Wisata di Bantul memang ramai, tapi pengeluaran wisatawan kecil - WisataHits
Yogyakarta

Wisata di Bantul memang ramai, tapi pengeluaran wisatawan kecil

Wisata di Bantul memang ramai, tapi pengeluaran wisatawan kecil

Bantul, IDN Times – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mengklaim jumlah kunjungan wisatawan ke Bumi Projotamansari pada libur Nataru tahun lalu mendekati tingkat kunjungan sebelum pandemi. Namun, pengeluaran wisatawan yang berkunjung ke Bantul mengalami penurunan.

“Wisatawan yang datang ke Jogja atau Bantul sangat sedikit mengeluarkan uang sesuai dengan data yang kami terima. Kunjungan Wisatawan di Ambang Pandemi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Kamis (25/1/2023).

1. Saat liburan, kunjungan wisatawan mencapai 17.000 orang

Wisata di Bantul memang ramai, tapi pengeluaran wisatawan kecilTPR Utama Pantai Parangtritis l. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Kwintarto, jumlah kunjungan ke objek wisata Bantul pada hari libur nasional sebelum pandemi mencapai sekitar 21.000 wisatawan. Kini libur reguler sudah mencapai 17.000, dari sebelumnya 14.000 wisatawan.

Artinya, kunjungan wisatawan sudah mulai meningkat, semakin dekat, katanya.

2. Kenali pengeluaran wisatawan yang rendah

Wisata di Bantul memang ramai, tapi pengeluaran wisatawan kecilMenyiapkan telur saat perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis (Dok Dispar Bantul)

Kwintarto mengatakan sangat rendahnya tingkat belanja wisatawan akibat kenaikan harga BBM dan masalah resesi global, sehingga perlu memperhatikan ekonomi makro. Ia berharap ke depannya juga akan ada wisatawan yang menggerakkan semua sektor. Termasuk juga bagaimana meningkatkan kualitas produk pelayanan, termasuk kualitas kuliner dan oleh-oleh lainnya.

“Harapannya, banyaknya kunjungan wisatawan juga diikuti dengan lonjakan belanja wisatawan yang diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Clicker Lagoon Bantul Siap Disulap Jadi Wisata Kuliner

3. Bantul tidak terpengaruh wisatawan Jogja yang beralih ke Solo

Wisata di Bantul memang ramai, tapi pengeluaran wisatawan kecilTPR Pantai Parangtritis (IDN Times/Daruwaskita)

Kwintarto juga mengatakan, masalah perpindahan wisatawan dari Yogyakarta ke Solo yang diungkapkan Ketua PHRI DIY tidak berdampak pada Bantul.

“Jadi kalau PHRI bilang wisatawan yang ke Yogya sebentar dan pindah ke Solo khusus Bantul, tidak akan ada dampaknya,” pungkasnya.

Baca Juga: Libur Tahun Baru Imlek, Wisata di Bantul Yang Belum Banyak Dikunjungi Wisatawan

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button