Anda bisa menikmati berbagai aktivitas mulai dari bersepeda menyusuri pedesaan hingga Embung Tonegoro, Bendungan Ancol, Makam Nyi Ageng Serang, penganiayaan ke Menoreh, belajar seni tradisional, belajar pertanian dan peternakan membuat olahan makanan tradisional.

Desa Wisata Banjaroya menawarkan aktivitas menarik di bulan-bulan tertentu. Sama seperti saat musim durian, desa ini mengadakan festival durian di resto durian Menoreh Kuning durian andalan desa tersebut. Jika beruntung, Anda bisa menikmati aneka olahan durian di festival ini!

Lokasi: J L. Sentolo Muntilan Km 26 Slanden, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo, DIY.

6. Desa Wisata Jatimulyo

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MenakjubkanDesa Wisata Jatimulyo (Instagram.com/desamandirikulturjatimulyo)

Desa Wisata Jatimulyo adalah salah satu yang paling populer di Kulon Progo. Desa ini menghadap ke benteng karst alam Menoreh dengan tebing-tebing indah di Gunung Kelir.

Desa ini juga memiliki potensi sosial budaya yang kuat yang masih dibina dan dilestarikan oleh masyarakat setempat. Salah satunya adalah setiap bulan Sapar diadakan upacara adat yang sarat akan kearifan lokal di Desa Wisata Jatimulyo oleh Merti Dusun Jatimulyo.

Selain masih kaya akan budaya dan adat istiadat, terdapat juga potensi wisata yang menarik untuk digali ketika berkunjung ke desa ini. Anda dapat menjelajahi gua Kiskendo dan berkemah di arena tempat perkemahan disediakan, sekaligus menyaksikan indahnya pemandangan perbukitan pinus. Di sisi lain, Anda juga bisa melihat laut selatan dari puncak Gunung Lanang yang terletak di sebelah gua ini.

Desa Wisata Jatimulyo juga menawarkan beberapa wisata air terjun seperti Grojogan Sewu, Kembang Soka, Kedhung Pedhut dan Mudal River Park. Desa Wisata Jatimulyo juga menawarkan beberapa paket wisata menarik dengan berbagai aktivitas menarik seperti caving, Sumitro Cave TubingPaket Wisata Alam (Pelacakan, pengamatan burung, tur geografis), kemasan berkemah dan Paket Safari Malam dan Agrowisata Salak.

Lokasi: Sekretariat Desa Wisata, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

7. Desa Wisata Sermo

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MenakjubkanDesa Wisata Sermo (Instagram.com/jogjascenery)

Desa Wisata Sermo merupakan salah satu wisata yang ada di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo.

Desa ini memiliki waduk terbesar di Kulon Progo yang disebut Waduk Sermo, salah satu daya tarik utama desa ini. Di waduk ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti: B. Berwisata dengan perahu, menikmati keindahan alam Waduk Sermo yang indah, berfoto-foto dan bersepeda mengelilingi waduk.

Pada saat musim kemarau, pengunjung dapat menggunakan kawasan Waduk Sermo baik untuk kegiatan camping maupun camping keluar. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar membuat aneka kuliner khas Kulon Progo seperti gula aren dan ikan renyahserta makanan tradisional seperti geblek, tape dan apem.

Alamat: Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, DIY.

Mengunjungi tempat wisata dengan suasana alam yang asri tentunya akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Jika Anda bosan dengan suasana kota dan hiruk pikuknya, liburan di desa wisata bisa menjadi solusi terbaik untuk menyegarkan kembali semangat Anda. Selamat berlibur!

Baca juga: Mudal River Park: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button