Wisata Maballo, guratan kolam mempesona dengan nuansa alam di Enrekang - WisataHits
wisatahits

Wisata Maballo, guratan kolam mempesona dengan nuansa alam di Enrekang

Wisata Maballo, guratan kolam mempesona dengan nuansa alam di Enrekang

Wisata Maballo Di dalam Enrekang mengusung konsep pemandian yang ramah untuk anak-anak, bahkan orang dewasa. Mereka memiliki banyak pesona, apakah itu?

Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 07.00-00.00 WIB, Alamat: Jl. poros Enrekang-Makale, Puserren, Kec. Enrekang, Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Wisata Maballo yang terletak di Kabupaten Enrekang memang belum banyak diketahui masyarakat. Memang pembukaannya masih terbilang baru, sehingga butuh waktu untuk dikenal lebih luas. Namun akhir-akhir ini, wisata yang mengusung konsep pemandian menjadi sangat ramai.

Wisata dengan konsep pemandian cukup hadir di Indonesia. Padahal jika dilihat secara lebih mendalam, setiap kecamatan pasti memiliki wisata kolam renang. Sayangnya, tidak semua orang tahu apa yang unik, sehingga tidak menarik minat orang.

Wisata Maballo ini baru dibuka pada Oktober 2019 lalu. Daya tariknya yang besar membuat orang berduyun-duyun untuk mandi atau sekedar bermain air di tempat ini. Apa saja atraksi tersebut dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan selain bermain air? Simak ulasannya!

Daya Tarik Wisata Maballo

Obyek wisata MaballoKredit gambar: Google Maps Abdul Kasim Achmad

Tamasya tepi pantai ke Maballo ini memiliki segudang atraksi. Hasilnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa suka ke tempat ini untuk menyegarkan kembali semangat di akhir pekan atau hari libur lainnya. Atraksi tersebut adalah:

1. Pakai konsep natural

Biasanya, kolam renang dirancang untuk tujuan komersial saja, tanpa memperhatikan keindahan alam yang mengelilinginya. Mungkin faktor lokasi yang kurang strategis juga membuat pengelola bingung jika ingin memadukan nuansa alam.

Berbeda dengan yang lain, pengunjung wisata renang ini akan disuguhkan dengan rerimbunan pepohonan yang hijau menyegarkan. Bayangkan, berenang sambil melihat pemandangan alam yang hijau pasti keren banget kan?

Banyak yang bilang kalau kolam ini terbukti bisa menghilangkan stres karena pepohonan hijau tetap terlihat asri meski cuaca panas.

2. Fasilitas lengkap dan harga terjangkau

Pemandian atau kolam renang wisata memang diperlukan bahkan sangat wajib untuk menyediakan fasilitas kuliner. Mengapa demikian? Terkadang anak suka tiba-tiba lapar atau butuh kehangatan saat selesai berenang agar tidak masuk angin.

Sehingga, agar wisatawan tidak perlu khawatir membawa bekal dari rumah, pihak pengelola telah menyediakan kuliner yang lengkap dan dapat dibeli kapan saja. Hal ini juga diterapkan oleh Pengelola Pariwisata Maballo.

Pengunjung akan menemukan banyak orang yang menjual berbagai kuliner dengan harga terjangkau. Tidak terlalu mahal seperti tempat wisata pada umumnya. Sangat direkomendasikan untuk tempat penyembuhan di tanggal tua bukan?

3. Bangunan yang indah dan unik

Biasanya bentuk wisata pemandian dan kolam renangnya sama, menurut standar umum. Namun, di pemandian Maballo berbeda. Hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Bangunannya mayoritas terbuat dari bambu yang telah didesain sedemikian rupa untuk menambah suasana asri dan nyaman sesuai dengan konsep alam yang diusungnya. Ada gazebo beratap jerami dan masih banyak lagi.

4. Pengaturan Kumpul Keluarga yang Menyenangkan

Daya tarik selanjutnya dari tempat ini adalah menawarkan karaoke yang bisa digunakan oleh siapa saja. Jika ada anggota keluarga yang tidak suka berenang, mereka bisa bersenandung dengan gembira di sekitar kolam.

Dapat disimpulkan bahwa pemandian ini cocok tidak hanya untuk anak-anak dan individu, tetapi juga untuk keluarga yang merindukan kehangatan berkumpul. Wisatawan tinggal memberitahu pengelola karaoke lagu apa yang ingin mereka request. Semuanya disediakan.

