7 Daya Tarik Pantai Porok Tempat Wisata Indah di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

7 Daya Tarik Pantai Porok Tempat Wisata Indah di Gunungkidul

Pantai Porok Gunungkidul merupakan salah satu pantai indah yang tersembunyi di balik perbukitan. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Prefektur Gunungkidul.

Letak pantai ini berbatasan dengan Pantai Sepanjang dan Pantai Lolang di sebelah barat dan Pantai Kukup di sebelah timur

Tempat ini merupakan tempat wisata yang sangat indah dan layak untuk dikunjungi karena pesona dan pesonanya yang menakjubkan. Beberapa pesona Pantai Porok untuk dijadikan referensi tempat liburan Anda!

1. Pemandangan bebatuan dan perbukitan karst yang hijau

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/inigunungkidul_id)

Seperti pantai-pantai lain di Gunungkidul, Pantai Porok dikelilingi oleh tebing dan perbukitan karst yang hijau dan masih alami. Selama di pantai ini Anda akan disuguhi pemandangan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Hal ini menambah pesona pantai yang terlihat sangat alami.

2. Pemandangan pepohonan yang mengelilingi pantai yang rindang

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/pantai_porok)

Pantai Porok memiliki suasana yang asri dan tenang karena dikelilingi oleh pepohonan yang hijau, salah satunya di jalan menuju pantai. Pepohonan di pantai ini memberikan nuansa alami dan memberikan efek menyegarkan dan sejuk bagi pengunjung.

Wisatawan bisa bersantai, berfoto dan bermain sambil berteduh di bawah pohon yang rindang. Di sepanjang pantai juga terdapat bebatuan yang bisa digunakan untuk bermain.

Baca Juga: Pantai Porok Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga dan Tips Liburan

3. Memiliki pantai yang landai

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok, Gunungkidul (Instagram.com/dewi_rhmd)

Salah satu daya tarik Pantai Porok adalah memiliki garis pantai yang landai sehingga relatif aman bagi pengunjung yang menyukai aktivitas air seperti berenang atau sekedar bermain air di pantai. Selain itu juga memiliki ombak yang cukup tenang membuat suasana semakin nyaman untuk bersantai.

Pantai ini juga memiliki pantai berpasir putih halus dimana pengunjung dapat bermain sepak bola atau voli.

4. Memiliki kawasan rumput laut yang indah

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/ardillahrsydn)

Pantai Porok memiliki kawasan khusus rumput laut hijau yang menjadi salah satu daya tarik utama. Di sini wisatawan bisa langsung melihat dan memegang rumput laut yang menempel di bebatuan yang mengelilingi pantai. Anda dapat melihat tanaman ganggang lebih jelas saat air laut surut.

Rumput laut dimanfaatkan sebagai tanaman pangan oleh masyarakat setempat, menjadikannya sebagai mata pencaharian. Anda juga bisa menyaksikan langsung saat warga memanen alga.

5. Terdapat area terbuka untuk berkemah

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok, Gunungkidul (Instagram.com/marselina_lika)

Jika Anda sedang mencari tempat berkemah yang tenang dan damai bisa anda coba di pantai ini yang dikelilingi oleh area terbuka dengan banyak pohon cemara. Sayangnya, pantai ini belum memungkinkan untuk menyewa perlengkapan camping, untuk itu Anda perlu membawa perlengkapan tersebut berkemah dari rumah.

Baca Juga: Wajib Coba! Itulah 5 makanan khas Gunungkidul

6. Bisa dijadikan tempat trekking

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/berandajogja)

Pantai Porok yang berada di balik perbukitan membuat akses menuju pantai cukup sulit. Wisatawan tidak bisa memarkir kendaraannya langsung di Pantai Porok, melainkan harus parkir di kawasan Pantai Sepanjang atau Pantai Kukup. Untuk menuju pantai Porok anda harus berjalan menyusuri perbukitan karst yang agak tinggi. Untuk itu, Pantai Porok menjadi lokasi yang cocok Kenaikan.

Selama perjalanan anda akan dihadapkan dengan pemandangan alam yang sangat indah berupa deburan ombak, perbukitan karst dan perkebunan melon milik penduduk setempat.

7. Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah

7 Daya Tarik Pantai Porok, Tempat Wisata Indah di Gunungkidul  Pantai Porok Gunungkidul (Instagram.com/pantai_porok)

Layaknya pantai pada umumnya, Pantai Porok menjadi salah satu incaran para pemburu matahari terbenam dan matahari terbit di Gunungkidul. Tempat ini menawarkan pemandangan yang indah. Selain itu, momen ini lebih mudah diabadikan karena pemandangan matahari terbit dan terbenam di Pantai Porok sangat jelas dan terlihat sangat dekat.

Itulah beberapa objek wisata Pantai Porok yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai populer lainnya di Gunungkidul. Pantai Porok bisa menjadi tujuan wisata alternatif bagi Anda yang menginginkan suasana tenang dan asri. Selamat berlibur!

Baca Juga: 5 Objek Wisata Pantai Peyuyon, Permata Tersembunyi Eksotis di Gunungkidul

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button