Tim Ekspedisi Jatim ke-77 bersiap menerbangkan Merah Putih di Puncak Gunung Arjuno - WisataHits
Jawa Timur

Tim Ekspedisi Jatim ke-77 bersiap menerbangkan Merah Putih di Puncak Gunung Arjuno

SURABAYA (ANTARA) — Tim Ekspedisi Jatim ke-77 siap mengibarkan bendera merah putih dan menggelar Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada 17 Agustus 2022 di puncak Gunung Arjuno.

“Ini merupakan salah satu cara mencintai tanah air sekaligus menanamkan rasa cinta terhadap NKRI di dunia,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di sela-sela pengerahan tim Ekspedisi 77 ke Gedung Negara Grhadi di Surabaya, Senin.

Selama perjalanan menuju puncak Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl), pendaki sebanyak 77 orang ini akan menanam pohon pinus.

Para pendaki yang tergabung dalam tim Ekspedisi 77 ini juga membawa bendera merah putih yang disebar di pemukiman warga sekitar lereng gunung.

Pada kesempatan tersebut, tokoh di lingkungan Pemprov Jatim juga menyampaikan bahwa Gunung Arjuno dipilih karena terdapat kawasan Taman Hutan Raya Rakyat R. Soeryo dan adanya cagar biosfer di kawasan Bromo Tengger Semeru dan Arjuno 2015 dari penghargaan oleh UNESCO.

Tim ekspedisi Gunung Arjuno 77 ini diikuti oleh para pendaki yang berasal dari beberapa perwakilan, antara lain unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), perempuan, Pramuka, media, stakeholder pariwisata, relawan dan mahasiswa pecinta alam.

Gubernur Khofifah juga berpesan kepada seluruh pendaki agar berhati-hati dan bersatu padu sepanjang proses yang dilakukan, serta mengutamakan keselamatan.

Mantan Mensos itu juga berharap, pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Arjuno dapat menggugah semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI.

“Jangan pernah mengganggu Indonesia karena ada banyak elemen yang siap melindungi bangsa ini. Juga, jangan lupa untuk mendokumentasikan dengan baik dan membagikannya kepada dunia agar tidak pernah mengganggu NKRI,” kata Khofifah.

Dalam kesempatan yang sama, Jumadi, Kepala Dinas Kehutanan Jatim, menyampaikan tujuan tim Ekspedisi 77 di Gunung Arjuno untuk memperkuat semangat juang anak muda dengan mengangkat merah putih di puncak dan menanam pinus gunung.

“Tumbuh di puncak Gunung Arjuno berarti semangat juang yang hebat, dan menanam pohon pinus gunung melambangkan semangat optimis Jawa Timur Bangkit,” ujarnya.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button