liburan akhir pekan! Wisatawan dianjurkan untuk menulis aksara Jawa di Malioboro - WisataHits
Yogyakarta

liburan akhir pekan! Wisatawan dianjurkan untuk menulis aksara Jawa di Malioboro

liburan akhir pekan!  Wisatawan dianjurkan untuk menulis aksara Jawa di Malioboro

Yogyakarta – tvOnenews.com – Menikmati suasana Jalan Malioboro dengan berbagai atraksi seni budayanya, terutama di akhir pekan, masih menjadi tujuan wisata saat berkunjung ke Yogyakarta.

Destinasi wisata Malioboro semakin seru dengan tersedianya pojok wisata budaya tulisan aksara Jawa. Dengan bantuan salah satu koordinator pemandu wisata yang menulis Aksara Jawa, wisatawan berkesempatan untuk mencoba menulis huruf Jawa atau Aksara Jawa satu per satu.

Beragam ekspresi muncul saat wisatawan mencoba menulis aksara Jawa di selembar kertas. Ada yang merasa mudah menulis huruf Jawa, namun ada juga yang baru pertama kali mencoba.

“Ya, saya pikir itu pertama kalinya saya menulis aksara Jawa, tapi keren dan menyenangkan. Itu tulisan nama saya dengan aksara Jawa,” kata Sonia, turis asal Jakarta.

Karena penasaran, ia tertarik dengan pedagogi aksara Jawa. Yogyakarta, kata dia, dikenal erat dengan nuansa budaya di segala bidang, baik pariwisata maupun sosial kemasyarakatan. Menurutnya, kekayaan budaya ini harus dilestarikan karena memiliki nilai tinggi yang memiliki banyak makna.

“Ternyata nama saya dalam aksara Jawa agak panjang. Saya juga baru belajar, tidak susah dan baru ketemu disini. Saya dari dulu tertarik dengan wisata di Jogja, karena banyak yang baru. hal-hal yang bisa membuat kita ingin belajar dan bersemangat,” ujarnya.

Koordinator acara Mukti Atsani mengatakan, Malioboro sebagai bagian dari poros filosofis harus mengedepankan wisata edukasi bagi para pengunjungnya. Pihaknya memperkenalkan aksara Jawa kepada pengunjung di daerah tersebut untuk mengembalikan aksara Jawa kepada masyarakat luas.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button