35 UMKM unggulan ikut Sragen Expo 2022 di Gunung Kemukus - WisataHits
Jawa Tengah

35 UMKM unggulan ikut Sragen Expo 2022 di Gunung Kemukus

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Sebanyak 35 produk UMKM unggulan Kabupaten Sragen mengikuti Sragen Expo 2022 di Gunung Kemukus atau Kemukus Baru, Kecamatan Sumberlawang, Sragen.

Acara yang digelar selama tiga hari sejak 12 Agustus 2022 itu merupakan kali pertama dalam dua tahun pandemi Covid-19.

Kepala Biro Usaha Kecil Menengah, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen Cosmas Edwi Yunanto mengatakan 35 UKM tersebut terdiri dari 20 UKM tie dye dan 15 kerajinan tangan dan makanan olahan.

Selain memamerkan produk UMKM dan kuliner, Sragen Expo 2022 juga dimeriahkan dengan Fashion Show Batik Sragen oleh pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sragen dan DWP Kecamatan se-Kabupaten Sragen.

Cosmas, sapaan akrabnya, melanjutkan Sragen Expo 2022 merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Selain itu juga sebagai sarana untuk mempromosikan dan memberdayakan UMKM potensial di Sragen dan juga mendukung Kemukus Baru sebagai destinasi wisata religi dan wisata keluarga,” ujarnya.

Sragen Expo 2022 dibuka oleh Wakil Bupati Sragen Suroto dan dihadiri Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Pembantu, Jajaran Ketua OPD, Camat hingga lurah.

Suroto mengatakan dalam kesempatannya sebelum adanya pandemi Covid-19, Sragen Expo rutin digelar di Sasana Manggala Sukowati setiap tahun.

Tahun ini sengaja dilakukan di objek wisata Gunung Kemukus sebagai branding baru Kemukus Baru yang menjadi tempat wisata keluarga dan wisata religi.

“Kami berharap kebangkitan ini tidak hanya mengubah stigma tetapi juga kehidupan dan penghidupan masyarakat Gunung Kemukus,” katanya.

Selain Sragen Expo 2022, sejumlah kegiatan juga digelar di Kemukus Baru, antara lain Pasar Industri Kreatif yang selanjutnya akan digelar pada Mei 2022. Tur Gowes Soal 2022.

Juga pengajian dan doa bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf.

Terakhir, pada akhir Juli, ada kegiatan Larap Slambu di makam Pangeran Samudra.

Ia berharap kegiatan Sragen Expo 2022 dapat membantu mempromosikan re-branding Kemukus Baru dan juga menyebarluaskan kegiatan ekonomi masyarakat Bengawan Solo Selatan dan masyarakat Bengawan Solo Utara.

“Kepada UMKM, saya berharap setelah mengikuti Sragen Expo penjualan meningkat dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sragen meningkat,” harapnya. (ut)

Source: jateng.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button