Wisata religi Gua Maria Tritis di Yogyakarta, tempat berdoa dan bermeditasi tentang ciptaan Tuhan - WisataHits
Yogyakarta

Wisata religi Gua Maria Tritis di Yogyakarta, tempat berdoa dan bermeditasi tentang ciptaan Tuhan

Liputan6.com, Yogyakarta – Gua Maria Tritis merupakan gua di antara pegunungan kapur. Tepatnya, destinasi wisata religi ini berada di Jalan Sapta Sari, Dusun Bulu, Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta.

Destinasi wisata religi ini dijadikan sebagai tempat ziarah umat Katolik. Tempat ibadah ini berada di perbukitan karst yang gersang bagaikan oasis di tengah gurun pasir.

Kutipan oleh direktori pariwisata.id, Nama ‘Tritis’ disematkan karena tetesan air selalu menetes di gua ini. Awalnya gua ini dianggap sepi dan mempesona, sehingga tidak banyak orang yang berani memasukinya.

Oleh karena itu, gua ini digunakan oleh beberapa pangeran kerajaan Mataram sebagai pertapaan dan persinggahan. Pada tahun 1974 gua ini mulai dikenal di kalangan umat Katolik.

Sejak itu, nama gua ini diberi akhiran Maria, sehingga menjadi Gua Maria Tritis yang juga menjadi tempat ziarah umat Katolik. Terdapat stalagtit dan stalagmit yang begitu indah di goa ini sehingga menambah kekhidmatan berdoa dan menjadi tempat untuk merenungi keindahan ciptaan Tuhan.

Ornamen di Gua Maria Tritis tidak banyak, hanya ada patung Perawan Maria yang sedang berdoa. Ada juga salib besar dan beberapa baris bangku untuk berdoa.

Sebelum memasuki Gua Maria Tritis, peziarah harus menyusuri jalan setapak yang membelah sawah jati. Selama perjalanan, pengunjung akan menemukan stasiun dengan diorama penyaliban Yesus.

Menemukan lokasi Gua Maria Tritis tidaklah sulit. Lokasi ini berjarak sekitar 50 km dari kota Yogyakarta menuju Pantai Baron Gunungkidul.

Jalur lain yang bisa ditempuh adalah melalui kota Wonosari, jalur menuju Pantai Baron. Sebelum sampai di Pantai Baron terdapat pertigaan dan pengunjung bisa mengambil jalan yang benar.

Setelah Gua Maria Tritis, peziarah dapat melanjutkan perjalanan mengunjungi objek wisata yang tidak jauh dari Gua Maria Tritis. Beberapa destinasi wisata di sekitar Gua Tritis Maria adalah Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenehan dan lain-lain.

Pengarang: Resla Aknaita Chak

Saksikan Focus Morning (27/05) untuk pilihan topik berita antara lain: puluhan rumah terbakar, pekerja tewas longsor, kecelakaan beruntun, pria dan wanita tewas, Gua Maria penuh peziarah, penertiban bangunan liar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button