Pantai Nglambor Gunung Kidul - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Nglambor Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Nglambor di Gunung Kidul menawarkan petualangan tak terlupakan menjelajahi daratan yang mempesona serta dasar laut yang masih terjaga.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Ex. Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Apakah Anda memimpikan liburan pantai tapi anti mainstream? Jika iya, kamu bisa merencanakan liburan ke Jogja, tepatnya di Gunung Kidul. Pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul terbukti mempesona dan menjadi destinasi wisata favorit. Salah satu pantai yang anti mainstream adalah Pantai Nglambor. Pantai ini memiliki pesona yang tidak bisa ditolak oleh siapa pun. Untuk lebih jelasnya simak ulasan pantai-pantai indah di Gunung Kidul berikut ini.

Atraksi Pantai Nglambor

Aktivitas di Pantai NglamborKredit gambar: Google Maps Ketty Puspa Jayanti

Begitu menginjakkan kaki di pantai yang satu ini, Anda akan ketagihan untuk mengunjunginya lagi. Pantai ini memiliki 2 bukit karang yang sering disebut Watu Bangau dan Watung Kalong. Dengan adanya 2 bukit tersebut maka pemandangan pantai Nglambor semakin menawan dan terlihat alami. Apalagi wisata laut yang satu ini tidak terlalu ramai seperti yang lainnya, sehingga Anda bisa menikmati suasana yang tenang dan damai.

Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga wajar jika ombaknya cukup besar. Selain memiliki daratan yang menawan, pantai bawah laut Nglambor menjadi daya tarik tersendiri. Kebanyakan datang untuk melihat keindahan bawah laut. Pantai ini merupakan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat desa untuk dipromosikan melalui media sosial. Meskipun tidak terlalu sukses pada saat itu.

Hingga tahun 2013, seorang pria lokal bernama Yusuf Adhitya Putratama menggarap wisata yang satu ini. Ia pun gencar melakukan promosi di media sosial dengan terus mengunggah foto pantai ini. Pada tahun 2014 ada persewaan alat snorkel bernama BNS. Sejak saat itu, wisata bahari ini mulai dilirik, dan pada tahun 2020 mulai mengalami gelombang pengunjung untuk melihat langsung keindahannya.

Menjadi bagian dari pantai selatan, Nglambor juga memiliki mitos dan tradisi yang umum dipraktikkan. Tradisi ini dikenal dengan istilah Nglangi atau dalam bahasa Indonesia berarti menghadang. Artinya pengunjung atau siapapun tidak menangkap ikan di sekitar pantai. Kecuali pada masa pemijahan ikan, yaitu hanya setahun sekali. Hal inilah yang membuat pantai ini tetap mempertahankan keindahannya hingga saat ini dan menjadi tujuan favorit snorkeling.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Nglambor

Alamat Pantai NglamborKredit gambar: Google Maps nur istanto

Pantai Nglambor terletak di Dudun Ngandong, Desa Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunungkidul, DIY. Pantai menawan ini bisa Anda kunjungi setelah menempuh perjalanan 71 km dari pusat kota Jogja. Perjalanan panjang ini dimulai dengan mengambil jalan menuju Jalan Wonosari, kemudian berlanjut ke Piyungan, Bukit Bintang terus Pathuk, Sambipitu, Hutan Bunder hingga simpang Gading Wonosari.

Perjalanan masih berlanjut menuju Playen, bundaran pemerintah daerah, hingga Alun-alun Sriono. Kemudian silahkan ambil jalan menuju pasar Hargasari dan terus sampai melewati desa Tepus. Petunjuk menuju pantai cukup mudah untuk diikuti. Begitu sampai di tempat tujuan, Anda masih harus berjalan kaki dari tempat parkir sekitar 1 hingga 2 km. Selain jalan kaki, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek wisata dengan biaya sekitar Rp 10.000 pulang pergi.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Harga Tiket Masuk Pantai NglamborKredit Gambar: Google Maps rini pratiwi

Nikmati serunya snorkeling melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang cantik, tidak perlu dasar yang besar. Untuk memasuki pantai ini, Anda akan dikenakan tiket masuk yang tidak akan menguras kantong Anda. Jika melihat keindahannya, harganya malah akan terlalu murah. Harga tiket masuk mulai dari Rp 5 ribu per orang. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Jika menggunakan motor cukup membayar parkir sekitar Rp 2 ribu saja. Sedangkan kendaraan roda empat mulai dari Rp 5 ribu. Dengan membayar jumlah ini, Anda dapat melakukan kunjungan yang tak terlupakan. Namun perlu Anda ketahui apakah harganya sewaktu-waktu bisa naik. Apalagi saat lebaran datang, walaupun naiknya tidak terlalu tinggi, tetap aman untuk dompet.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Nglambor

Aktivitas di Pantai NglamborKredit gambar: Google Maps Domzky ​​​​Dom

Begitu Anda menginjakkan kaki di Pantai Nglambor, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang menawan. Air laut biru dengan pasir putih akan menjadi kombinasi yang sangat menarik. Panorama alam yang menakjubkan ini menawarkan banyak pilihan aktivitas bagi pengunjung selama berkunjung. Anda bisa jalan-jalan dulu sambil berpose lalu mengunggahnya ke media sosial.

