Wisata olahraga menjadi andalan terbaru wisata Danau Toba - WisataHits
Yogyakarta

Wisata olahraga menjadi andalan terbaru wisata Danau Toba

Wisata olahraga menjadi andalan terbaru wisata Danau Toba

Krjogja.com – JAKARTA – Suksesnya hat-trick penyelenggaraan Kejuaraan Reli Danau Toba menjadi bukti besarnya potensi sport tourism bagi industri pariwisata Indonesia. Selain itu, event sport tourism terbukti berhasil meningkatkan okupansi hotel dan mendongkrak perekonomian, termasuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Seperti diketahui, Danau Toba di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Aek Nauli yang dikelola PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) telah menggelar dua kali Reli Kejurnas pada Desember 2021 dan Agustus 2022.

Keberhasilan kedua event tersebut diikuti oleh event berskala lebih besar yaitu Lake Toba Asia Pacific Rally Championship (APRC) pada September 2022 yang juga menampilkan pembalap asing.

Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas kini menjadikan wisata olahraga sebagai andalan untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Marketing Manager Hotel Niagara Parapat Fifien Eightnes Grace Kowel mengatakan selama acara APRC 2022, okupansi di Hotel Niagara meningkat 50% dari hari biasanya. Hal ini menjadi bukti bahwa event sport tourism dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

“Penerapan APR 2022 berdampak besar pada okupansi hotel kami. Jumlah tamu di Hotel Niagara juga meningkat pada hari biasa dibandingkan hari biasa. Dengan adanya acara ini, masyarakat di luar Sumut akhirnya bisa lebih mengenal Danau Toba,” ujarnya.

Grace mengatakan, jika event nasional dan internasional diadakan lebih rutin, tidak menutup kemungkinan pariwisata di sekitar Danau Toba akan lebih berkembang.
Presiden Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut Denny S.
Wardhana mengatakan, penyelenggaraan APRC 2022 yang didukung penuh oleh PT Toba Pulp Lestari Tbk memang menjadi angin segar bagi pariwisata Danau Toba.

Menurut dia, anggota PHRI dari Sumut di sekitar Danau Toba melaporkan peningkatan tamu yang signifikan karena adanya acara APRC 2022.

“Tidak hanya APRC 2022, kami berharap event-event lain bisa diadakan secara rutin di kawasan Danau Toba sehingga bisa menarik banyak wisatawan yang datang. Keanekaragaman objek wisata akan mampu menarik lebih banyak wisatawan, yang pada gilirannya dapat menarik investor di sektor perhotelan, ”katanya.

Denny mengatakan hingga saat ini belum ada jaringan hotel nasional dan internasional di kawasan Danau Toba karena kunjungan wisatawan belum maksimal. Hal ini dikarenakan terbatasnya objek wisata dan destinasi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Oleh karena itu, pihaknya sangat mendukung hadirnya event sport tourism seperti APRC 2022 yang didukung penuh oleh PT TPL, karena dapat membuka pilihan atraksi wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Danau Toba.

“Danau Toba hanyalah pemandangan dan alam untuk dilihat. Kembali lagi apa yang perlu ada, aktivitas dan itu saja yang bisa hidup,” jelasnya.

Direktur PT Toba Pulp Lestari Tbk Anwar Lawden mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terlibat dalam mendorong revitalisasi ekonomi Sumut, khususnya di sekitar Danau Toba melalui pengenalan wisata olahraga. Hal ini tidak terlepas dari upaya TPL untuk turut serta mewujudkan kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia untuk dikelola secara berkelanjutan.

“Seperti pelaksanaan APRC 2022, diharapkan kegiatan reli di Danau Toba dapat memberikan multiplier effect dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Dengan adanya program sport tourism, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Danau Toba,” kata Anwar.

Reli Danau Toba dikenal sebagai salah satu ajang balap reli yang paling dinanti oleh para penggemar olahraga ini secara nasional maupun internasional. Rute reli ini berlokasi di TPL Hutan Tanaman Industri Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Situs ini pernah menjadi tempat acara internasional, terutama sebagai bagian dari lintasan Panggung Khusus (SS) dari Kejuaraan Reli Dunia 1996 dan 1997.

Lokasi yang sama juga digunakan sebagai lintasan Kejuaraan Reli Nasional 2007, 2019, 2021 dan yang terbaru Kejuaraan Reli Nasional Agustus 2022. (Jantung)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button