Wisatawan asing rata-rata menghabiskan 1,8 hari di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Wisatawan asing rata-rata menghabiskan 1,8 hari di Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.comdurasi menginap atau lama tinggal wisatawan mancanegara (wisman) di kota Yogyakarta saat ini mencapai 1,8 hari.

Jumlah ini melebihi target 1,6 hari yang ditetapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

“Target durasi menginap Pada tahun 2022 akan menjadi 1,6 hari. Kami sudah melampaui (yaitu) 1,8 hari, tetapi tantangan bagi kami untuk mencoba memecahkan rekor dua hari, “kata Wahyu Hendratmoko, Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogyakarta, Rabu (24/8/2020). ) di Balaikota Yogyakarta/2022).

Baca Juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Panjang

Menurut Wahyu, peningkatan lama tinggal wisman di Kota Gudeg menjadi tantangan tersendiri. Karena banyak dari mereka yang singgah di kota Yogyakarta hanya untuk transit sebelum berlibur ke Bali.

Dengan kondisi ini, Badan Pariwisata berusaha dengan berbagai cara untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan asing, termasuk dengan mengeluarkan berbagai judul (acara), seperti Festival Prawirotaman yang berlangsung pada 27 Agustus 2022 tahun ini.

“Kami mencoba untuk melengkapi durasi menginap dengan berbagai macam event pariwisata, termasuk Festival Prawirotaman yang sengaja kita tawarkan kepada wisatawan asing yang sudah berkali-kali kita jumpai di jalanan Yogyakarta,” ujarnya.

Rata-rata belanja Rp 1,9 juta

Sedangkan untuk biaya atau pengeluaranmenurut Wahyu, pada Juli 2022 rata-rata Rp 1,9 juta per orang.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Dekat Malioboro Yogyakarta untuk Liburan Murah

Namun, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta gagal memetakan asal sebagian besar wisatawan asing yang berkunjung ke Yogyakarta.

“Juli lalu di kisaran 1,9 juta rupiah per orang,” katanya.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button