Bepergian ke Singapura via Batam, begini triknya - WisataHits
Yogyakarta

Bepergian ke Singapura via Batam, begini triknya

Harianjogja.com, SingapuraKota Singa atau Singapura bisa jadi pilihan destinasi wisata di akhir tahun. Selain penerbangan langsung, Anda juga bisa berwisata ke sana via Batam lewat jalur laut.

Sejumlah gedung pencakar langit di Singapura terlihat jelas dari pantai utara dan barat laut Batam di Kepulauan Riau karena jaraknya yang cukup dekat. Batam juga merupakan salah satu titik awal paling populer untuk berwisata ke Singapura.

Pekan ini Bisnis mencoba melakukan perjalanan dari Singapura ke Batam dengan transportasi laut. Prosesnya cukup sederhana, mudah, dengan banyak pilihan waktu yang tersedia, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata.

Berikut rangkuman perjalanan bisnis ke Singapura via Batam yang mungkin bisa menjadi referensi terbaru untuk Anda:

persiapan perjalanan

Pastikan Anda memiliki paspor yang masih berlaku jika Anda berencana untuk bepergian ke Singapura melalui Batam. Meski kedua pulau itu sangat dekat, wisata ke Singapura tetap dianggap sebagai perjalanan lintas batas dan melewati kontrol imigrasi.

Sebelum Anda melakukan perjalanan, tentukan terlebih dahulu perkiraan waktu keberangkatan dan durasi atau lama perjalanan wisata Anda di Singapura. Ini menjadi acuan untuk booking tiket kereta api dan sewa hotel atau penginapan.

Perjalanan dari Batam ke Singapura melalui laut dapat diakses dari dua titik keberangkatan, yaitu Terminal Feri Harbour Bay dan Batam Tengah. Kedua terminal tersebut berjarak sekitar 11 kilometer, pastikan Anda tidak salah tempat jika hendak berangkat.

Sedangkan terminal tujuan di Singapura adalah Harbourfront dan Tanah Merah. Anda dapat memilih terminal keberangkatan atau terminal tujuan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terdapat empat perusahaan ferry yang menyediakan layanan transportasi dari Batam ke Singapura dan sebaliknya, yaitu Majestic Fast Ferry, Horizon Fast Ferry, Batam Fast Ferry, dan Sindo Ferry.

Setiap operator memiliki jadwal dan titik keberangkatan yang berbeda. Ketersediaan operator yang berbeda memungkinkan Anda untuk memilih waktu keberangkatan dan terminal feri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pembelian tiket ferry dapat dilakukan melalui website masing-masing operator, layanan atau layanan pemesanan tiket, atau langsung di loket operator ferry di pelabuhan. Proses pembelian tiket atau check-in pribadi harus dilakukan paling lambat satu jam sebelum jadwal keberangkatan.

BACA JUGA: Seru! Kawasan Opaque Groundsill menjadi tujuan wisata baru

Harga tiket ferry ke Singapura berkisar Rp 400.000 sekali jalan, dan akan lebih murah jika membeli tiket pulang pergi (PP). Jika Anda membeli tiket sekali jalan di Batam, maka pembelian tiket pulang pergi dari Singapura berlaku dalam dolar Singapura.

Keberangkatan

Proses check in ferry dilakukan paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan dan boarding ke ferry 15 menit sebelum keberangkatan. Demi kenyamanan Anda, Anda bisa berada di terminal satu jam sebelum jadwal keberangkatan.

Pada keberangkatan Anda melewati pemeriksaan barang. Kemudian Anda akan melewati kantor imigrasi untuk pengecekan paspor dan lain-lain lalu naik ke ferry.

Perjalanan feri ke Singapura memakan waktu sekitar 50 menit. Sehingga ketika ditambahkan proses check-in, boarding dan kontrol imigrasi, total perjalanan bisa memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Sebelum tiba di Singapura, pastikan Anda memiliki paket roaming untuk kebutuhan telekomunikasi Anda, atau gunakan layanan WiFi portabel yang bisa dibeli di kios terminal.

Sobat bisnis bisa menukarkan mata uang rupiah dengan dolar Singapura baik di terminal keberangkatan Batam maupun saat tiba di Singapura. Kantor penukaran mata uang mudah ditemukan di setiap terminal.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: JIBI/Bibisnis.com

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button