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menghabiskan waktu bersama keluarga. Apalagi jika dipadukan dengan permainan air, menikmati suasana alam yang asri dan kuliner yang nikmat. Jadi, apakah Anda berencana untuk pergi ke sana?

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Tiket Masuk Wisata Maballo EnrekangKredit gambar: Google Maps Abdul Kasim Achmad

Alamat lengkap tempat wisata ini ada di Jalan Poros Enrekang-Makale, Puserren, Sulawesi Selatan. Rutenya cukup mudah, wisatawan bisa langsung membuka aplikasi Google Maps di ponsel masing-masing dan mengetikkan nama tempat ini.

Sekadar informasi, pemandian buka mulai pukul 07:00 hingga 00:00. Dengan demikian, wisatawan bisa memilih waktu kapan ingin berenang dan bermain air.

Harga tiket masuk menjadi pertimbangan penting bagi keluarga yang ingin berlibur dengan anggaran terbatas. Oleh karena itu, berikut adalah informasi mengenai harga yang ditetapkan pengelola wisata tepi pantai untuk pengunjung:

Informasi Harga
Anak-anak Rp 10.000
Dewasa Rp 20.000

Seberapa murah itu tidak cukup? Wisatawan hanya perlu membayar sejumlah uang sesuai tabel di atas dan menikmati semua fasilitas yang disediakan. Wisata Maballo sekali lagi sangat ramah anak! Sejauh ini, belum ada laporan kecelakaan atau kejadian lain yang terjadi di area kolam tersebut.

Selain itu, karena air kolam berasal langsung dari sumbernya dan setiap hari akan dilakukan penggantian dan pembersihan air sehingga kualitasnya terjamin. Dengan demikian, wisatawan merasa nyaman karena airnya bersih dan tentunya akan terhindar dari penyakit kulit tertentu.

Kabar baiknya, ruang pertemuan juga tersedia di lokasi ini dengan harga sebagai berikut:

Kemampuan Harga
50-70 orang Rp4.000.000
70-100 orang Rp 5.000.000
100-150 orang Rp6.250.000

Harga di atas sudah termasuk makan siang dan snack. Tentu sangat murah bukan?

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Wisata Maballo

Aktivitas menarik di Wisata MaballoKredit gambar: Google Maps Maulana Hajir

Setelah melihat uraian lengkap di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan wisatawan, yaitu:

1. Ambil gambar

Karena konsep yang diterapkan adalah pemandian alam, banyak spot foto yang apik jika diunggah ke media sosial.

Hari ini, semuanya harus diabadikan untuk menjadi kenangan di masa depan. Wisatawan bisa berfoto dengan background alam, kolam renang atau tempat menarik lainnya.

2. Mainkan air

Wisata Maballo merupakan wisata pantai, jadi bermain air adalah hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke sini.

Ada beberapa kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Tentunya wisatawan harus mempertimbangkan hal ini terlebih dahulu, mana yang lebih aman.

3. Santai

Karena banyak sekali tempat duduk, gazebo dan kuliner yang dijual disana, tempat ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Lupakan sejenak penatnya pekerjaan dan masalah yang dihadapi.

4. Karaoke

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat sound system yang sangat memadai dan pihak pengelola pun mempersilakan pengunjung untuk menyanyikan beberapa lagu hingga puas.

Karaoke merupakan kegiatan yang digemari para orang tua, sambil bernostalgia atau bernostalgia tentang masa lalunya. Sejauh ini bisa dipahami kan?

5. Atur acara-acara penting

Sudah ada ruang pertemuan yang disediakan oleh manajemen. Jadi, meskipun Anda ingin menyelenggarakan acara penting, Anda dipersilakan. Yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi agen dan kemudian memilih paket mana yang akan digunakan. Dijamin deh aman dan nyaman!

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Wisata Maballo EnrekangKredit gambar: Google Maps Abdul Kasim Achmad

Peralatan yang tersedia juga cukup lengkap. Hal ini membuat pengunjung senang dan betah berada di tempat ini:

  • Ruang ganti.
  • Pujasera.
  • Rapat di kamar.
  • Kursi dan gazebo untuk bersantai.
  • Kolam berbagai ukuran.

Wisata Maballo di Enrekang merupakan tempat yang ekonomis untuk hiburan dan berenang. Tanpa menghabiskan waktu untuk bepergian, Anda sudah bisa menikmati kebahagiaan bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button