Festival di Tresno Park, ajang untuk generasi muda mencintai Karawitan - KRYOGYA - WisataHits
Yogyakarta

Festival di Tresno Park, ajang untuk generasi muda mencintai Karawitan – KRYOGYA

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kulonprogo, Istono SH menilai Festival Musik yang diselenggarakan oleh Pengelola Objek Wisata Taman Tresno di Dukuh Dukuh, Kalurahan Wijimulyo, Kapanewon Nanggulan ini merupakan upaya inisiasi yang sangat baik dan nyata. pergerakan.

“Pelestarian budaya harus dilakukan melalui gerakan yang dapat memberdayakan kelompok-kelompok seni di masyarakat. Ide ini (festival musik red) perlu diikuti oleh komunitas lain agar bisa tumbuh menjadi gerakan yang lebih besar dalam rangka pelestarian budaya,” kata keraton saat menghadiri penutupan festival Karawitan di Obwis Taman Tresno Dukuh Dukuh, Wijimulyo, Nanggulan, Sabtu malam (23/7/2022).

Acara penutupan dihadiri oleh sejumlah tokoh budayawan dari DIY dan Staf Ahli DPD RI Bambang Setiawan, penulis beberapa buku khusus Yogyakarta, Haryadi Baskoro dan mantan wakil menteri pariwisata Kementerian Pariwisata dan mantan kepala Biro Pariwisata Yogyakarta, Tazbir Abdullah dan dosen UGM Bahrul Fauzi Rosyidi.

Selain itu, Istana menegaskan selalu mengkritik penggunaan Dana Keistimewaan (Danais) yang dinilai tidak produktif. Selama ini Danais lebih banyak digunakan untuk upacara budaya. Danais tidak mengarah pada perkembangan dan pertumbuhan budaya.

“Festival Karawitan di Tresno Park ini independen, tapi bisa berjalan dengan baik tanpa Danais. Sementara di tempat lain, di Danais, masih digunakan untuk tujuan yang tidak perlu. Saya kira ke depan kita harus bekerja sama agar Danais bisa tepat sasaran sesuai dengan tujuan khusus Yogyakarta,” kata politisi PDI-P itu.

Purdianto, Manajer Pariwisata Jasa Marga Tresno Park, mengatakan festival musik ini merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya. Festival yang diikuti perwakilan 12 dusun di Desa Wijimulyo ini berlangsung pada dua hari Jumat dan Sabtu (23-24 Juli 2022).

Menurut Purdianto, Karawitan harus terus dilestarikan agar regenerasi tidak berhenti dan generasi muda harus memiliki keinginan untuk ikut melestarikannya. “Ini pertama kalinya kami mengadakan festival musik. Rencananya kegiatan serupa akan kembali digelar di tingkat kabupaten agar semakin banyak anak muda yang mencintai Karawitan,” jelasnya.

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button