Pantai ini merupakan daerah yang sulit sinyal hp, jadi tidak bisa bermain lama-lama di hp. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda menikmati keindahannya sampai puas dan mencoba aktivitas lainnya. Seperti berenang atau berjemur untuk merasakan keunikan udara pantai. Menghamparkan tikar di atas pasir putih, sambil beristirahat di bawah pohon pasti akan menghilangkan segala kepenatan Anda.

Angin sepoi-sepoi juga membantu membuat suasana menyenangkan. Pantai Nglambor memiliki daratan yang mempesona dengan banyak bukit. Jadi kamu juga bisa trekking di perbukitan yang ada. Setiap bukit menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian. Beberapa lokasi foto memang sengaja disediakan bagi pengunjung untuk berfoto-foto Instagrammable. Meski naik turun bukit ini juga sangat menguras tenaga.

Jika Anda beruntung, Anda mungkin akan bertemu dengan monyet ekor panjang yang sedang berjalan-jalan. Untuk alasan ini, pastikan untuk menjaga barang bawaan atau makanan Anda. Puas dengan trekking, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti jalan-jalan menyusuri pantai. Karena pantai eksotis ini dekat dengan Pantai Siung dan Pantai Watu Gudang jika ke timur. Sedangkan jika Anda berjalan ke barat, Anda akan menuju ke pantai Timang, Jogan, Ngetun. Kegiatan ini membutuhkan energi yang berlebih jadi perhatikan fisiknya.

Snorkeling adalah aktivitas yang wajib dilakukan di Pantai Nglambor. Anda bisa melihat terumbu karang yang masih terjaga dengan ikan-ikan cantiknya. Sembari snorkeling, Anda juga bisa mengabadikan setiap momen dengan foto bawah laut. Selain bisa menggunakan kamera anti air, Anda juga bisa memanfaatkan BNS (sebutan untuk penyewaan alat snorkeling) di sekitar pantai. Kemudian Anda dapat mengunggahnya ke media sosial.

Sebagai penutup, jangan lupa untuk mengagumi indahnya matahari terbenam di puncak bukit yang akan membuat Anda takjub. Pemandangan matahari yang lewat memang sayang untuk dilewatkan. Untuk dapat melakukan banyak hal, ada baiknya datang pada sore hari. Saat itu air laut sedang pasang sehingga sangat cocok untuk snorkeling. Kalau pagi, sekitar pukul 06.00-10.00.

Akomodasi di dekat Pantai Nglambor

Akomodasi di Pantai NglamborKredit gambar: Google Maps Hartono Budi

Pantai Nglambor merupakan pantai yang juga tidak memiliki akomodasi di sekitar pantainya. Jadi jika ingin bermalam, satu-satunya langkah adalah mendirikan tenda. Pemasangan tenda ini terutama dilakukan oleh pengunjung, karena selain bisa menikmati sunset, mereka juga bisa menikmati langit malam yang penuh bintang. Jika ingin menginap di hostel, Anda bisa mencari penginapan yang dekat dengan penduduk desa.

Ada beberapa homestay dan hostel yang tersedia dan lokasinya tidak terlalu jauh. Anda cukup memesan sesuai kebutuhan dan kondisi kantong Anda. Jika sedang musim liburan, ada baiknya memesan jauh-jauh hari. Karena hostel ini akan penuh jika tidak jauh. Untuk hotel bisa dicari di kawasan Goa Pindul, Pantai Indrayanti atau Pantai Kukup. Ada beberapa hotel yang bisa Anda pilih di sana.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Nglambor

Fasilitas Pantai NglamborKredit gambar: Google Maps sri Wahyuni ​​hadiningtiyas

Untuk menuju pantai ini sendiri, Anda akan disuguhkan dengan akses jalan yang cukup terjal. Sehingga kesan alami pantai Nglambor masih sangat kental. Anda mungkin tidak menemukan fasilitas seperti ATM, fasilitas kesehatan atau tempat berbelanja. Namun untuk fasilitas umum seperti toilet, mushola, penitipan bagasi dan cabana, Anda bisa menemukan dan menikmati pantai yang menawan ini.

Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal juga dapat menikmati sajian kuliner di beberapa warung yang ada. Menu yang ditawarkan berbeda-beda sehingga Anda juga bisa berwisata kuliner jika berkunjung ke pantai ini. Bagi yang membawa kendaraan tidak perlu salah, karena area parkir di pantai ini cukup luas. Secara bertahap, beberapa fasilitas dapat ditambahkan untuk kenyamanan pengunjung.

Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang tidak bisa diabaikan. Banyak traveler yang sudah membuktikan keindahan pantai ini. Saat Anda berkunjung ke pantai Nglambor, ada baiknya Anda membawa kamera terbaik. Karena tempat ini memiliki pesona yang sayang jika tidak diabadikan. Bagaimana Anda berencana memasukkan pantai ini ke dalam daftar liburan Anda?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button