Wisata Edukasi Kalitengah, Embrio Desa Wisata Terpadu di Lamongan - WisataHits
Jawa Timur

Wisata Edukasi Kalitengah, Embrio Desa Wisata Terpadu di Lamongan

LAMONGAN, KOMPAS.com – Kabupaten Lamongan kini memiliki wisata edukasi dengan nuansa pedesaan yaitu Wisata Edukasi Kalitengah (WEK).

Tempat ini menawarkan pengunjung berbagai pengalaman terintegrasi yang berbeda. Situs ini terletak di Kecamatan Kalitengah, Lamongan, Jawa Timur.

Wisatawan dapat mengunjungi Pusat Kerajinan Tengkorak di Desa Pengangsalan dan Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah (SKCK) di Desa Canditunggal yang menawarkan berbagai sajian kuliner.

Baca Juga: Pengelola Wisata Mazola di Lamongan Beri Diskon Spesial untuk Tenaga Kesehatan

Ada juga pemanfaatan kebun keluarga untuk obat tradisional (toga) Keningkir di desa Buntungan, bercocok tanam hidroponik di desa Kediren dan proses pengasapan telur asin Sabiq Bejo di desa Cluring.

“Wisata edukasi di Kalitengah ini sesuatu yang luar biasa. Ini bisa menjadi contoh bagi kecamatan lain. Apalagi ini sudah disatukan, tinggal bagaimana kita mengiklankan dan menyuruh mengajak masyarakat untuk berkunjung,” kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Dia membuat pernyataan ini ketika mulai WEK di Pendopo, Kecamatan Kalitengah, Minggu (24/70222).

Yuhronur melanjutkan, dengan berbagai sesi pembinaan yang telah dilakukannya, ia optimistis WEK akan diminati masyarakat.

Embrio Desa Wisata Integritas di Lamongan

Bahkan, Yuhronur percaya bahwa WEK adalah cikal bakal desa wisata inklusif di Lamongan, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh mencari pengalaman desa pendidikan yang bernuansa pedesaan ke luar kota.

Baca Juga: Ayo Dolen nang Lamongan, Upaya Pulihkan Sektor Pariwisata di Kabupaten Lamongan

Menurutnya, tur ini Legenda. Ia yakin dengan banyak sentuhan akan menjadi daya tarik wisata yang diminati masyarakat.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama istri menikmati sajian kuliner di Wisata Edukasi Kalitengah (WEK), Minggu (24/70222).Dermaga. Pemerintah Pemerintah Lamongan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan istrinya menikmati sajian kuliner di Wisata Edukasi (WEK) Kalitengah, Minggu (24/70222).

“Termasuk kopiah desa Pengangsalan, bisa jadi kopiah yang saya beli di sini di Madinah,” kata Yuhronur yang baru saja pulang dari haji.

Yuhronur juga memerintahkan jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan untuk memberikan pembinaan agar WEK bisa berkembang.

Baca Juga: Lamongan Akan Gencarkan Pengembangan Desa Wisata

Hal ini nantinya akan menjadi contoh bagi desa wisata lain di Lamongan untuk mengembangkan potensinya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button