5 Wisata Religi di Kabupaten Malang Menjadi Daya Tarik Wisata - WisataHits
Jawa Timur

5 Wisata Religi di Kabupaten Malang Menjadi Daya Tarik Wisata

WAKTU INDONESIA, MALANG – Kabupaten Malang tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya. Wisata Religi di Kabupaten Malang juga menjadi tujuan wisata.

Belum lama ini, Disparbud Kabupaten Malang menghadirkan 5 destinasi wisata religi di Kabupaten Malang melalui Instagram resminya. Wisata religi erat kaitannya dengan ilmu agama, sosial dan budaya.

Wisata religi di Kabupaten Malang merupakan objek wisata buatan dan tidak terpaku pada agama apapun. Berikut daftar 5 wisata religi di Kabupaten Malang:

1. Masjid Tiban

Masjid-Tiban.jpgMasjid Tiban di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. (Foto: TIMES Indonesia doc)

Terletak di kecamatan Turen, Kabupaten Malang, masjid yang luas dan megah ini tidak hanya digunakan untuk beribadah. Tapi juga digunakan untuk wisata religi.

Masjid ini juga digunakan sebagai pondok pesantren. Karena bangunan Masjid Tiban memiliki 10 lantai. Masjid Tiban menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah.

2. Punden Goa Bathok

Punden Goa Bathok terletak di kawasan pesisir Malang Selatan. Terletak tepat di Pantai Religi Nganteb. Di tempat ini terdapat persembahyangan dan makam leluhur.

Situs makam leluhur berada di atas bukit dekat pantai. Sedangkan Gua Bathok berada tepat di bawah bukit. Secara geografis, tempat ini terletak di Desa Tumpakrejo, Gedangan.

Punden Goa Bathok juga biasa digunakan untuk acara Nyepi dan ritual adat masyarakat pesisir. Jadi kawasan ini memang didesain khusus untuk wisata religi.

3. Pesar Gunung Kawi

Mendengar nama Gunung Kawi pasti sudah tidak asing lagi dengan ritual Pesugihan. Padahal, di Wonosari, Kabupaten Malang, ritual Pesugihan tidak ada dalam ritual Pesugihan di Pesugihan Gunung Kawi.

Melainkan sebagai tempat wisata religi. Karena di tempat ini terdapat masjid dan klenteng yang digunakan untuk beribadah. Selain itu, ada juga makam Kiai Zakaria.

Selain makam Kiai Zakaria atau Kakek Jugo, ada juga makam RM Imam Soedjono, buyut Sultan Hamengku Buwono I.

Pesarean Gunung Kawi biasanya ramai dikunjungi wisatawan setiap 1 Suro. Karena wisatawan ingin berziarah ke sana sekaligus mengadakan ritual.

4. Gunung kebahagiaan

Destinasi wisata religi di Kabupaten Malang selanjutnya adalah Gunung Mujur. Hotel ini terletak di kabupaten Karangploso. Seperti namanya, Gunung Keberuntungan dianggap sebagai pesona keberuntungan.

Gunung Mujur terletak di kaki Gunung Arjuno, terdapat sebuah makam yang posisinya cukup unik. Karena mereka saling berhadapan. Makam tersebut konon sudah ada sejak zaman kerajaan Singasari.

5. Wisata Religi di Desa Peniwen

Desa-Pariwisata-Agama-Peniwen.jpgDesa Wisata Religi Peniwen, Kecamatan Kromengan. (Foto: Kekunaan)

Destinasi wisata religi terakhir di Kabupaten Malang adalah Desa Peniwen di Kecamatan Kromengan. Tempat yang mayoritas penduduknya beragama Kristen.

Ada satu gereja yang selalu menjadi tujuan gereja untuk beribadah. Pada pergantian tahun, gereja Peniwen membunyikan lonceng sesuai dengan tahun baru.

Selain itu, ada juga Peniwen Affair Memorial yang bercerita tentang perjuangan Palang Merah Indonesia pada masa kemerdekaan. Keberadaan Kampung Peniwen menjadi tambahan destinasi wisata religi di Kabupaten Malang.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button