Wisata Pantai Nglambor, Aktivitas Menarik, Fasilitas dan Tempat! - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Pantai Nglambor, Aktivitas Menarik, Fasilitas dan Tempat!

PeekLifestyle Celebrities Indonesia dikenal memiliki banyak keindahan alam. Baik dari pegunungan maupun dari pantai, Indonesia memiliki banyak wisata yang indah dan menarik untuk ditawarkan.

Salah satunya adalah provinsi di selatan pulau Jawa yaitu Yogyakarta yang memiliki banyak pantai yang indah. Terutama di kawasan Gunungkidul yang wajib Anda kunjungi.

Kawasan Gunungkidul ini memiliki banyak pantai yang menarik, salah satunya adalah Pantai Nglambor. Karena memiliki alam bawah laut yang indah, pantai ini sering digunakan untuk menyelam.

Tidak hanya itu, Pantai Nglambor juga memiliki keindahannya. Meski berada di pulau Jawa, pantai ini tak kalah keren dari pulau dewata.

Diketahui bahwa wisata pantai Nglambor merupakan hasil kerjasama antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa setempat. Walaupun dahulu pantai Nglambor tidak begitu terkenal, namun kini keberadaan pantai ini sudah banyak dikunjungi oleh penduduk lokal atau wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Nah jika kamu tertarik untuk mengunjungi pantai Nglambor ini maka simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Pantai Nglambor

Pinterest

Foto: Pinterest

Pantai Nglambor menjadi salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk kamu yang sedang berlibur. Hal ini dikarenakan pantai di Gunungkidul memiliki pesona yang indah dan membuat Anda takjub saat melihat keindahan alam bawah lautnya.

Pantai ini tidak hanya memiliki bentuk yang indah, tetapi juga memiliki banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Pantai Nglambor dikenal berbatasan dengan Samudera Hindia karena ombak di pantai ini cukup keras.

Meski demikian, Anda juga bisa melakukan wisata snorkeling dan diving. Jika ingin ke pantai ini, lokasinya juga cukup strategis yaitu diapit oleh pantai terkenal lainnya di Yogyakarta yaitu Pantai Jogan dan Siung.

Lebih tepatnya, Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dimana sebenarnya pantai nglambor ini berada? Yuk, lihat di bawah ini!

Lokasi di Pantai Nglambor

Pantai Nglambor berlokasi di Kabupaten Gunungkidul dan dekat dari Pantai Siung dan Pantai Jogan. Lebih tepatnya, Pantai Nglambor terletak di Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Jika Anda ingin ke pantai ini, Anda bisa memulai perjalanan dari kota Wonosari ke Tepus lalu ke pantai Siung. Jalur alternatifnya adalah melalui Semanu menuju Desa Purwodadi, Tepus.

Terletak di selatan Pulau Jawa, pantai ini membuat Pantai Nglambor menghadap langsung ke Samudera Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Meski demikian, banyak juga wisatawan yang mencoba scuba diving untuk menikmati keindahan laut dari pantai Nglambor ini.

Namun ternyata Pantai Nglambor memiliki dua gunung karang besar yang bisa menjadi pemecah gelombang. Agar ombak di pantai tenang dan tidak besar, anda aman jika ingin melakukan aktivitas pantai.

Akses ke lokasi

Padahal, jika sudah mengetahui di mana lokasinya, cukup sulit untuk menuju pantai ini. Hal ini dikarenakan tidak adanya angkutan umum untuk menuju Pantai Nglambor.

Namun, jika ingin ke pantai ini, tidak ada angkutan umum. Jadi Anda bisa menggunakan mobil pribadi yang harus berjalan kaki sekitar satu kilometer.

Selain itu, area di Pantai Nglambor juga cukup kecil dan tidak terlalu luas. Karena aksesnya yang cukup sulit, Pantai Nglambor awalnya sepi.

