Wisata kuliner khas Blora antara lain nasi gosong Sego Kobong - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata kuliner khas Blora antara lain nasi gosong Sego Kobong

Wisata kuliner khas Blora antara lain nasi gosong Sego Kobong

TEMPO.CO, jakarta -Indonesia memiliki kekayaan wisata kuliner yang berasal dari berbagai daerah. Setiap daerah memiliki cita rasa yang patut untuk dicoba, salah satunya kuliner yang ada di Kabupaten Blora Jawa Tengah. Berikut sajian kuliner yang patut dicoba saat berkunjung ke Blora.

Soto klutuk

Indonesia memang terkenal dengan makanan sotonya, setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri dalam menyajikan soto. Mengutip www.javatravel.net Seperti soto pada umumnya, soto klethuk ini diisi dengan daging ayam atau sapi.

Baca: Perasaan menikmati salad sayuran microgreen, dipetik tepat di depan mata Anda

Kuah bening disajikan dengan kuah santan membuat kuah ini terasa gurih. Seperti namanya “klethuk”, soto ini menggunakan potongan singkong yang menambah cita rasa soto itu sendiri. Dalam seporsi soto, Anda akan menikmati suwiran ayam atau kambing, kucai cincang, mi shoun, dan juga tauge.

Betapa bodohnya

Sego Kobong menjadi pilihan kuliner yang wajib dicoba. Sego Kobong adalah nasi yang dibungkus daun pisang dan cara penyajiannya dengan cara dibakar. Kalau masakan nasi umumnya digoreng atau direbus biasa, sego kobong ini beda dari yang lain. Pembeli akan menikmati rasa nasi bakar dengan aroma yang sedikit gosong. Daun pisang yang digunakan sebagai topping menambah cita rasa nasi agar lebih nikmat. Sego Kobong disajikan dengan berbagai lauk mulai dari nasi ayan, jamur, udang, sapu, cumi hingga jamur.

sejumput pecel

dikutip lagimakan.com Salah satu kuliner khas Blora adalah pecel. Makanan yang terdiri dari sayuran dan disiram dengan bumbu kacang ini merupakan makanan favorit masyarakat. Keistimewaan Pecel Blora adalah membuat bumbu kacang dari kacang tanah, kecur, bawang putih dan bumbu lainnya. Untuk sayuran umumnya digunakan sayuran seperti kacang panjang, kol, tauge, dan daun ubi. Biasanya pedagang pecel di Blora membungkus pincuk dengan daun jati.

pita

Makanan ini terbuat dari fermentasi singkong atau beras ketan yang memiliki rasa manis dan asam. Blora memiliki tape khusus yaitu tape sugihan. Sugihan berasal dari nama tempat penjualan kaset ini yaitu di Desa Mojowetan Kecamatan Banjarejo.

YOLANDA AGNE
Baca Juga: Bandara Ngloram, bandara mungil kembali beroperasi setelah ditangguhkan akibat pandemi

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terhangat dan berita pilihan di saluran Telegram “tempo.co Perbarui”. Klik bergabung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button