Wisata Umbul Manten Klaten, kolam renang alami dan instagramable - WisataHits
wisatahits

Wisata Umbul Manten Klaten, kolam renang alami dan instagramable

panji manten merupakan tempat wisata di klaten yang menawarkan pemandian dengan sumber mata air alam, terdapat 3 tempat untuk berenang yaitu kolam utama, kolam timur dan aliran sungai.

Jam buka: 06h00-18h00 WIB
Harga tiket: Rp.6.000
Kontak:
Akomodasi: Ramada Suites By Wyndham Solo, RedDoorz near De Tjolomadoe, Hotel Pramesthi Kartasura
Alamat: Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482

Manten panjiBagaimana bisa begitu jelas?

panji manten klaten

Jika berbicara tentang daerah Klaten, kebanyakan orang akan mengatakan ada umbul ponggok bukan? Ya, Klaten memang sudah lama dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak sumber mata air alami. Satu dari Destinasi wisata populer di Klaten yaitu Umbul Ponggok. Namun kali ini kita akan mendekati tempat wisata yang tidak kalah populernya yaitu panji manten.

[artikel number=3 tag=”wisata-pantai, jember”]

Selain umbul ponggok, umbul manten juga menjadi tempat wisata berenang dengan sumber mata air alami. Namun bedanya, di Umbul Manten terdapat 3 tempat rekreasi alam yang bisa ditemukan wisatawan dalam satu tempat. Selain lokasi umbul manten banyak terdapat pepohonan besar yang rindang. Jadi rasa ganda kesegaran, mata air alami plus lokasi yang terlindung dari sinar matahari langsung.

Di balik nama panji manten atau arti bahasa Indonesia dari sumber air perkawinan, ada cerita yang cukup menarik. Seperti yang diunggah di lifestyle.okezone.com

Dikatakan berasal dari legenda sepasang pengantin yang menghilang secara misterius. Hilangnya kedua mempelai tersebut diduga melanggar tips atau perintah orang tuanya untuk tidak keluar rumah bersama selama 40 hari setelah pernikahan. Namun, untuk beberapa alasan, mereka benar-benar melanggar perintah.

Di sisi lain, Panji Manten saat ini sangat populer sebagai tempat wisata untuk mandi di air jernih di Klaten. Ada 3 tempat yang bisa dinikmati wisatawan yaitu kolam utama yang cukup kecil dan memiliki kedalaman hingga 1,5 meter, air di kolam utama tidak boleh keruh, karena dasar kolam terbuat dari bebatuan. Di sisi timur kolam utama juga terdapat kolam, ketinggian kolam setinggi orang dewasa, biasanya tempat ini penuh dengan anak-anak, dan yang terakhir adalah sungai yang dangkal. Di sepanjang sungai, wisatawan dapat menikmati kesejukan air dari mata air alami.

[quads id=3]

Apalagi jika masih belum puas berenang di Umbul Ponggok, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju Taman Air Umbul Pelem yang terletak hanya 150 meter dari Umbul Manten. Di Umbul Palem Water Park terdapat kolam beton dan beberapa wahana air lainnya. Aliran air di tambak umbul merupakan sumber alami.

Harga tiket masuk Umbul Manten Klaten

Tiket masuk panji manten cukup murah yaitu 6.000/orang, dan biaya parkir kendaraan hanya 3.000. Selain tiket masuk yang murah, harga makanan di lokasi wisata Umbul Maten juga sangat terjangkau.

Lokasi Umbul Manten Klaten

Lokasi Manten Banner berada di Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482. Hanya sekitar 4 km dari jalan raya utama Jogja – Solo dengan akses jalan yang baik. Begitu juga jarak antara jalan utama dengan Jalan Panji Ponggok adalah 4 km.

Galeri foto Umbul Manten Klaten

Tidak hanya perasaan langsung yang akan Anda dapatkan jika mengunjungi tempat wisata ini, tetapi juga hasil fotonya sangat bagus. Berikut adalah foto-foto yang diambil oleh wisatawan yang mengunjungi Umbul Manten

Mantel Umbul DinginGambar oleh @ardi_ramadhaan

Air Terjun Umbul MantenGambar oleh @bagoesir20

panji pendulum mantenGambar oleh @bagoesir20

Tidur di Umbul MantenGambar oleh @supriyadi_mulyadi

Berenang Umbul Manten@suryomulyo6

Mantel Umbul Hebat@travelingkemana

Di sekitar lokasi umbul manten tidak hanya umbul-umbul saja, Klaten di kawasan timur sudah banyak umbul-umbul yang dibuka sebagai destinasi wisata.

Oh ya, sebaiknya berkunjung ke sini pada pagi hari sekitar pukul 6 pagi karena manten umbul pada sore atau malam hari sangat ramai dikunjungi pengunjung. Jangan lupa untuk berbagi.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button