Namun, penduduk lokal dan pengunjung melihat potensi snorkeling yang cocok dan indah. Dengan itu, Pantai Nglambor kini menjadi salah satu tujuan wisata bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman snorkeling di Yogyakarta dengan keindahan bawah lautnya.

Dari Piyungan, Anda akan melewati Bukit Bintang. Kemudian menuju Patuk dan Sambititu untuk menuju Pemkot Wonosari.

Setelah tiba lanjutkan menuju Tepus, Menthel, Cabean dan kemudian Bintaos. Dari Bintaos selanjutnya dapat mencapai kantor kecamatan Tepus dan dilanjutkan ke desa Tepus, Gesing dan Purwodadi.

Setelah Purwodadi Anda hampir sampai di pantai Nglambor. Kemudian Anda bisa menuju pertigaan Nagun untuk menuju ke jalur pantai Siung.

Begitu sampai di lokasi ini, Anda akan menemukan Vengeance Gathering Point. Maka Anda harus membayar pembalasan untuk sampai ke pantai Nglambor yang berada di perlintasan kedua.

harga tiket

Di Pantai Nglambor Anda akan melihat terumbu karang dan ikan jika Anda mencoba menyelam. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki keindahan yang mampu memikat hati.

Jadi jika ingin masuk ke Pantai Nglambor, Anda perlu menyiapkan uang untuk mendapatkan tiket masuk yang terjangkau. Harga tiketnya hanya Rp 6000 per kepala.

Selain itu ada biaya parkir yaitu parkir sepeda motor sebesar Rp 2000 dan parkir kendaraan roda empat seperti mobil sebesar Rp 5000.

Destinasi menarik untuk Pantai Nglambor

Pinterest

Foto: Pinterest

Pantai Nglambor memiliki banyak wisata menarik. Jadi akan ada banyak atraksi untuk dinikmati bersama keluarga atau teman.

Lalu apa saja atraksinya? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

1. Mendaki bukit

Destinasi pertama Anda hadir dengan nuansa perbukitan yang indah, yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan. Bukit-bukit ini dibangun agar ramah dan nyaman bagi pengunjung.

Ternyata di kawasan Pantai Nglambor terdapat dua bukit yang menjulang tinggi sekaligus, yaitu watu kelelawar dan watu bangau. Maka bukit ini cocok untuk kamu karena kamu bisa melihat pesona alam dari ketinggian.

Selain itu, dari atas bukit ini Anda juga bisa melihat pesona sunset saat matahari terbenam. Bahkan ada beberapa kera ekor panjang yang akan menemani Anda.

2. Menikmati keindahan pantai

Ternyata bukan hanya bisa mencoba snorkeling, tapi juga bisa menikmati indahnya Pantai Nglambor. Anda bisa mencoba berlari menyusuri pantai sambil bermain pasir dan bermain deburan ombak di air pantai.

Jika bosan, Anda juga bisa mengunjungi pantai-pantai lain. Karena Pantai Nglambor berbatasan dengan pantai lainnya.

3. Matahari terbenam yang indah

Serta berjalan-jalan di sepanjang pantai yang indah di pinggiran. Anda juga bisa duduk dan menikmati keindahan pantai saat matahari terbenam di ufuk barat.

Oleh karena itu, pantai ini memiliki spot yang bagus untuk menikmati sunset. Sehingga momen saat senja bisa mempesona dan indah.

4. Destinasi Snorkeling

Aktivitas utama dari destinasi pantai Nglambor ini adalah snorkeling atau diving. Karena Anda bisa langsung melihat biota laut dengan kerang dan ikan yang indah.

Meski ombaknya cukup besar, aktivitas snorkeling bisa dilakukan sesuka hati, sehingga kawasan ini diapit oleh dua penyu besar mirip karang yang sering disebut sebagai lifeguards.

Selain itu, peralatan snorkeling lengkap disediakan di Pantai Nglambor dengan harga sewa yang terjangkau dan tentunya dengan waktu yang tidak ditentukan.

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button