Stan Wisata Pantai Cemara Pancer Banyuwangi Mendapat Berkah - WisataHits
Jawa Timur

Stan Wisata Pantai Cemara Pancer Banyuwangi Mendapat Berkah

Stan Wisata Pantai Cemara Pancer Banyuwangi Mendapat Berkah

Banyuwangi

Stand di Pantai Pancer diberkati. Pada 2022, sebanyak 15 kios menarik perhatian penambang emas di Desa Sumbagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Di awal tahun 2023, PT Bumi Suksesindo (PT BSI) akan kembali melanjutkan program Warung Wisata. Program Corporate Social Responsibility (CSR) atau yang saat ini dikenal dengan Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) antara lain ditujukan kepada UMKM di kawasan wisata Pantai Cemara, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Asisten Daerah Program PPM PT BSI, Anang Supriadi menyampaikan program Warung Wisata akan dimulai pada tahun 2022. Sasarannya adalah para pelaku UMKM yang berada di bawah naungan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sekar Arum. Terutama yang berada di kawasan incaran Pantai Cemara Pancer.

“PT BSI membantu stan UMKM menjadi lebih praktis sehingga bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk berbelanja,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (12/1/2023).

Ia menjelaskan penerima program Warung Wisata di tempat wisata Pantai Cemara Pancer tahun 2022 sebanyak 15 orang. Di sini kios-kios diperindah oleh para pedagang yang setiap hari melayani wisatawan. Shopfitting bahkan lebih lucu dengan cat cerah.

Tak berhenti sampai di situ, melalui program pendamping PPM daerah, anak usaha PT Merdeka Copper Gold Tbk ini juga terus mengajak para pelaku UMKM untuk terus berbenah dan berinovasi.

“Seperti yang kami lakukan hari ini, kami membahas rencana pembangunan stan dengan para pedagang,” jelas Anang.

Sebelumnya, pelaksana program Warung Wisata PT BSI, Sutopo, menyatakan bahwa program ini disambut baik oleh pemangku kepentingan UMKM. Karena dengan tampilan box yang lebih bagus dan cantik otomatis UMKM membuat Class Up.

“Dulu mereka hanya berjualan di bawah tenda atau payung sederhana. Kini mereka telah membangun warung yang lebih rapi dan layak huni. Dan jauh dari kesan kumuh,” kata Ketua KUB Sekar Arum.

Menurutnya, program Warung Wisata PT BSI tidak hanya menguntungkan pedagang kecil. Tapi juga memberikan berkah bagi masyarakat sekitar.

“Karena warga sekitar dilibatkan dalam proses pembangunan. Para penganggur akan diajak masuk ke dunia kerja,” ujarnya.

Sugeng, salah satu penerima program Warung Wisata PT BSI mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada perusahaan. Menurutnya, tempat usahanya kini lebih rapi dan indah. Hal ini membuat wisatawan merasa lebih nyaman saat berbelanja.

“Dulu kami hanya menjual kanopi payung. Sekarang kami telah menyiapkan stan yang bagus. Mudah-mudahan bisnis kami semakin berkembang dan tujuan perusahaan tercapai,” ujarnya.

Program Warung Wisata sengaja diinisiasi oleh seorang penambang emas di Desa Sumbagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur sebagai bentuk kepedulian dan upaya penguatan ekonomi masyarakat setempat. Sekaligus sebagai bukti dukungan PT BSI terhadap program Pemkab Banyuwangi. Terutama dalam pengembangan lebih lanjut sektor pariwisata daerah.

Selain Pantai Cemara, ada 3 wisata pantai lainnya dengan panorama keindahan alam yang mempesona. Meliputi Pantai Pulau Merah, Pantai Gumuk Kancil dan Pantai Mustika.

Keberadaan program Warung Wisata PT BSI tidak hanya membuat pelaku UMKM tinggi. Namun hal tersebut juga membawa angin segar bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis para pedagang di destinasi wisata Pantai Cemara Pancer.

Simak video Penjelasan Psikolog Tentang Lato-Lato Bikin Anak Ketagihan
[Gambas:Video 20detik]
(Abq/Tebal)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button