5 Pantai di Blitar dengan Panorama Alam yang Menakjubkan dan Indah: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

5 Pantai di Blitar dengan Panorama Alam yang Menakjubkan dan Indah: Okezone Travel

PANTAI indah tidak hanya di Bali saja. Bahkan, di Jawa Timur juga terdapat pantai dengan panorama alam yang tak kalah menakjubkan, salah satunya terletak di Blitar.

Meski tidak sepopuler daerah lain di Jawa Timur seperti Malang dan Banyuwangi, pantai-pantai di Blitar adalah permata tersembunyi bagi Kota Patria ini.

Ya, kota yang terletak sekitar 167 kilometer dari Surabaya ini memiliki potensi wisata pantai yang besar.

Pasalnya, ada deretan pantai indah di Blitar yang pemandangan alamnya bahkan lebih indah dari pantai-pantai di Bali. Jadi apa pantai ini? Berikut ulasannya;

1. Pantai Pangi

Pantai Pantai Selatan Kabupaten Blitar terletak di Dusun Krajan, Desa Tumpakepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Blitar dan memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Memasuki Pantai Pangi Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang masih alami dan menawan. Pantai Pangi sendiri memiliki banyak keindahan dan keunikan tersendiri.

Pantai Pangi Blitar

(Foto: Instagram/@pantaipangiblitar)

Hamparan pantai yang putih dan bersih serta warna airnya yang biru kehijauan menambah keindahan pantai ini. Padahal, dari kejauhan, air di pantai ini berwarna biru kehijauan. Sungguh memanjakan mata, sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Pantai ini berbentuk cekungan sepanjang 1 kilometer yang menjorok ke daratan dan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang alami.

Tebing ini sangat berguna untuk memecah ombak ganas Samudera Hindia, sehingga ombak di kawasan pantai Pangi kecil dan tidak sebesar di pantai selatan lainnya.

2. Pantai Serang

Pantai Serang adalah sebuah pantai di pesisir Pantai Selatan atau Samudera Hindia, terletak tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, sekitar 45 km barat daya Kota Blitar dan jarak tempuhnya sekitar 1,5 jam.

Pantai Serang, Blitar

(Foto: Instagram/@kritika_ay)

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan pantai yang landai dan cukup panjang. Ombaknya yang tidak terlalu tinggi memudahkan wisatawan untuk bermain air laut. Pantai Serang juga terkenal dengan ritual adatnya yaitu Larung Sesaji yang diadakan setiap 1 Suro.

Untuk memberikan kesan nyaman sebagai objek wisata di bantaran Serang, beberapa pendopo juga dibangun sebagai rest area. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan pantai barat dan timur Pantai Serang yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki.

3. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro adalah sebuah pantai di Kecamatan Wates, di belakang Pegunungan Gondang Tapen, Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Pantai Jolosutro berjarak sekitar 30 kilometer dari jalur utama Malang-Blitar (pertigaan Bronngkos).

Pantai Jolosutro sebenarnya adalah sebuah teluk yang dikelilingi oleh perbukitan berbatu terjal. Meski demikian, pemandangannya tidak kalah indah dari pantai-pantai lainnya.

Kondisi di sekitar pantai ini terlihat fantastis dengan deretan perbukitan berbatu yang ditumbuhi tanaman hijau di beberapa tempat. Hal ini akan membuat Anda betah untuk tinggal lebih lama dan menikmati alam sekitar.

Pantai Jolosutro, Blitar

(Foto: Instagram/@yrzk_)

4. Pantai Gayasan

Pantai Gayasan secara administratif berada di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Pangi yaitu sekitar 1,2 km ke arah timur.

Suasana Pantai Gayasan masih alami dan belum terpelihara. Belum ada fasilitas di kawasan pantai ini. Karena letaknya yang dekat, ciri-ciri Pantai Gayasan umumnya sama dengan Pantai Pangi. Ombak di sini cukup besar sehingga Anda tidak diperbolehkan berenang.

Selain itu, Pantai Gayasan juga memiliki panorama alam yang indah. Jika ingin suasana yang lebih menyenangkan, Anda bisa bersantai di dekat perbukitan hijau yang mengelilingi area pantai.

5. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo terletak di desa Tambakrejo kecamatan Wonotirto, sekitar 30 km arah selatan kota Blitar dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam.

Pantai Tambakrejo merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi di Kabupaten Blitar. Pasalnya, pantai ini memiliki pemandangan yang indah, pantai yang cukup bersih, air laut yang biru dan pasir putih yang membentang hingga teluk yang panjangnya sekitar 10 km.

Pantai Tambakrejo, Blitar

(Foto: Instagram/@andrekurniawans)

Ombak di pantai Tambakrejo tidak terlalu besar, sehingga aman untuk bermain atau bahkan berenang di pantai. Apalagi di sore hari saat air pantai sudah surut.

Selain keunikan dan keindahan pantainya, Pantai Tambakrejo juga terkenal dengan budaya sesajen Larungnya yang berlangsung setiap bulan Oktober. Acara ini akan menarik banyak wisatawan lokal dan internasional untuk menyaksikan ritual tradisional ini.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button